Beranda Umum Kenali 12 Jenis Kain yang Cocok Untuk Dijadikan Kerudung Hijab

Kenali 12 Jenis Kain yang Cocok Untuk Dijadikan Kerudung Hijab

Kenali 12 Jenis Kain yang Cocok Untuk Dijadikan Kerudung Hijab
Image: suqma.com

Halo guys, pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang jenis kain untuk bahan kerudung hijab, bagi kamu yang lagi mencari referensi jenis kain untuk kerudung maka artikel ini sangat cocok untuk kamu, simak terus artikelnya sampai selesai ya guys.

Diera super canggih seperti sekarang ini atau biasa disebut dengan era 4.0 banyak sekali lahir model-model cantik yang menggunakan hijab sudah mendunia yang disponsori oleh brand-brand kelas dunia, mungkin kamu yang baca artikel ini ingin juga merambah kebisnis kerudung hijab namun masih bingung bagaimana supaya produk Anda dicari di pasar. Salah satu faktor yang harus Anda perhatikan adalah bahan kain yang bakalan Anda jadikan kerudung hijab, karena faktor ini sangat berperan penting bagi calon konsumen untuk memilih kerudung hijab yang akan digunakannya sehari-hari.

Oleh karena itu mari kita simak ulasan saya berikut ini mengenai 13 jenis kain untuk bahan kerudung hijab:

1. Kain Diamond

Jenis kain ini teksturnya mirip kulit jeruk, sedikit kasar dan berpasir. Tapi bukan berarti bahannya tidak nyaman dipakai, lho. Diamond ini merupakan bahan yang sedang populer karena mudah dibentuk dan dapat disesuaikan dengan wajah.

Ada beberapa jenis bahan diamond yang bisa jadi pilihan sebagai bahan untuk kerudung segi empat. Di antaranya cerutti atau crepe yang memiliki tekstur lembut dan tidak panas saat dikenakan. Adapula diamond italiano yang lebih tebal dengan tekstur kasar. Jenis italiano sering dipakai untuk bahan hijab segi empat karena mudah dibentuk.

2. Kain Katun

Jenis kain ini termasuk yang palig digemari sebagai bahan untuk kerudung hijab karena terbuat dari kapas alami yang mampu menyerap keringat. Selain itu memberi efek adem dan nyaman saat dikenakan. Ada beberapa jenis katun yang sering dipakai untuk hijab. Diantaranya katun ima dan supernova.

Untuk katun supernova, teksturnya halus, lembut, dan tidak tembus pandang kecuali warna putih. Jenis ini cocok untuk kamu yang ingin tampil kasual tapi tetap rapi. Dari segi harga juga terbilang ramah di kantong. Sedangkan jenis katun ima, memiliki sifat yang halus dan dingin saat dikenakan. Biasanya model pashmina yang paling banyak memakai jenis katun ini. Ada corak garis kecil di bawah yang menbuat kesan rapi dan elegan.

Baca juga:  10 Jenis Kain Cocok Untuk Baju Kaos Lengkap Dengan Gambarnya

3. Kain Jersey

Bahan ini biasa dipakai untuk hijab khusus olahraga karena bahannya yang lembut, ringan, elastis, dan dapat menurunkan keringat. Selain untuk olah raga, adapula yang dipakai untuk hijab sehari-hari. Tapi harus hati-hati dengan cara memakai hijab seperti ini karena bisa membuat wajah lebih penuh. Jersey juga salah satu bahan untuk kerudung syar’i.

4. Kain Wool

Bahan ini biasa dipakai untuk hijab khusus olahraga karena bahannya yang lembut, ringan, elastis, dan dapat menurunkan keringat. Selain untuk olah raga, adapula yang dipakai untuk hijab sehari-hari. Tapi harus hati-hati dengan cara memakai hijab seperti ini karena bisa membuat wajah lebih penuh. Jersey juga salah satu bahan untuk kerudung syar’i.

5. Kain voal stretch

Dari jenis bahannya saja pasti kamu sudah bisa membayangkan bagaimana sejuknya ketika mengenakan hijab ini. Hijab bahan voal memang sedang digandrungi oleh para hijabers. Apalagi bahan voal strech, bahan hijab ini menjadi opsi utama untuk menjadi hijab yang bisa dipakai seharian apalagi di cuaca panas. Bahan hijab ini juga ringan, dan mendapatkan ruang udara yang cukup besar sehingga kamu tidak akan merasa kegerahan. Kini kamu juga bisa andalkan bahan ini untuk berolahraga.

6. Kain Cornskin

Corn skin ialah hijab yang memiliki tekstur seperti serat jagung. Teksturnya tidak mudah lecek saat dipakai, pas sekali untukmu yang malas menyetrika saat ingin keluar rumah. Bisa dibilang bahan hijab ini cukup nyaman saat dan terasa ringan sekali saat digunakan.

Selain itu corn skin juga tampak rapi me-layer bagian leher hijab dan terlihat mudah diatur. Namun untuk membingkai wajah, corn skin bisa diandalkan untuk membuat ujung hijab runcing.

Baca juga:  Berikut Perbedaan Antara Wordpress.com dan Wordpress.org

Tapi, dengan catatan kamu harus sering-sering merapikan hijabmu agar selalu tampil maksimal. Sering kali ujung corn skin memiliki tampilan bergelombang yang sulit dirapikan atau ujung bentuk hijab menjadi bulat bukan runcing.

7. Kain Hycon

Kain hycon dibuat dari bahan campuran antara polyester dan sutera, sehingga mempunyai ciri permukaan yang licin dan halus. Bahan ini juga memiliki bentuk fisik seperti chiffon atau sifon tetapi sedikit lebih tebal.

Jenis hijab yang menggunakan kain ini sangat cocok kamu kenakan di saat cuaca panas. Bahannya jatuh, sejuk, serta memberikan kesan rapi walaupun tetap kasual. Alasan kenapa hijab ini potongannya jatuh adalah karena seratnya yang cukup rapat dan bahannya yang agak tebal. Oleh karena itu, kamu bisa mengenakan hijab hycon walau tanpa ciput.

8. Kain Kasmir

Kain kasmir adalah serat mewah yang didapatkan dari bulu domba kasmir (capra hircus laniger). Kata kasmir berasal dari nama sebuah tempat di negara india yaitu dataran tinggi kashmir. Kain kasmir menyerupai kain wol akan tetapi lebih halus dan lebih lembut daripada kain dari bahan wol yang berasal dari bulu domba biasa. Kain kasmir lebih halus, lebih kuat, lebih ringan, lebih lembut.

Karena sifat kainnya yang ringan dan lembut sehingga sangat mudah untuk dibentuk, jenis hijab yang menggunakan kain ini sangat cocok digunakan apabila berada ditempat yang dingin.

9. Kain Sutra

Kain sutra merupakan kain yang memiliki nilai prestigious tersendiri. Selain dari tampilannya yang premium, aslinya sutra terbuat dari proses yang terbilang “kerja tangan alam”. Alias… sutra merupakan sejenis serat protein alami yang dapat ditenun jadi bahan kain. Jenis sutra yang paling umum digunakan sebagai bahan pembuatan kain yaitu serat sutra yang dihasilkan dari kepompong ulat sutra murbei. Asam amino yang terdapat di dalam serat sutra mampu memberikan efek halus dan lembut pada tampilan kain sutra. Sehingga saat dikenakan akan terasa nyaman.

Hijab bahan sutra memiliki tekstur yang halus dan mengilap. Untuk kamu yang ingin terlihat mewah nan elegan, kamu bisa pilih bahan yang satu ini. Terbilang sangat tipis saat terkena kulit, kamu akan merasakan bahwa permukaannya nyaman sekali. Harganya bisa dibilang tidak murah namun kamu tidak akan menyesal membelinya karena kualitasnya bisa dibilang sangat baik.

Baca juga:  10 Prinsip Mendengarkan yang Efektif dan Mudah di Praktekkan

10. Kain Voal

Akhir-akhir ini eksistensi bahan voal sedang naik daun dan digemari para hijabers. Terdiri dari voal polos dan motif, bahan hijab voal menjadi pilihan yang nyaman serta trendi. Voal sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Perancis, voile, yang artinya jilbab.

Nah, hijab voal ini sendiri terbuat dari 100% bahan katun tipis. Bahan ini memungkinkan udara masuk di antara lipatan hijab sehingga tidak membuat pemakainya merasa panas dan kegerahan. Jika ingin bahan hijab yang nyaman untuk sehari-hari, andalkan saja hijab voal untuk menemanimu berkegiatan.

11. Kain Paris

Bahan hijab paris ialah bahan hijab yang terbilang ringan dengan tekstur lembut dan mudah diatur. Kesan mengilap juga hadir pada bahan hijab paris yang siap menambah tampilan elegan pengguna. Tak mudah lecek dan nyaman sekali jika kamu mengikatkan hijab di leher karena tak tebal dan tak akan membuatmu sesak nafas. Harga bahan paris premium lumayan mahal sekitar Rp65 ribuan jika membeli yang premium, namun jika memilih bahan paris hijab biasa dibanderol hanya sekitar Ro12 ribuan saja.

12. Kain Crepe

Bahan crepe biasanya dipakai untuk model hijab syar’i. Karena bahan kainnya tidak tipis, tidak kaku, melar dan lentur jadi mampu menutupi area rambut dengan sempurna.

Hijab dengan bahan crepe merupakan perpaduan dari bahan kaus dan sifon sehingga cocok dibentuk sebagai pashmina ataupun hijab instan. Ada berbagai macam bahan crepe nih, mulai dari sutra, katun, sifon crepe. Kalau dilihat dari segi teksturnya, yang paling terlihat adalah bubble crepe sedangkan yang paling halus yaitu wolly crepe.

Itu dia guys 12 Jenis Kain Cocok Untuk Bahan Kerudung Hijab. Semoga artikelnya bermanfaat ya guys. Jangan lupa baca juga jenis kain yang sering digunakan untuk bahan seragam.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

SUMBERreview.bukalapak.com
Artikel sebelumnya10 Jenis Kain Cocok Untuk Baju Kaos Lengkap Dengan Gambarnya
Artikel selanjutnya6 Cara Penting Mencegah Virus Corona (COVID19) Agar Tidak Terinfeksi
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar