Beranda Bisnis 5 Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menjanjikan

5 Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menjanjikan

5 Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa dengan Penghasilan Menjanjikan
Image: Pixabay

Apakah kamu sedang mencari referensi untuk jenis usaha sampingan mahasiswa?, Menjadi seorang mahasiswa tentunya membutuhkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Selain untuk biaya hidup, mereka juga membutuhkan uang untuk membayar kuliah tentunya. Apalagi disaat banyak tugas yang diberikan oleh dosen, banyak biaya yang dibutuhkan untuk mencetak tugas, membeli bahan-bahan tugas.

Usaha sampingan untuk mahasiswa menjadi salah satu solusi untuk menghasilkan uang dengan jumlah yang banyak. Usaha sampingan dipilih karena dari segi waktu tidak mengganggu kegiatan kuliah dan juga mudah untuk menjalankannya.

Seorang mahasiswa bisa memilih apakah akan mencoba usaha sampingan tanpa modal atau yang membutuhkan modal, ini tergantung dari setiap individunya. Di bawah ini ada beberapa jenis usaha sampingan yang sekiranya bisa menjadi referensi untuk memulai usaha.

1. Usaha Pembuatan Website

Bagi mahasiswa yang mengambil jurusan informatika, pasti sudah paham dengan bagaimana membuat sebuah website. Saat ini banyak perusahaan yang sudah mulai mempromosikan usahanya melalui internet. Sehingga keberadaan website sangat diperlukan agar pelanggan dapat mengenali produk apa yang ditawarkan. Untuk bisa memulai usaha pembuatan website, dibutuhkan keahlian programming. Sangat beruntung jika keahlian ini sudah dikuasai karena orang akan membayar mahal website yang berhasil dibuat. Satu website saja harganya berkisar. Rp. 2 juta sampai puluhan bahkan ratusan juta, tergantung kualitasnya itu sendiri.

2. Usaha Dropship

Usaha dropship bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang tidak ingin menjalankan usaha yang ribet. Dropship merupakan salah satu cara penjualan yang cukup simpel dan menguntungkan tentunya. Seorang dropshiper tak perlu mengemas barang, mengantarnya ke jasa kurir karena semua itu dilakukan oleh supplier. Yang perlu dilakukan ialah mempromosikan barang yang dimiliki oleh supplier kemudian ketika ada pesanan baru memesan barang ke supplier. Keuntungannya didapat dari selisih harga antara harga dari supplier dengan harga yang kalian tawarkan. Bukan hal mustahil di masa-masa menjadi mahasiswa bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta hanya dengan usaha dropship. Berikut daftar ecommerce yang memberikan layanan dropship, moda membantu.

Baca juga:  Peluang Usaha Minuman Alpukat Kekinian, Bisa Jadi Bisnis Sampingan Menjanjikan !

3. Usaha Penulis Artikel

Menulis sebuah artikel yang bermanfaat ternyata bisa menghasilkan uang loh. Kebutuhan informasi yang semakin besar membuat usaha ini akan lebih cepat berkembang. Jika kalian ingin mencoba memulai usaha ini, kalian bisa mempromosikannya melalui media sosial ataupun website. Dari satu artikel saja, Anda bisa menghasilkan Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000 tergantung dari banyaknya kata dan kualitasnya. Hitung saja jika dalam sebulan bisa mengerjakan 100 artikel, kalian mungkin bisa membiayai hidup sendiri, membayar biaya kuliah sendiri dan memberi uang ke orangtua.

4. Usaha Warung Kopi

Seorang mahasiswa tentunya suka nongkrong bareng teman-temannya di kafe ataupun tempat nongkrong lain. Daripada kalian menghabiskan uang di sana, lebih baik membuka usaha warung kopi sendiri sebagai sampingan. Kalian bisa memanfaatkan waktu malam hari untuk berjualan, karena pada saat itu banyak anak muda yang nongkrong. Di sela-sela berjualan, kalian juga masih bisa belajar agar tetap bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Agar usaha sampingan ini terus berkembang, kalian harus berkreasi dengan menambah menu kopi ataupun makanan lain.

5. Usaha Les Musik

Keahlian dibidang musik masih jarang loh, maka tidak heran jika banyak orang yang ingin menjadi pemusik. Jika kalian memiliki keahlian di bidang ini, bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sampingan les musik. Dari satu siswa saja, bisa menghasilkan pemasukan Rp. 800 ribu sampai Rp. 1,5 juta. Jadi semakin banyak siswa yang mengikuti les musik kalian, pemasukannya tentu akan semakin besar.

Itu dia 5 jenis usaha sampingan yang cocok untuk mahasiswa, moga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kalian ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar