Beranda Keuangan 10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Supaya Lebih Hemat

10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Supaya Lebih Hemat

10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Supaya Lebih Hemat
Image: Pixabay

Apakah Anda mempunyai masalah soal keuangan? Masih sulit mengatur gaji bulanan meskipun memiliki gaji yang banyak, setiap orang belum tentu bisa mengelola keuangan dengan baik. Mereka masih bisa tergiur dengan hal-hal yang dapat membuat mereka jadi lebih boros, sehingga uang mereka akan cepat habis untuk hal yang tidak bermanfaat. Masalah seperti ini sering terjadi pada setiap orang.

Kebanyakan setiap orang mendapatkan gaji setiap bulannya, uang tersebut nantinya akan dipakai untuk keperluan sehari-hari selama satu bulan dan sisanya untuk ditabung. Memiliki gaji yang besar belum tentu bisa menyisihkan uangnya dengan baik. Gaya hidup setiap orang berbeda-beda, ada yang kelas sederhana, sedang dan juga kelas mewah. Biasanya gaya hidup seseorang mengikuti keadaan yang ada.

Misalkan Anda memiliki gaji yang sedang, pastinya gaya hidup Anda akan memilih yang sederhana dan sebaliknya. Meski begitu, tidak semua orang memiliki prinsip seperti itu, ada juga yang memiliki gaji tinggi namun gaya hidupnya biasa saja. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu mengelola gaji bulanan Anda sebaik mungkin. Berikut ini adalah 10 cara mengatur gaji bulanan supaya lebih hemat!

1. Buat Anggaran

Langkah yang pertama harus Anda lakukan yaitu membuat anggaran bulanan Anda sendiri. Disini Anda harus mengatur berapa jumlah pengeluaran tiap harinya baik itu untuk makan, bayar listrik, dan lain-lain. Catatlah setiap harinya, bila sudah, nantinya Anda akan lebih efesien untuk mengatur pengeluaran di hari berikutnya supaya lebih hemat dalam mengelola keuangan. Untuk lebih mudahnya saya merekomendasikan aplikasi pengatur keuangan berikut.

Baca juga:  7 Cara Mengelola Keuangan Perusahaan Supaya Tidak Mengalami Kebangkrutan

2. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu merupakan salah satu cara mengatur gaji bulanan yang baik. Biasanya Anda akan dikenakan pajak bila membayar tagihan tidak tepat waktu. Untuk itu, Anda harus membayar beberapa tagihan yang ditanggung seperti listrik, pajak, dan lain-lain secara tepat waktu agar tidak dikenakan denda. Sehingga, uang Anda tidak akan terbuang sia-sia dikarenakan untuk membayar denda.

Misalkan Anda harus membayar pajak motor paling telat pada tanggal 10 Oktober 2019, maka anda harus membayarnya sebelum tanggal itu. Bila Anda tidak membayar hingga melebihi tanggal yang sudah ditentukan, maka Anda akan dikenakan biaya denda sesuai peraturan yang sudah ditentukan. Maka dari itu, Anda harus tepat waktu dalam membayar tagihan.

3. Sisihkan Uang Bulanan Anda

Langkah yang ketiga ialah menyisihkan uang bulanan Anda. Setelah merinci berapa uang yang harus dikeluarkan, sisanya bisa Anda tabung untuk keperluan yang akan datang. Misalkan uang gaji bulanan Anda sebesar Rp. 4 juta, untuk keperluan sehari-hari harus mengeluarkan uang Rp. 2 juta, sisa Rp. 2 juta bisa Anda manfaatkan untuk ditabung.

4. Buat Rekening Bank

Apabila Anda ingin membuat rekening, alangkah baiknya Anda membuat 2 rekening. Salah satu rekening digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan satu rekeningnya lagi digunakan untuk ditabung. Sehingga, uang Anda akan lebih hemat dan tidak boros dalam pengeluaran kesehariannya. Sisihkan gaji Anda ke masing-masing rekening bank yang sudah tebagi menjadi dua.

5. Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijak

Langkah yang satu ini juga harus anda lakukan supaya keuangan Anda bisa lebih hemat. Gunakan kartu kredit dengan bijak untuk hal-hal yang memang dibutuhkan saja. Anda jangan terlalu mengikuti gaya hidup yang kekinian. Seperti halnya ada merk baju keluaran terbaru kemudian Anda harus wajib membelinya. Padahal semua itu tidak terlalu penting, justru uang Anda akan semakin terkuras.

Baca juga:  10 Tips Menabung Uang Agar Cepat Kaya

6. Membuka Usaha

Setiap bulanan pastinya anda mampu menyisihkan uang untuk ditabung. Nah, tabungan itu bisa Anda manfaatkan untuk membuat usaha sendiri. Dengan membuat usaha justru uang Anda akan lebih efektif dan bisa bertambah. Sebelum membuat usaha, Anda harus belajar kepada orang yang sudah berpengalaman terlebih dahulu supaya usaha Anda dapat berjalan dengan lancar.

7. Melakukan Perbandingan

Cara mengatur gaji bulanan yang selanjutnya ialah melakukan perbandingan pengeluaran antara bulan yang satu dengan bulan berikutnya. Pastikan pengeluaran ke bulan selanjutnya tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan. Apabila menurun, itu akan membuat Anda lebih baik. Cara ini sangat efektif sekali untuk dilakukan supaya keuangan Anda bisa lebih hemat.

8. Jangan Mengikuti Tren

Biasanya orang-orang yang baru mendapatkan gaji ingin sekali membeli banyak barang-barang. Terutama anak-anak jaman sekarang yang selalu mengikuti tren terbaru. Sehingga uang Anda akan terbuang sia-sia karena terlalu mengikuti gaya hidup yang terlalu berlebihan. Belilah keperluan yang secukupnya supaya keuangan Anda bisa lebih hemat.

9. Berikan ke Istri

Nah, cara mengatur gaji bulanan yang selanjutnya yaitu memberikan gaji Anda ke istri. Bagi yang sudah menikah, alangkah baiknya Anda menerapkan sistem yang satu ini. Sosok istri bisa dibilang sebagai penyimpan uang terbaik untuk suaminya, para istri dapat mengatur keuangan dengan baik untuk keperluan sehari-harinya. Namun ingat, sisakan juga untuk diri Anda sendiri.

10. Beli Barang Sesuai Kebutuhan

Langkah yang terakhir ialah membeli barang sesuai kebutuhan. Jangan mentang-mentang gaji Anda besar kemudian Anda menghambur-hamburkan uang seenaknya saja. Belilah barang-barang sesuai keperluan, apabila gaji Anda naik maka gaya hidup jangan ikut naik. Bila tips ini dapat Anda lakukan, keuangan Anda tentu akan lebih hemat.

Baca juga:  5 Nasehat Keuangan Mark Cuban yang Patut Ditiru

Itulah beberapa informasi mengenai 10 cara mengatur gaji bulanan supaya lebih hemat. Bijaklah dalam mengatur gaji bulanan Anda, kehidupan Anda tentu akan lebih baik bila dapat mengatur uang dengan baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Oya, Jangan lupa juga baca tips efektif menurunkan pengeluaran bulanan.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnya7 Langkah Sukses Membangun Bisnis Reseller, Pemula Wajib Tahu!
Artikel selanjutnya6 Tips Mengelola Keuangan Yang Baik Untuk Tingkat Pelajar
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar