Beranda Bisnis 5 Strategi Ampuh Menjalankan Toko Online

5 Strategi Ampuh Menjalankan Toko Online

5 Strategi Ampuh Menjalankan Toko Online
Image: Pixabay

Toko online merupakan salah satu tempat untuk menjual barang yang dilakukan secara online. Pelanggan yang ingin membeli produk di toko online ini tidak akan bertemu secara langsung, melainkan sistemnya dilakukan secara online. Dalam proses pengiriman barang pun tidak dapat dilakukan secara langsung, melainkan ada proses tertentu di dalamnya tanpa adanya interaksi bertatap muka antara pembeli dan penjual.

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini, ada salah satu modal terpenting yang harus dilakukan yaitu adanya koneksi internet. Hal ini akan memudahkan pembeli untuk mencari produk terlebih dahulu secara online melalui internet. Berbagai jenis toko online di indonesia yang sudah ternama seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID dan masih banyak jenis toko online lainnya.

Dengan adanya toko online juga akan lebih mudah sistem transaksi yang dilakukan antara pembeli dan penjual. Pembeli tinggal mencari produk yang diinginkannya saja melalui smartphone. Nantinya dari pihak toko akan mengirimkan produk yang dibeli kalian secara langsung ke alamat yang tertera. Toko online akan lebih memudahkan kamu dalam melakukan jual beli secara online.

Untuk membangun sebuah toko online, pastinya memerlukan kerja keras dan strategi yang matang supaya bisnis yang dijalankannya berhasil. Kamu harus menguasai beberapa tips menjalankan toko online supaya berhasil. Berikut ini adalah beberapa strategi ampuh menjalankannya yang harus kamu tahu :

1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menentukan produk yang akan dijual terlebih dahulu. Ada banyak sekali jenis produk yang menjadi kebutuhan banyak orang saat ini. Kamu bisa melakukan reset sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan orang-orang. Namun alangkah baiknya kamu menjual produk-produk sesuai dengan hobi kalian masing-masing.

Baca juga:  Pantangan dalam Bisnis Yang Tidak Boleh Dilakukan

Seperti halnya kalian suka bermain olahraga, kamu bisa menjual produk olahraga untuk dijual di toko online milik kalian. Jika ingin lebih baik dan fokus, kamu bisa memilih untuk menjual produk olahraga yang tertuju langsung seperti sepatu saja, baju, dan lain-lain.

2. Membuat Nama Toko Online Sendiri

Jika produk yang akan dijual sudah ditentukan, kamu harus membuat nama toko milik kalian. Membuat nama toko adalah hal yang paling penting sebagai identitas diri kalian dalam menjual produk. Biasanya pembeli akan menanyakan toko online milik kalian supaya terlihat apakah postingan kamu benar-benar asli atau tidak, hal ini bisa menjadikan bisnis kalian menjadi lebih profesional.

Disini kamu harus membuat nama toko sesingkat mungkin dan mudah dihafalkan ketika ada orang yang membacanya. Jika sudah, kamu bisa melanjutkannya dengan membuat logo pada toko kalian seperti apa. Selain itu, kamu juga bisa membuat sticker toko yang nantinya akan diberikan kepada pembeli kalian sebagai hadiah setelah membeli produk milik kalian.

3. Mencari Suplier

Menjual produk pastinya membutuhkan yang namanya suplier. Disini kamu harus mencari suplier yang menjual harga sepatu lebih murah dari yang kamu jual nantinya. Banyak sekali suplier yang bisa kamu temukan dimanapun, pastikan kamu mendapatkan suplier dengan kriteria sebaik mungkin seperti proses chat harus dibalas dengan cepat, ulasan baik dan lain-lain.

Untuk melihat kriteria suplier yang baik, kamu bisa melihatnya di YouTube atau google. Disini kamu bisa mendapatkan informasi seperti apa suplier yang baik dan bisa dipercaya. Jangan sampai kamu mendapatkan suplier yang kurang respon, produk barang kurang baik, dan lain-lain. Apabila kriteria suplier sudah baik, bisnis toko online milik kamu akan berjalan dengan lancar.

Baca juga:  6 Contoh Usaha Dengan Modal Kurang Dari 5 Juta

4. Pelayanan Yang Baik

Langkah yang selanjutnya yaitu memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen kalian. Kamu harus menghormati pelanggan sebaik mungkin meskipun mereka tidak jadi membeli. Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berinteraksi dengan pelanggan kalian. Selain itu, kamu harus memberikan respon yang cepat dalam menanggapi pelanggannya.

Bukan hanya itu, kamu juga harus mengirim produk yang dipesan dengan tepat waktu, jangan sampai tertunda. Hal ini akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman dan enak dengan apa yang ingin mereka beli. Pelayanan yang baik juga akan memberikan dampak yang baik bagi toko milik kalian. Maka dari itu, hal ini patut diterapkan dalam menjalankan bisnis toko online.

5. Promosi

Tips yang selanjutnya bisa kamu lakukan adalah promosi. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis media sosial yang ada seperti Instagram, FB, WA dan media sosial lainnya. Sebaiknya kamu mempromosikan di media sosial yang banyak penggunanya seperti FB dan juga IG, kedua media sosial tersebut seringkali digunakan sebagai media promosi produk-produk yang dijual.

Dengan mempromosikan produk akan memberikan dampak yang positif pada toko milik kalian. Pelanggan akan terus bertambah dari kalangan manapun bila melihat postingan yang kamu promosikan. Pastikan juga kamu harus rutin melakukan promosi setiap harinya. Dengan begitu, toko milik kalian akan lebih mudah berkembang dan cepat memberikan penghasilan.

Dengan menggunakan beberapa strategi di atas, pastinya toko online yang kamu jalankan akan berhasil. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh supaya bisa menghasilkan, dan yang paling penting ialah kamu harus konsisten dan jangan mudah menyerah. Dengan begitu, toko online kamu akan berjalan dengan lancar nantinya.

Mungkin itu saja artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga toko baju online tanah abang.

Baca juga:  8 Tips Mudah Memulai Bisnis Online Dari 0

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar