Beranda Umum 10 Doa Akhir Ramadhan dari Nabi Muhammad SAW yang Harus Kamu Baca

10 Doa Akhir Ramadhan dari Nabi Muhammad SAW yang Harus Kamu Baca

Doa Akhir Ramadhan dari Nabi Muhammad SAW
Image: Pixabay

Tidak terasa bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah, bulan ampunan, bulan yang penuh kebaikan, bulan yang mulia, bulan dimana syaitan dibelenggu, dan bulan yang dirindukan oleh umat islam di seluruh dunia ini akan segera meninggalkan kita, sungguh ini sangat sedih, mengingat kita tidak tahu apakah masih bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun depan.

Oleh karena itu selama bulan ramadhan sudah seharusnya bagi kita untuk memaksimalkan amalan ibadah dan kebaikan agar tidak menyesal ketika bulan ramadhan usai.

Setelah ramadhan pula kita akan merayakannya dengan sebutan hari raya ‘idul fitri dengan saling bermaafan baik secara langsung ataupun mengirimkan ucapan maaf melalui hp atau melalui status sosmed.

Namun dilain itu Salah satu cara terbaik untuk mengakhiri bulan Ramadhan adalah dengan memanjatkan doa perpisahan yang dibacakan pada malam terakhir Ramadhan. Berikut ini adalah beberapa alternatif doa yang bisa anda gunakan pada akhir Ramadhan.

Do’a Akhir Ramadhan Pertama

Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al Mustafa SAW: “Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rakhmat Allah”.

Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirakhmati bukan yang hampa semata”.

Do’a Akhir Ramadhan Kedua

Ya Allah, aku mohon dengan perantaraan rakhmat, keluhuran, kebaikan, ampunan, karunia, kebaikan, dan pemberianMu. Janganlah Engkau menjadikan Ramadhan ini sebagai kesempatan terakhirku. Sudilah kiranya Engkau mengantar aku hingga Ramadhan berikutnya dalam keadaan yang paling baik dan perlihatkan aku hilal Ramadhan berikutnya bersama dengan orang-orang yang melihat keleluasaan rakhmatMu. Limpahkanlah anugerahMu. Tiada Tuhan selain Allah.

Do’a Akhir Ramadhan Ketiga

Ya Allah, aku memohon padaMu, sudilah Engkau mencurahkan RakhmatMu pada Muhammad dan keluargaNya dan jadikan juga bulan ini penuh dengan keagungan Ramadhan yang sudah berlalu dari kami sejak Kau turunkan ke dunia ini sebagai sebuah berkah di dalam menjaga agama, jiwa dan semua kebutuhanku. Berilah aku berkat untuk mengatasi semua masalah, sempurnakan juga pemberian nikmatMu ini, palingkan aku dari semua keburukan dan hias aku dengan pakaian kesucian pada bulan ini.

Do’a Akhir Ramadhan Keempat

“Ya Allah, hamba berharap jangan Engaku jadikan puasa ini menjadi puasa terakhir di dalam kehidupanku. Andai Engkau memiliki ketetapan sebaliknya, maka hamba mohon untuk menjadikan puasaku menjadi puasa yang penuh dengan rahmat dan bukan sebuah puasa yang sia-sia serta tidak berarti. Jika ada dosaku yang belum Engkau ampuni atau siksaan yang akan aku dapatkan karena dosa tersebut sehingga menyebabkan terbit fajar pada malam ini atau bulan ini berlalu, maka hamba mohon ampunilah hamba wahai Zat yang maha pengasih dari semua yang mengasihi.”

Do’a Akhir Ramadhan Kelima

Ya Allah, terima puasaku dengan sebaik mungkin penerimaan, pengampunan, kemurahan dan juga hakikat keridhaanMu sehingga akhirnya Kau bisa memenangkanku dalam segala kebaikan dan semua anugerah yang sudah Engkau curahkan pada bulan yang suci ini.

Selamatkan hamba dalam rasa bimbang pada bencana yang sedang mengintai dan juga doa berkepanjangan. Dengan rahmatMu, golongkan aku pada orang yang mendapat keutamaan malam al-Qadar, malam yang sudah Engkau tetapkan menjadi malam baik dari seribu bulan  di dalam keagungan ganjaran, keindahan syukur, kemuliaan perbendaharaan, panjang umur serta kemudahan yang berkepanjangan.

Do’a Akhir Ramadhan Keenam

Doa ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah sebagai doa perpisahan bulan Ramadhan malam ke-28 dan malam ke-29. Orang yang mendoakan ini pada malam terakhir bulan Ramadhan maka akan mendapat 2 kebaikan yakni berjumpa dengan Ramadhan berikutnya atau pengampunan serta rahmat dari Allah.

Ya Allah, Ramadhan sebentar lagi akan berlalu, Aku mohonkan padaMu dengan perantaraan WajahMu yang mulia, dengan perantaraan kalimatMu yang sempurna, seandainya masih bersisa padaku dosa yang belum Kau ampuni, atau dosa yang menyebabkan aku disiksa karenanya atau hingga berlalunya bulan Ramadhan ini, maka ampunilah semuanya ya Allah.

Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati dan bukan puasa yang hampa semata Maha Suci Allah dengan segala Firmannya. Amin.

Do’a Akhir Ramadhan Ketujuh

Ya Allah, berilah hamba petunjuk menuju pada keredhaanMu dan jangalah Kau memberikan jalan pada syaitan agar menguasai aku. Jadikan syurga bagiku sebagai tempat untuk tinggal dan peristirahatanku, wahai pemenuh keperluan bagi orang yang meminta.

Do’a Akhir Ramadhan Kedelapan

Ya Allah, penuhkan hidupku dengan banyak amalan sunnah dan muliakan aku dengan terkabulnya seluruh doaku. Dekatkan perantaraanku padaMu diantara semua perantara, wahai yang tak sibuk dengan permintaan orang yang meminta.

Do’a Akhir Ramadhan Kesembilan

Ya Allah, liputi aku dengan rahmat dan berikan juga padaku taufiq serta penjagaan. Sucikan hatiku dan juga noda fitnah wahai pengasih para hambaNya yang mukmin.

Do’a Akhir Ramadhan Kesepuluh

Ya Allah, jadikan puasaku disertai dengan syukur dan juga penerima diatas keredhaanMu dan juga keredhaan rasul. Cabangnya kukuh dan juga kuat berkat pokoknya dan akhirnya, terima hakikat kefardauan puasa Ramadhan dan juga ikhlaskan hati saat melakukannya hanya semata untuk Allah SWT.

Setelah ramadhan usai tidak ada lain yang bisa kita lakukan selain berdo’a meminta semoga semua amalan kita dibulan ramadhan diterima oleh Allah dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT, semoga kita berjumpa lagi pada bulan ramadhan tahun depan.

Semoga 10 Doa Akhir Ramadhan dari Nabi Muhammad SAW ini bermanfaat ya. Jangan lupa bagikan artikel ini agar orang lain juga dapat membacanya.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

SUMBERDalam Islam
Artikel sebelumnya4 Resep Opor Ayam Lezat Untuk Hidangan Wajib Saat Lebaran
Artikel selanjutnyaTata Cara, Lafaz Niat dan Keutamaan Puasa Syawal Selama Enam Hari
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar