Beranda Bisnis 5 Jenis Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

5 Jenis Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

5 Jenis Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga
Image: Pixabay

Menjadi ibu rumah tangga bukan menjadi alasan untuk tidak produktif. Dengan banyak waktu yang dimiliki, Anda bisa menjalankan usaha sampingan untuk menambah penghasilan. Ini tentu akan membantu perekonomian keluarga disamping penghasilan dari suami.

Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa dicoba tentunya bisa dilakukan dengan mudah. Mulailah dengan hal-hal yang disukai, misalnya seperti hobi memasak, anda bisa membuat usaha dibidang kuliner. Manfaatkan segala peluang yang ada untuk menghasilkan uang lebih. Di bawah ini ada beberapa jenis usaha sampingan untuk keluarga yang bisa dicoba.

1. Laundry Kiloan

Beruntung jika anda tinggal di dekat kampus atau di kota besar, karena laundry sangat dibutuhkan di sana. Di kawasan tersebut tentu banyak mahasiswa dan para pekerja yang tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Mereka akhirnya menggunakan jasa laundry yang simpel dan tentunya cepat. Usaha sampingan laundry kiloan ini bisa dijalankan hanya dengan modal mesin cuci saja. Daripada jarang digunakan, lebih baik untuk usaha. Biasanya biaya satu kilo cucian berkisar Rp. 6000 sampai dengan Rp. 15.000. Biaya tersebut biasanya dibedakan berdasarkan waktu kerjanya, jadi semakin mahal maka cucian akan semakin cepat selesai. Jika dalam satu bulan bisa mencuci sebanyak 100 kilo saja, Rp. 1,5 juta.

2. Usaha Katering Rumahan

Usaha ini cocok banget dijalankan oleh ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak. Memasak bukan hal baru bagi mereka, sehingga tak akan menemui kesulitan menjalankan usaha katering rumahan. Soal rasa dan kebersihan menjadi hal yang harus diperhatikan dalam usaha ini. Selagi rasanya enak dan makanannya bersih dari segi penyajian, pelanggan tak akan mempermasalahkan harga. Katering rumahan ini biasanya mendapat pelanggan dari acara arisan, kantor untuk kegiatan meeting dan berbagai acara-acara lain. Tak perlu pusing jika menjalankan bisnis makanan, siapa sih yang tidak membutuhkan makanan.

Baca juga:  10 Tips Ampuh Memulai Bisnis Rumahan Dijamin Sukses

3. Usaha Warung Makan

Membuka usaha warung makan, sebenarnya tidak perlu menyewa kios yang mahal. Anda bisa menjadikan halaman rumah Anda untuk membuat warung makan kecil-kecilan. Ini cocok banget jika rumah Anda berada di daerah yang ramai. Banyak orang lebih memilih makan di warung kecil dibanding restoran karena soal harga. Ini menjadi kesempatan Anda untuk menjalankan usaha sampingan warung makan. Sama seperti usaha katering rumahan, Anda bisa memanfaatkan keahlian dalam memasak usaha. Meski harga makanannya murah, namun keuntungannya tetap besar loh dalam seharinya.

4. Usaha Reseller Pakaian

Anda tentu tau sendiri, kebutuhan seorang wanita dalam hal pakaian sangat besar. Ini bisa dimanfaatkan Anda untuk memulai usaha sebagai reseller pakaian. Beberapa pakaian seperti gamis, celana, kaos banyak diminati pelanggan. Anda bisa menfaatkan tetangga, teman-teman sekolah dulu dan juga rekan kerja dari suami sebagai target pasar Anda. Keuntungan dari usaha sampingan ini cukup besar, dan Anda bebas menentukannya. Apalagi jika Anda mendapatkan harga yang murah dari supplier.

5. Usaha Jahit Pakaian

Ketrampilan menjahit juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan usaha sampingan. Bermodal mesin jahit dan bahan-bahan lainnya, Anda sudah bisa membuka usaha ini. Pelanggan biasanya tak hanya meminta Anda untuk memperbaiki pakaian mereka, terkadang juga ada yang meminta untuk dibuatkan pakaian sesuai dengan desain yang mereka buat. Hal itu tentu akan meningkatkan nilai jual dari usaha Anda yang satu ini, manfaatkan setiap peluang yang ada untuk menghasilkan uang.

Itu dia 5 jenis usaha sampingan buat ibu rumah tangga, moga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan referensi buat kamu untuk memulai menjalankan usaha ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Komentar