Beranda Bisnis 10 Tips Ampuh Memulai Bisnis Rumahan Dijamin Sukses

10 Tips Ampuh Memulai Bisnis Rumahan Dijamin Sukses

10 Tips Ampuh Memulai Bisnis Rumahan
Image: Pixabay

Apakah Anda ingin memulai bisnis rumahan?, Tentu untuk memulai sebuah bisnis gampang-gampang susah, akan tetapi terasa gampang ketika Anda sudah tau tipsnya. Pada artikel ini kami akan memberikan tips cara memulai bisnis rumahan.

Beragam jenis bisnis yang ada beberapa diantaranya seperti bisnis rumahan, bisnis online, bisnis properti dan lain-lain. Pada kali ini kami akan membahas mengenai bisnis rumahan, bisnis ini bisa dibilang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan terutama untuk para ibu-ibu rumah tangga. Jenis bisnis yang satu ini sangat cocok untuk diterapkan sebagai penghasilan tambahan di rumah.

Melihat ibu-ibu jaman sekarang sudah banyak sekali yang memulai bisnis rumahan. Teknologi yang canggih dapat mereka manfaatkan untuk mencari segala informasi mengenai bisnis rumahan. Biasanya ibu rumah tangga akan terasa bosan bila yang dilakukan di rumah hanya itu-itu saja. Maka dari itu, bisnis rumahan menjadi salah satu pilihan tepat untuk para ibu-ibu atau siapapun.

Nah kira-kira bagaimana caranya melakukan bisnis rumahan? Langsung saja simak beberapa tips bisnis rumahan seperti berikut.

1. Minta Dukungan Keluarga

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu meminta dukungan kepada keluarga. Apapun bisnis yang Anda jalani entah kecil maupun besar harus meminta dukungan terhadap keluarga. Apabila keluarga Anda tidak mendukung bisnis yang Anda jalankan, maka bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan lancar. Justru bisnis yang Anda jalankan malah gagal nantinya.

Baca juga:  Persiapan Buka Usaha Online Yang Menguntungkan

2. Tentukan Visi dan Misi Bisnis yang Anda Jalankan

Langkah yang kedua ini merupakan salah satu faktor paling penting dalam menjalankan bisnis rumahan. Anda harus menentukan visi dan misi bisnis yang akan Anda lakukan kedepannya. Tentukan terlebih dahulu tujuan dari bisnis yang akan Anda buat nantinya. Dengan begitu, bisnis rumahan Anda akan berjalan dengan lancar.

3. Berani Melawan Kegagalan

Hal ini seringkali membuat orang-orang frustasi atau putus asa terhadap bisnis yang dijalaninya. Biasanya orang-orang yang pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya akan lebih memilih untuk berhenti dibanding melanjutkan usahanya. Setiap kegagalan pasti ada solusinya, disini Anda harus belajar bagaimana cara melawan kegagalan itu.

Bila orang yang bekerja keras akan berani untuk melawan kegagalan, mereka justru menjadikan kegagalan sebagai bahan motivasi supaya kedepannya tidak terjadi hal-hal buruk. Segala rintangan dan hambatan harus Anda hadapi, meraih kesuksesan tidak dapat dilakukan secara instan. Namun perlu proses di dalamnya supaya bisnis yang dijalaninya berhasil.

4. Belajar Administrasi

Tips bisnis rumahan yang selanjutnya ialah belajar administrasi. Perlu Anda ketahui, belajar administrasi bukan hanya dilakukan oleh orang-orang kantor saja, melainkan binis sekelas rumahan juga harus menguasainya. Pelajari bagaimana sistem administrasi, baik pengeluaran, pemasukan, dan lain sebagainya. Apabila administrasi bisa Anda kuasai, maka kesuksesan akan mudah didapatkan oleh Anda.

5. Pilih Bidang Sesuai Keahlian / Hobi

Langkah yang dapat Anda lakukan selanjutnya ialah memilih bisnis rumahan sesuai dengan keahlian atau hobi. Apabila Anda menjalankan sebuah bisnis sesuai hobi Anda, maka bisnis yang dijalankan tidak akan terasa bosan. Meskipun gagal Anda akan terus mencobanya sampai bisnis Anda benar-benar berhasil. Dengan begitu, keahlian akan semakin terasah untuk membangun bisnis yang Anda inginkan.

Baca juga:  Cara Menggunakan Smartphone Android Untuk Berbisnis Online

6. Tentukan Waktu Untuk Melakukannya

Untuk menjalankan bisnis rumahan, Anda harus bisa mengatur waktu. Disini Anda bisa bertindak sebagai pengurus keluarga dan juga sebagai pekerja. Menentukan waktu yang tepat untuk bisnis rumahan bisa Anda lakukan seperti waktu bekerja biasanya mulai pukul 08.00 – 17.00. Apabila ada hal penting mengenai keluarga, Anda bisa menunda pekerjaan yang Anda lakukan.

7. Keunikan Dari Bisnis Anda

Bisnis rumahan bisa berupa apa saja, tergantung dari selera masing-masing. Misalkan Anda membangun bisnis rumahan seperti jualan pakaian, disini Anda harus membuat keunikan tersendiri dari pakaian yang Anda miliki. Buatlah keunikan yang membuat produk Anda lebih unggul dibandingkan dengan produk lain. Dengan begitu, pelanggan pastinya akan lebih tertarik dengan produk yang Anda miliki.

8. Pelayanan yang Baik

Bisnis rumahan merupakan salah satu bisnis yang dibilang masih kecil, disini Anda harus benar-benar menguasai para pelanggan. Salah satunya dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik. Pelanggan akan lebih senang bila dilayani dengan baik, mereka akan betah dengan customer yang ramah dan pastinya pelanggan tersebut akan datang kembali mengunjungi tempat usaha bisnis Anda.

9. Promosi

Tips yang selanjutnya yaitu mempromosikan bisnis rumahan milik Anda. Cara mempromosikan bisa dilakukan secara langsung maupun online, bila kedua cara tersebut dilakukan justru akan lebih efektif. Mempromosikan secara langsung bisa dilakukan dengan berkunjung ke suatu tempat kemudian Anda melakukan promosi di depan orang banyak.

Berbeda bila melakukan promosi secara online, Anda cukup memainkan HP atau laptop dengan bermodalkan koneksi internet saja. Promosikan bisnis Anda melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai jenis media sosial lainnya. Lakukan promosi sesuai dengan cara Anda masing-masing supaya bisa menarik para pelanggan.

Baca juga:  5 Macam Usaha Online Modal Kecil Untung Besar

10. Jaga Kesehatan

Tips yang terakhir yaitu menjaga kesehatan, mungkin tips ini agak sedikit melenceng. Namun tips ini sangatlah penting dalam mempengaruhi performa bisnis rumahan Anda. Apabila Anda sedang dalam kondisi yang tidak sehat, tentu bisnis Anda akan berjalan kurang maksimal. Hal itu bahkan bisa berakibat fatal pada kegagalan pada bisnis Anda. Untuk itu, kesehatan menjadi salah satu hal paling penting dalam mengelola sebuah bisnis.

Demikian beberapa informasi mengenai tips bisnis rumahan, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga 7 Usaha Modal Kecil Yang Bisa Dijalankan Dari Rumah.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaIni Dia 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online
Artikel selanjutnyaCara Hidup Senang Tanpa Harus Bingung Memikirkan Hutang
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar