Beranda Investasi 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Sekarang

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Sekarang

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Sekarang
Image: Pixabay

Kenapa sih kamu harus berinvestasi?, Mungkin kalian sering bertanya seperti itu. Selama ini kita bekerja mati-matian, pergi pagi terus pulang sore dan kadangpun sampai malam, kebiasaan itu terus berulang sampai diusia pensiun (50thn), sangat bosan bukan!.

Belum lagi terkadang kita harus bekerja tiap hari tapi setiap bulan uang habis hanya untuk membayar hutang (so sad), maka mulai sekarang kamu harus memikirkan untuk berinvestasi, hanya dengan berinvestasi kamu bisa meningkatkan jumlah uang, investasi tidak memiliki resiko besar dan bahkan ada sebagian jenis investasi hampir tanpa resiko.

Berbeda ketika kita ingin memulai usaha, pernah saya membaca sharing di Quora bahwa rata-rata yang memulai membangun usahanya, hanya 5% yang bisa sukses dan 95% tidak. Bisa kamu bayangkan, berwirausaha itu bukan hal mudah, banyak rintangan dan tantangan, tapi itulah dia high risk high return, sudah pasti kalau kamu sukses berwirausaha maka hidup kamu akan sungguh Bahagia karena kamu sudah memiliki perusahaan yang dapat memberikan kamu pemasukan dengan nilai besar.

Pada artikel kali saya akan membahas alasan kenapa kita harus berinvestasi, yuk baca terus ya.

Never invest in a business you cannot understand. – Warren Buffet

1. Adanya Inflasi

Dari tahun ke tahun nilai mata uang akan selalu mengalami penurunan, oleh karena itu kita harus mengimbanginya dengan berinvestasi. Sebagai contoh ketika saya masih kecil dulu sekitaran tahun 2006 uang 500 rupiah sudah dapat satu indomie, namun ditahun 2019 harga indomie rata-rata 1500 rupiah, ini sebenarnya bukan harga indomienya yang naik, tapi nilai mata uang yang semakin turun nilainya.

Baca juga:  Perbedaan Investasi Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang

Baru bisa dibilang suatu barang itu harganya naik dalam waktu singkat dan tidak terjadi pada jenis-jenis item lainnya, tapi kalau anda ingat-ingat dan perhatikan, tahun ketahun hampir semua jenis item itu mengalami kenaikan harga karena mengingat nilai mata uang yang semakin turun.

Coba kamu bayangkan ditahun 2006 kamu investasi emas dan kembali menjualnya ditahun 2019, pasti mengalami kenaikan harga yang besar, itulah kenapa alasannya kamu harus berinvestasi.

2. Pendapatan Tambahan

Investasi juga dapat memberikan kamu pendapatan tambahan, bahkan banyak di luar sana miliarder muda yang sukses dengan hanya berinvestasi. Kalau hanya bekerja dikantor mungkin tidak cukup untuk membiaya hidup kamu, belum lagi kalau kamu sudah punya keluarga, maka mulai sekarang kamu harus berpikir untuk mencari sumber pendapatan lain, salah satunya dengan berinvestasi.

Kamu bisa mendapatkan tambahn jajan dari berinvestasi, seperti investasi saham, bisa jadi ketika harga kamu beli di angka 1000 satu lembarnya, lalu bulan depan kamu jual sudah diharga 1200, makan dari keuntungan berinvestasi itu kamu bisa gunakan untuk jajan, tanpa harus menghabiskan pendapatan utama kamu. Kalau kamu masih bingung bagaimana memulainya, kamu bisa mencari referensi di internet atau membeli buku. Oya untuk jenis investasi kamu bisa baca artikel ini.

3. Biarkan Uang Bekerja Untuk Anda

Seperti kata Robert T. Kiyosaki “Don’t work for money, make it work for you.”, itulah alasannya kenapa kita harus berinvestasi, sampai kapan kita harus bekerja untuk uang, sampai kapan kita dibayar karena waktu bukan karena kemampuan kita bekerja.

Dengan kamu berinvestasi maka uang akan bekerja untuk kamu tanpa harus memikirkan ini itu. Sebagai contoh kamu melakukan investasi emas atau investai saham, kamu membeli saham ditahun 2019 selembar 1000 dan mungkin di tahun 2025 harga saham tersebut sudah diharga 4000. Maka dari itu investasilah, biarkan uang bekerja untuk kamu.

Baca juga:  Cara Investasi yang Aman Agar Menguntungkan di Masa Depan

4. Menyiapkan Dana Pensiun

Salah satu sifat berinvestasi adalah jangka Panjang, maka dari itu mulailah berinvestasi dari sekarang untuk persiapan dana pensiun. Sekarang kamu bisa putuskan sampai umur berapa kamu akan bekerja dan ingin pensiun di umur berapa, kalau sudah tahu jawabannya maka sekarang kamu sudah bisa mulai terus untuk berinvestasi sebagai dana pensiun.

Karena kalau kamu berharap dana pensiun dari kantor ya jelas kamu harus mengikuti alur mereka untuk bisa mendapatkan dana pensiun, kebanyakan perusahaan, mereka baru mulai mempensiunkan karyawannya di umur lima pulahan keatas.

Rule No. 1: Never lose money. Rule No. 2: Never forget rule No.1. – Warren Buffett

Itu dia ulasan tentang 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Sekarang, semoga artikelnya bermanfaat ya. Oya jangan lupa juga baca Tujuh Pilihan Investasi Terbaik Untuk Pemula.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook

Komentar