Beranda Marketing 5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bisnis Digital Marketing Beserta Strateginya

5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bisnis Digital Marketing Beserta Strateginya

5 Alasan Kenapa Harus Belajar Bisnis Digital Marketing Beserta Strateginya
Image: Pixabay

Digital marketing merupakan salah satu cara memasarkan suatu produk dengan menggunakan media digital untuk mempromosikannya. Seperti yang kita lihat, hampir semua bisnis sekarang dilakukan dengan media digital, salah satunya binis marketing ini. Dengan adanya teknologi yang canggih, aktivitas manusia sekarang semakin mudah dalam melakukan apapun, khususnya dalam hal bisnis.

Sebagai seorang marketing, pastinya harus menguasai teknik digital marketing, baik itu untuk perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Sekarang hampir semua bisnis membutuhkan marketing untuk menjalankannya supaya berhasil. Hampir semua orang sekarang sudah menggunakan smartphone berbasis android, hal ini bisa dijadikan sebagai alat bisnis supaya bisa terhubung dengan orang-orang lebih mudah.

Mengapa Harus Digital Marketing?

Seperti yang sudah dijelaskan, mayoritas masyarakat di Indonesia saat ini sudah terhubung dengan internet. Hampir setiap orang sekarang sudah memegang smartphone, tentu hal ini menjadikan kamu untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu harus memilih digital marketing :

1. Lebih Efektif

Dengan adanya teknologi yang canggih membuat bisnis yang satu ini menjadi lebih efektif untuk dijalankan. Berbeda bila dibandingkan dengan jaman dulu, mereka harus bertatap muka untuk mempromosikan bisnis yang dijalaninya. Tentu kamu harus mempersiapkan hal-hal yang ribet, berbeda dengan sekarang yang sudah bisa dilakukan dengan media internet saja.

2. Lebih Murah

Sudah jelas digital marketing lebih murah bila dibandingkan marketing tradisional sebelumnya. Tidak membutuhkan biaya perjalanan atau membuat iklan secara nyata, disini kamu tinggal memanfaatkan media internet saja. Maka dari itu, digital marketing lebih murah bila dibandingkan dengan marketing yang dilakukan secara tradisional.

Baca juga:  Cara Promosi Online Yang Efektif Dan Dapat Mendongkrak Penjualan Produk Anda

3. Menyediakan Kesempatan yang Sama untuk Semua Bisnis

Baik perusahaan kecil, menengah maupun besar, hampir semuanya membutuhkan digital marketing. Tentu hal ini menjadi kesempatan kamu untuk memanfaatkan bisnis ini supaya bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Untuk menjalankannya, kamu cukup menyiapkan laptop dan juga koneksi internet saja. Dengan begitu, digital marketing bisa kamu jalankan dengan mudah.

4. Meningkatkan Revenue Secara Efektif

Alasan yang selanjutnya ialah kamu bisa meningkatkan pendapatan secara efektif. Jika dibandingkan dengan marketing tradisional, digital marketing bisa meningkatkan pendapatan menjadi 2.8 lebih besar. Peningkatan yang lumayan bisa kamu dapatkan apabila memanfaatkan digital marketing. Sudah bukan jamannya lagi sekarang menggunakan marketing tradisional.

5. Membangun Reputasi Brand

Digital marketing sangat membantu reputasi brand di dunia maya saat ini. Kamu bisa membangun reputasi melalui website, media sosial, SEO dan lain-lain. Dengan adanya media tersebut, hal ini akan memudahkan kamu dalam menjalankan digital marketing dengan mudah. Tentu kamu akan mendapatkan keuntungan yang lumayan bila menjalankan digital marketing ini.

Strategi Digital Marketing

Jika kamu sudah tahu alasan mengapa harus digital marketing. Kemudian kamu harus tahu bagaimana strategi dalam menjalankan digital marketing ini. Berikut adalah beberapa strategi yang harus kamu lakukan :

1. SEO

SEO merupakan salah satu cara mengoptimalkan sebuah website supaya bisa berada di halaman pertama pencarian google. Dengan adanya SEO akan membantu kamu untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Jika kamu menguasai teknik SEO, kemungkinan website yang kamu bangun akan berada di halaman teratas google. Berada di halaman pertama tentu membuat website kamu berkesempatan meraup trafik pengunjung yang banyak.

Disini kamu harus belajar menerapkan teknik SEO pada website yang kamu buat terlebih dahulu. Kamu bisa belajar melalui google ataupun YouTube, disitu banyak sekali ilmu-ilmu yang diberikan secara gratis mengenai SEO website. Dengan begitu, kesempatan dari digital marketing yang kamu jalankan akan lebih besar untuk meraup keuntungan.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Dengan Modal Kecil

2. Konten Marketing

Strategi yang selanjutnya yaitu membuat konten marketing semenarik mungkin. Disini harus melibatkan pembuatan konten yang relevan, penting dan yang lebih penting adalah konsisten. Hal ini dilakukan supaya bisa menarik para pelanggan untuk berkunjung ke bisnis yang kamu tawarkan. Cara ini sangat efektif sekali untuk dilakukan agar bisa mendapatkan banyak pengunjung.

3. Social Media Marketing

Tips yang selanjutnya ialah memanfaatkan sosial media yang ada. Sekarang sudah jamannya media sosial sebagai alat untuk berbisnis. Mungkin yang kalian tahu media sosial hanya berfungsi untuk media komunikasi. Namun saat ini banyak yang memanfaatkan untuk bisnis marketing. Disini kamu bisa mamanfaatkan media sosial untuk mempromosikan suatu produk.

Beragam jenis media sosial yang ada seperti FB, IG, Twitter dan lain-lain. Kamu bisa melakukan riset, kira-kira media sosial mana sajakah yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan banyak calon pembeli. Dari sekian banyaknya media sosial yang ada, FB dan IG menjadi salah satu media sosial yang paling baik untuk melakukan promosi suatu produk.

4. Pay Per Click

Strategi yang selanjutnya ialah Pay Per Click. PPC merupakan salah satu model internet marketing yang mengharuskan pemasang iklan membayar setiap iklan yang diklik oleh target. Model iklan yang satu ini sangat cocok untuk diterapkan dalam bisnis yang kamu jalankan. Sistem ini seringkali digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, FB dan juga Instagram.

5. Affiliate Marketing

Strategi yang terakhir ialah Affiliate Marketing. Dengan menggunakan strategi ini, nantinya pelanggan dapat mengiklankan produk yang kamu posting ke teman-temannya. Strategi ini terbilang sangat ampuh untuk meraih banyak konsumen, sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak.

Baca juga:  Gunakan Strategi Pemasaran untuk Produk Baru yang Sederhana Nan Membuahkan Hasil

Demikian beberapa informasi mengenai belajar bisnis digital marketing yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaPersiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online
Artikel selanjutnyaPerkembangan Digital Marketing Yang Semakin Canggih
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar