Beranda Investasi 5 Kelebihan Investasi Dibandingkan Menabung

5 Kelebihan Investasi Dibandingkan Menabung

5 Kelebihan Investasi Dibandingkan Menabung
Image: Pixabay.com

Apakah kamu sedang mencari kelebihan investasi dibandingkan menabung?, Investasi dan menabung sebenarnya sama-sama menguntungkan karena dengan melakukan keduanya berarti sudah berhemat. Namun perlu disadari bahwa investasi dan menabung merupakan dua hal yang berbeda karena ada saja orang yang menganggap keduanya itu sama.

Investasi adalah sebuah metode mendapatkan keuntungan di waktu yang akan datang dengan menanam modal di sebuah perusahaan atau yang lainnya. Sementara menabung hanya sebatas menyimpan uang dengan tujuan agar jumlahnya semakin banyak tanpa adanya keuntungan karena jumlahnya akan sama.

Investasi biasanya dilakukan oleh orang-orang yang paham dengan seluk beluk dunia financial. Umumnya mereka berasal dari kalangan atas, namun saat ini untuk melakukan investasi bisa dilakukan oleh siapapun.

Sementara menabung bisa dilakukan oleh siapapun dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Meski keduanya sama-sama baiknya, ada beberapa kelebihan investasi dibanding menabung. Hal ini mungkin akan mengubah pola pikir Anda dari yang awalnya hanya menabung, berubah menjadi investasi.

Kelebihan Investasi Dibanding Menabung

1. Nilai Aset Akan Lebih Cepat Bertumbuh

Seperti yang sudah dikatakan tadi, investasi akan menumbuhkan nilai aset awal dari investor. Jadi ketika seorang investor melakukan investasi ke sebuah perusahaan, dan perusahaan tersebut mengalami perkembangan pesat, tentu nilai investasi akan semakin besar. Berbeda dengan menabung, tidak ada perubahan dari nilai tabungan yang disetorkan sebelumnya. Nilainya akan terus sama, bagaimanapun keadaan dari tempat/bank untuk menabung.

2. Keamanan Yang Baik

Dengan melakukan investasi, uang yang diinvestasikan akan aman karena diawasi oleh otoritas jasa keuangan. Sehingga tak perlu khawatir uang akan hilang dalam sekejap. Namun harus diperhatikan juga pihak yang akan diinvestasikan, jangan sampai bodong alias penipuan. Ini jelas akan merugikan seorang investor. Oleh karena itu, ada baiknya mengecek kredibilitas dari pihak tersebut, bisa ke otoritas jasa keuangan langsung. Sementara jika menabung sebenarnya sama, tetap aman namun jika menabung di bank. Bagaimana untuk yang menabung ke perorangan atau lembaga yang belum kredibel, tentu akan sangat berbahaya. Bisa-bisa uang yang ditabung dibawa kabur oleh mereka.

Baca juga:  4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berinvestasi Sekarang

3. Dikelola Oleh Profesional Untuk Mendapatkan Keuntungan

Ketika seorang investor melakukan investasi dan dikelola dengan baik, tentunya akan menghasilkan keuntungan balik yang besar. Maka dari itu, pastikan pihak yang mengelola dana investasi sudah memiliki reputasi yang baik, sehingga akan menjaga aset di masa mendatang. Jika menabung, walau dikelola oleh pihak yang profesional sekalipun, nilainya akan tetap sama, dan tidak mengalami perubahan sama sekali.

4. Tahan Akan Inflasi

Inflasi kerap menjadi momok bagi siapapun yang kerap menyimpan uang. Jika terjadi sebuah inflasi, dimana nilai uang tersebut turun, otomatis nilai uang yang disimpan tadi akan menurun juga. Sementara dengan melakukan investasi, nilainya tidak akan terpengaruhi oleh inflasi. Ini menjadi salah satu kelebihan dari investasi dibanding dengan menabung.

5. Menjadi Cepat Kaya

Masih berhubungan dengan nomor satu di atas, bahwa investasi akan meningkatkan nilai aset yang dimiliki, sehingga akan berdampak ke kekayaan yang dimiliki. Investasi menjadi salah satu cara mendapatkan keuntungan tanpa harus melakukan sesuatu. Dalam hal menabung, memang jika menabung secara rutin, kekayaan akan bertambah. Namun dari segi jumlah, investasi masih lebih diunggulkan.

Dengan penjelasan di atas, bisa menjadi gambaran bagaimana keuntungan jika melakukan investasi. Sebelum melakukannya, berlajarlah terlebih dahulu ke orang yang sudah berpengalaman sehingga tidak akan salah dalam melangkah.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya5 Jenis Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan
Artikel selanjutnyaKelebihan Membuka Bisnis Online Di Instagram dan Facebook
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar