Beranda Bisnis 5 Jenis Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

5 Jenis Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

5 Jenis Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan
Image: Pixabay

Bagi sebagian orang, penghasilan pekerjaannya sebagai karyawan kerap kali tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lantas, apa sih solusi yang cocok untuk mereka yang ingin memiliki penghasilan lebih ? Jawabannya usaha sampingan modal kecil. Sesuai namanya, usaha ini bisa dikerjakan tanpa meninggalkan pekerjaan utamanya sebagai karyawan. Namun tetap harus mengutamakan pekerjaan utamanya dahulu karena bagaimanapun itu adalah tanggung jawab.

Dengan menjalankan usaha sampingan, ada beberapa keuntungan seperti mendapat tambahan penghasilan, membuka peluang untuk berkembang dan juga menambah pengalaman. Salah satu kesulitan yang sering dialami karyawan dalam menjalankan usaha sampingan ialah pembagian waktu. Ini harus benar-benar diperhatikan agar pekerjaan utama dan usaha sampingan bisa berjalan secara bersamaan tanpa kendala. Ada beberapa jenis-jenis usaha sampingan modal kecil yang bisa dijalankan, diantaranya :

1. Usaha Jasa Penulis Lepas

Saat ini, kegiatan membuat karya tulis dapat dijadikan sebagai ladang usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Beberapa pihak membutuhkan jasa ini diantaranya, Blogger, Internet Marketer, Perusahaan yang sudah go online dan sebagainya.

Media sosial bisa digunakan untuk mempromosikan usaha sampingan ini, karena memang pasarnya masih cukup luas. Rata-rata seorang penulis lepas profesional bisa menghasilkan Rp. 2.000.000 – Rp. 4.000.000 perbulannya. Angka tersebut tentu bergantung dari peforma dalam bekerja. Semakin banyak pekerjaan yang dikerjakan, tentu penghasilannya akan semakin meningkat.

2. Usaha Isi Ulang Pulsa Dan Kuota Internet

Usaha ini memang kerap disepelekan karena keuntungan dari setiap transaksinya relatif kecil. Tapi jangan terjebak dengan argument itu, mengingat pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Atas dasar itu, usaha ini memiliki peluang yang sangat besar dan cocok untuk digeluti. Dengan bermodal Rp. 500.000 dan satu buah smartphone, usaha ini sudah bisa dijalankan.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Modal Kecil Tetapi Begitu Menjanjikan

Tidak perlu membuat etalase ataupun menyewa konter, karena ini memang dijadikan usaha sampingan. Rekan kerja, teman-teman dan keluarga bisa dijadikan target pasar yang bagus.

3. Usaha Makanan Ringan

Tren makanan ringan dengan rasa-rasa yang unik sudah memiliki penggemar tersendiri. Ada beberapa jenis makanan ringan yang menjadi favorit diantaranya makaroni pedas, mi lidi, kulpi (kulit lumpia) dan sebagainya.

Untuk menjalankan usaha ini tidak akan memakan waktu yang lama dan bisa dikerjakan di waktu senggang seperti setelah pulang kerja. Dalam pembuatannya, makanan-makanan seperti ini sangat mudah, terkadang juga ada supplier yang menyediakan mentahannya saja, jadi tinggal mengolah. Bermodal Rp. 1.000.000, usaha ini sudah bisa dijalankan.

4. Usaha Les Privat

Memiliki kemampuan yang jarang dimiliki orang lain menjadi nilai plus bagi seseorang. Usaha les privat bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Manfaatkan momen seperti Ujian Nasional, SBMPTN atau yang lainnya untuk membuka usaha ini. Karena pada momen itu, banyak pelajar yang mencari les privat yang bisa membantu mereka dalam belajar.

Penghasilan dari usaha les privat ternyata cukup besar loh, waktu kerjanya juga relatif singkat yakni 1-2 jam sehari dan dalam satu minggu umumnya ada 3-4 pertemuan saja.

5. Usaha Cuci Motor

Apakah usaha sampingan harus dijalankan sendiri ? Tidak, contohnya seperti usaha cuci motor ini. Usaha ini tentu harus dijalankan pada siang hari, sementara pada saat itu masih harus bekerja sebagai karyawan, tentu tidak bisa menjalankan usaha ini sendiri.

Peluang usaha cuci motor masih cukup besar, mengingat jumlah kendaraan saat ini sangatlah banyak. Biasanya omset usaha ini bisa mencapat 2-3 juta dalam satu bulannya, tentu bukan angka yang kecil kan.

Baca juga:  7 Jenis Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Itu dia 5 contoh usaha sampingan yang menjanjikan yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat Anda untuk memulai usaha ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnyaCara Memulai Usaha yang Banyak Diminati
Artikel selanjutnya5 Kelebihan Investasi Dibandingkan Menabung
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar