Beranda Marketing 5 Strategi Pemasaran Produk Secara Online yang Tertarget

5 Strategi Pemasaran Produk Secara Online yang Tertarget

5 Strategi Pemasaran Produk Secara Online yang Tertarget
Image: Pixabay

Memasarkan produk secara online merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan produk yang anda miliki melalui media internet. Dengan adanya media internet dapat membuat aktivitas yang dilakukan oleh para pebisnis menjadi lebih mudah. Selain itu, proses yang terjadi antara penjual dan pembeli juga lebih mudah karena dapat dilakukan secara online.

Akan tetapi, untuk memasarkan produk secara online tidak semudah yang kita bayangkan. Perlu waktu dalam jangka panjang untuk mengembangkannya supaya proses pemasaran online yang anda lakukan berhasil. Dengan adanya pemasaran secara online ini dapat membuat anda lebih mudah dalam melakukan transaksi jual beli. Sehingga, anda tidak perlu repot-repot bertemu secara langsung dengan pelanggan anda.

Pemasaran produk secara online juga dapat membuat jangkauan pasar lebih luas, anda bisa mentarget para konsumen baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri. Nantinya konsumen dapat menemukan produk milik anda dimanapun mereka berada. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan, anda hanya cukup bermodalkan koneksi internet saja supaya promosi yang anda lakukan dapat berjalan dengan baik.

Untuk memasarkan produk secara online, ada beberapa cara yang harus anda lakukan supaya berhasil. Apabila anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, maka anda akan mendapatkan keuntungan dari usaha yang telah anda lakukan.

Nah, kira-kira apa saja tips pemasaran produk yang harus dilakukan? Langsung saja simak beberapa tips pemasaran produk secara online berikut ini.

1. Riset Produk

Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah meriset produk yang akan anda jual. Tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan anda jual, ada banyak sekali jenis produk yang dijual oleh banyak orang. Anda bisa menjual produk yang sedang tren, khusus baju daerah, pakaian olahraga dan lain-lain. Alangkah baiknya pilih produk yang akan dijual sesuai dengan hobi anda.

Baca juga:  Cara Memasarkan Produk Dengan Modal Kecil

2. Riset Pasar

Langkah berikutnya yaitu melakukan riset pasar. Dalam hal ini anda harus melakukan survei kira-kira siapakah yang akan menjadi pesaing anda nantinya. Apakah anda mampu bila anda menjual produk A atau poduk B? Dengan cara seperti ini akan sangat menguntungkan dalam memulai memasarkan produk milik anda secara online.

3. Menggunakan Sosial Media

Langkah ini merupakan salah satu tips yang paling penting untuk dilakukan dalam memasarkan produk secara online. Ada banyak sekali jenis sosial media yang bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk anda secara online. Anda bisa melakukannya dengan mempromosikan di semua akun media sosial yang anda miliki seperti Instagram, Facebook, WA, dan lain-lain.

Pilih media sosial yang kiranya memiliki banyak pengguna di dalamnya, salah satunya yaitu Facebook. Media sosial yang satu ini sangat efektif jika anda benar-benar ingin mencari orang sebanyak-banyaknya. Semakin banyak anda mempromosikan produk anda di berbagai media sosial, maka semakin besar juga produk yang terjual. Tentu ini akan menjadikan keuntungan yang besar untuk anda.

4. Membuat Website

Langkah yang selanjutnya yaitu membuat website. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan supaya pelanggan anda lebih mudah untuk mencari produk yang diinginkan. Selain itu, dengan menggunakan website bisnis anda juga lebih terlihat profesional. Berbeda jika anda hanya mempromosikan saja tanpa ada bukti yang jelas mengenai toko milik anda.

Untuk membuat website pemasaran produk secara online, anda bisa meminta bantuan orang-orang yang membuka jasa pembuatan website. Daripada membuatnya sendiri akan mengganggu konsentrasi anda dalam menjualkan produk secara online. Dengan cara ini akan lebih efektif bila anda meminta bantuan jasa untuk pembuatan website jual beli online produk anda.

Baca juga:  Perusahaan Digital Marketing di Indonesia Sebagai Mitra Bisnis Andalan Anda!

5. Tambahkan konten marketing yang menarik

Bukan melulu menjual barang atau jasa yang dimiliki saja, Anda juga harus memberikan konten yang menarik untuk membuat pengunjung tertarik untuk datang ke online shop Anda. Media pemasaran ini bisa berupa artikel, video atau gambar yang sesuai dengan bisnis yang dijalani.

Misalnya, jika Anda menjual produk-produk kecantikan, maka Anda bisa membuat video tentang tutorial makeup atau tips menggunakan produk kecantikan sehari-hari. Hal ini sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru maupun untuk mempertahankan pelanggan setia agar tidak bosan untuk berkunjung ke toko online kita.

Jika Anda tidak punya waktu untuk membuatnya, Anda juga tak perlu khawatir karena saat ini banyak pihak lain yang menawarkan jasa pembuat konten untuk website. Jadi, Anda bisa mencari yang terbaik di luar sana untuk bekerja sama.

Beberapa tips di atas dapat anda lakukan supaya pemasaran produk secara online dapat berjalan dengan baik. Disini anda harus bersabar dan terus rajin dalam mempromosikan produk yang anda jual. Selain itu, anda juga tidak boleh menyerah meskipun anda akan mengalami kegagalan sekalipun. Dengan begitu, usaha anda dalam melakukan pemasaran produk secara online pasti akan berhasil.

Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa juga baca kelebihan memakai facebook ads.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar