Beranda Umum 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Tahun

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Tahun

10 Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Tahun
Image: Pixabay

Apakah kamu sedang mencari tempat wisata di Indonesia yang paling tekenal dan eksotis?, Tempat wisata mulai banyak didatangi orang-orang ketika masa libur datang.

Libur akhir tahun tinggal menghitung hari, mungkin banyak dari kalian yang sudah mempersiapkan dana untuk liburan dari jauh-jauh hari sebelumnya, dana sudah ada tapi bingung liburan kemana.

Bagi Anda yang lagi baca artikel ini selamat Anda berada pada konten yang tepat, karena pada artikel berikut saya akan memberitahu Anda tempat-tempat wisata di dalam negeri yang bisa Anda kunjungi, yuk simak terus artikelnya ya.

Berikut ini 10 tempat wisata di Indonesia yang cocok untuk destinasi liburan akhir tahun

1. Pantai Sumurtiga – Sabang

Penjelajahan pertama kita mulai dari Sabang. Di sini banyak tempat wisata menarik yang wajib Anda kunjungi, salah satunya adalah Pantai Sumurtiga yang terletak di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai yang panjang dengan air lautnya yang berwarna biru muda, lengkap dengan pepohonan kelapa yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Tak heran kalau banyak orang menyebut Pantai Sumurtiga sebagai Hawaii-nya Sabang.

2. Danau Toba – Sumatera Utara

Anda tentu pasti tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini kan?, Danau Toba memang menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan, karena di sini pengunjung juga bisa menjelajah kawasan hutan pinus di sekitar danau, menikmati pemandian air hangat, dan bermain-main di sekitar air terjun.

Sudah? Tunggu dulu, di Pulau Samosir ada 2 desa wisata yang juga tak luput dari perhatian wisatawan, yakni Tomok dan Tuktuk. Di Tomok, Anda bisa mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan melihat pertunjukan boneka Sigale-gale.

Baca juga:  Apa Maksud Hosting dan Domain Beserta Contohnya

3. Kepulauan Seribu – DKI Jakarta

Jakarta ternyata tidak melulu soal macet, gedung-gedung pencakar langit, dan pusat perbelanjaan mewah, lho. Jika mau bergeser sedikit ke arah utara di Kepulauan Seribu, Anda akan menemukan Jakarta yang berbeda. Ya, di sini terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, tapi juga tempat wisata.

Selain itu, Kepulauan seribu juga memiliki banyak pulau cantik yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir tahun, beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena berpasir putih dan air lautnya jernih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan aktivitas air yang lainnya.

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru – Jawa Timur

Jawa Timur memiliki satu pesona wisata yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang kecantikannya tak terbantahkan bahkan wisatawan dari penjuru duniapun mengakuinya.

Tempat wisata berupa taman nasional yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur ini sendiri memiliki banyak objek menarik yang tidak boleh dilewatkan, mulai dari Ranu Kumbolo, Ranu Pane, Air Terjun Madakaripura, Pantai Berbisik, Lautan Pasir, Gunung Bromo, semeru dan lain-lainnya yang kesemuanya cantik.

5. Kawah Ijen – Banyuwangi, Jawa Timur

Tempat Wisata di Jawa Timur tidak berhenti hanya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja. Di Banyuwangi ada satu tempat wisata menarik yang sangat terkenal di kalangan wisatawan, yakni Kawah Ijen. Yang menarik, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kawah berwarna toska dan biru api pada tengah malam menjelang subuh.

Untuk bisa mencapai puncak kawah, Anda harus mendaki tebing sepanjang 3 km dengan kemiringan pendakian sekitar 25-30 derajat. Meski melelahkan, namun akan terbayarkan ketika Anda sudah sampai di tempat wisata tersebut.

6. Nusa Dua – Bali

Bali, Siapa yang tak terkenang dengan keindahan Pulau Seribu Dewa yang satu ini? Pesonanya yang begitu memikat pun sampai membuat wisatawan mancanegara berbondong-bondong melancong ke sini setiap tahunnya.

Baca juga:  Tips Mendapatkan Uang 100 Juta Dengan Instagram

Nah, di Bali ada satu tempat wisata yang begitu cantik, yakni Nusa Dua. Objek wisata pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan air lautnya berwarna biru jernih. Selain bisa berselancar di pantainya, Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di sekitar lokasi, mulai dari penginapan dan resort berkelas internasional, restoran, pusat-pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Gunung Rinjani – Lombok NTB

Gunung Rinjani, ketika mendengar nama tersebut siapa yang tidak kenal, bahkan destinasi wisata yang satu ada difilmkan loh, seperti film 5 CM yang penulis sendiri ada beberapa kali nonton.

Adapun Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, ada ratusan ribu pendaki yang berjuang menaklukkan puncak Rinjani pada ketinggian 3.726 mdpl tersebut, terlebih pada saat menjelang 17 Agustus.

Konon, Gunung Rinjani merupakan gunung dengan pemandangan terindah se-Asia. Di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang merupakan spot menarik para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan.

Nah, sebelum memutuskan untuk mendaki, buatlah persiapan sematang mungkin. Tidak hanya bekal mendaki, tapi juga mental dan stamina. Kebanyakan pendaki menyerah di tengah jalan karena tidak punya persiapan yang matang.

8. Pantai Losari – Makassar, Sulawesi Selatan

Penulis memang belum pernah kesana, tapi sering menyaksikan lewat TV tentang Pantai Losari. Pantai ini merupakan tempat wisata yang menjadi primadona warga sekitar dan siapa pun yang berkunjung ke Makassar.

Di sini, Anda bisa duduk santai di pinggir pantai menikmati angin sepoi-sepoi ditemani camilan khas yakni pisang epe. Suasana pantai akan semakin ramai menjelang sore karena Losari adalah tempat favorit banyak orang untuk melihat matahari terbenam.

9. Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara dengan panorama alam yang begitu memukau. Wakatobi sendiri merupakan akronim dari nama-nama pulau besar yang ada di sana: Wanci, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Baca juga:  Maulid Nabi, Mengenal Rasulullah SAW Lebih Dekat, Berikut Biografinya

Selain memiliki bentang alam dengan pantai biru berpasir putihnya yang menawan, Wakatobi juga terkenal sebagai tempatnya para pandai besi berasal. Konon, parang dan pisau yang dibuat oleh penduduk Wakatobi lebih tajam, kuat, dan antikarat. Oleh sebab itu, tempat wisata ini juga mendapat julukan Kepulauan Tukang Besi.

Nah, salah satu objek wisata favorit di sini adalah Pulau Hoga. Pulau ini memiliki pemandangan yang sangat cantik, asri, dan sejuk karena di bibir pantai banyak terdapat pohon kelapa dan pinusnya.

Selain itu, di sini juga banyak terdapat cottage dengan desain khas rumah adat Buton. Buat Anda yang ingin berbulan madu, Pulau Wakatobi adalah pilihan yang pas.

10. Raja Ampat – Papua Barat

Raja Ampat menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Konon, tempat wisata ini merupakan lokasi penyelaman bawah laut terbaik di dunia karena keberagaman fauna dan flora bawah air yang dimilikinya. Menurut peneliti, 75% dari total terumbu karang di seluruh dunia terdapat di Raja Ampat.

Tidak heran kalau banyak pelancong asing yang tergila-gila dengan keindahan wisata Raja Ampat.

Akses menuju Raja Ampat cukup mudah, dari Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum menuju Pelabuhan Sorong.

Jangan lupa, di sini Anda harus mendaftarkan diri untuk bisa masuk kawasan wisata Raja Ampat. Dari Pelabuhan Sorong, Anda bisa menaiki kapal rakyat menuju ibu kota Raja Ampat dan mencari penginapan murah di sana.

Nah, untuk menuju lokasi penyelaman, Anda bisa menyewa speedboat yang disediakan di sekitar lokasi.

Itu dia artikel tentang 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Tahun. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga tempat wisata paling terkenal di Indonesia dan paling eksotis.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar