Beranda Bisnis 5 Peluang Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan

5 Peluang Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan

5 Peluang Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan
Image: Pixabay

Bulan Ramadhan menjadi keberkahan tersendiri bagi orang yang mau membuka usaha. Karena pada momen inilah daya beli masyarakat akan meningkat, sehingga akan lebih mudah dalam menjalankan usaha.

Banyak jenis usaha yang bisa dijalankan ketika bulan Ramadhan, baik usaha yang permanen ataupun musiman. Usaha musiman bukan berarti menutup kemungkinan untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Hal yang harus diperhatikan hanyalah kualitas produk yang ditawarkan. Jika pembeli menyukai produk Anda, pasti mereka akan membeli, tidak melihat berapa lama Anda jualan atau pengalaman Anda dalam membuat produk tersebut. Di bawah ini ada beberapa jenis usaha sampingan dibulan Ramadhan yang bisa Anda coba.

1. Jualan Perlengkapan Ibadah

Disaat bulan Ramadhan, banyak orang berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadahnya. Karena umat muslim percaya bahwa diwaktu inilah banyak keberkahan yang bisa didapatkan. Siapapun mereka akan berusaha untuk meningkatkan ibadahnya, baik yang sudah terbiasa maupun yang jarang. Hal ini bisa dimanfaatkan Anda untuk membuka usaha penjualan perlengkapan ibadah seperti sajadah, peci, baju muslim, mukena dan sebagainya. Anda bisa berjualan dimanapun selama tempat itu masih ramai, bisa di pinggir jalan atau dekat swalayan.

2. Jualan Makanan Buka Puasa

Makanan yang disajikan khusus untuk buka puasa atau biasa dikenak dengan takjil, banyak dijual ketika bulan Ramadhan. Banyak orang yang tidak sempat untuk membuat makanannya sendiri dengan alasan sibuk ataupun tidak mau ribet. Mereka akhirnya membeli makanan ke penjual yang sudah pasti enak dan murah. Untuk membuka usaha ini, Anda tak perlu mengeluarkan banyak modal. Karena memang makanan yang dijual cukup sederhana sehingga biaya produksinya murah. Berbicara mengenai omset usaha ini, bisa dibilang cukup besar. Meski harga makanannya murah, namun dengan banyaknya pembeli yang membeli makanan dalam jumlah banyak tentu akan membuat omset meningkat.

Baca juga:  Cara Menjalankan Bisnis Online Agar Menguntungkan

3. Jualan Kembang Api

Biasanya, orantua membujuk anaknya untuk latihan berpuasa dengan memberinya hadiah berupa mainan seperti kembang api. Maka tidak heran ketika bulan Ramadhan tiba, banyak pejual kembang api musiman yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Anda jangan sampai ketinggalan momen yang menarik ini. Anda tentu tau, harga kembang api bisa lumayan tinggi sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari setiap penjualnya. Jangan heran jika usaha ini dapat menghasilkan keuntungan dua kali lipat dari modal awal. Momen Ramadhan juga berpengaruh terhadap harga jual dari kembang api ini.

4. Usaha Pesanan Makanan

Sekarang ini, zamannya orang tidak mau ribet dengan urusan makanan. Mereka lebih memilih membeli makanan dibanding membuatnya sendiri. Saat bulan puasa, banyak orang memilih membeli makanan untuk buka puasa maupun sahur. Peluang ini bisa diambil untuk membuka usaha pesanan makanan, jadi nantinya Anda membuat makanan sesuai pesanan dari pembeli. Dengan hal ini, Anda tak perlu khawatir akan kehilangan modal ataupun kerugian.

5. Usaha Parsel Lebaran

Setelah bulan Ramadhan, akan ada momen hari raya Lebaran selanjutnya. Kebiasaan orang Indonesia, mereka akan menyajikan makanannya ketika lebaran tiba. Dengan hal ini, Anda bisa membuka usaha pembuatan parsel lebaran dengan berbagai jenis. Untuk pemasarannya juga cukup mudah, Anda bisa mempromosikannya di media sosial ataupun secara langsung di tempat strategis. Tak sulit sebenarnya untuk mempromosikan parsel lebaran, karena banyak orang memang membutuhkan makanan jenis ini. Pastikan harganya sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan agar pembeli puas.

Itu dia 5 Peluang Usaha Sampingan Di Bulan Ramadhan, semoga artikel ini bisa menjadi referensi buat kalian yang ingin membuka usaha dibulan ramadhan ini. Jangan lupa baca juga 5 macam usaha online modal kecil untung besar.

Baca juga:  Grosir Baju Tanah Abang Terbaru Dan Terjangkau

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar