Beranda Keuangan 6 Tips Mengelola Keuangan Perusahaan

6 Tips Mengelola Keuangan Perusahaan

6 Tips Mengelola Keuangan Perusahaan
Image: Pixabay

Perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar apabila cara mengelola keuangan perusahaan tidak berjalan dengan baik.

Untuk itu, pengelolaan keuangan menjadi salah satu faktor paling penting dalam tumbuh dan berkembangnya suatu perusahaan. Sebaiknya keuangan perusahaan dipegang oleh orang yang cerdas dan ahli dalam perhitungan, hal ini supaya pemasukan dan pengeluaran dapat terinci dengan jelas oleh perusahaan.

Mengelola keuangan perusahaan tidak semudah yang dibayangkan, berbeda dengan mengelola keuangan keluarga. Mengelola keuangan keluarga dapat didiskusikan dengan pasangan Anda saja. Sementara mengelola keuangan perusahaan harus di diskusikan bersama-sama, di dalamnya juga harus tercatat secara rinci bagaimana sistem kinerja yang ada di dalamnya. Sehingga, sistem pengelolaan perusahaan akan berjalan dengan baik.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan yang baik dan benar. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa informasi mengenai bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa tips mengelola keuangan perusahaan yang harus Anda ketahui.

1. Buat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat catatan pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan. Anda bisa mencatat daftar pengeluaran yang dilakukan setiap harinya. Pengeluaran harus tercatat dengan jelas apakah setiap harinya mengalami kenaikan atau penurunan. Apabila mengalami penurunan, Anda harus segera mengatasi masalah tersebut.

Pemasukan keuangan perusahaan juga harus dicatat secara rinci, mulai dari keuntungan yang didapat, investasi dari para investor dan lain sebagainya. Dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan secara rinci dapat membuat kondisi perusahaan Anda semakin membaik.

Baca juga:  7 Cara Mengelola Keuangan Perusahaan Supaya Tidak Mengalami Kebangkrutan

Namun ingat, jangan sampai Anda melakukan kecurangan dalam mendata catatan pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan, hal itu dapat berakibat fatal pada diri Anda sendiri.

2. Buat Dua Rekening Bank

Mengapa harus membuat dua rekening bank? Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya uang Anda sendiri dengan uang perusahaan tidak tercampur aduk. Rekening yang pertama bisa Anda gunakan untuk Anda sendiri dan rekening yang kedua bisa Anda gunakan untuk pengelolaan perusahaan. Dengan begitu, kondisi keuangan perusahaan Anda akan tertata dengan baik.

Selain itu, membuat dua rekening bank juga akan mempermudah aktivitas Anda saat ingin berbelanja sesuatu. Sehingga, bila Anda ingin berbelanja kebutuhan perusahaan maka rekening yang digunakan adalah rekening perusahaan dan sebaliknya. Tips ini sangat cocok untuk dilakukan bagi Anda yang ingin mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

3. Menentukan Porsi Keuangan

Tips yang selanjutnya supaya keuangan perusahaan Anda berjalan dengan baik yaitu dengan cara menentukan porsi keuangan. Cara ini sangat efektif untuk dilakukan karena dapat membuat pengeluaran keuangan  perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Pembagian porsi keuangan sebaiknya diputuskan sejak awal, sehingga keuangan perusahaan tidak dapat disalahgunakan.

Pembagian porsi dapat dilakukan dengan sistem 50 % : 40 % : 10 %, maksud dari perbandingan tersebut yaitu 50 % digunakan untuk keperluan biaya operasional perusahaan seperti tagihan-tagihan, 40 % dapat Anda gunakan untuk membayar gaji karyawan, dan untuk 10 % dapat Anda tabung. Dengan sistem pembagian yang sudah disepakati akan membuat Anda lebih efektif dalam mengelola keuangan perusahaan.

4. Mengurangi Resiko

Setiap usaha pasti akan mengalami resiko yang kecil maupun resiko besar. Apabila perusahaan Anda telah melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya, sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Anda jangan mudah tergiur tawaran yang menguntungkan dari perusahaan lain. Anda harus mengenali resikonya terlebih dahulu apakah akan berdampak baik bagi Anda atau tidak.

Baca juga:  Cara Kelola Keuangan Agar Hidup Lebih Bahagia

Pengelolaan keuangan perusahaan harus dijalankan secara profesional, tidak secara sembarangan Anda bisa melakukan hal seenaknya saja. Dengan mengurangi resiko akan membuat kondisi perusahaan semakin membaik. Tips ini menjadi salah satu langkah paling penting supaya perusahaan Anda tidak mengalami kebangkrutan nantinya. Bila tips ini dilakukan, tentu kondisi pengelolaan keuangan perusahaan Anda dapat berjalan dengan baik.

5. Mengontrol Kelancaran Kas Perusahaan

Langkah yang selanjutnya bisa Anda lakukan yaitu mengontrol kelancaran kas perusahaan. Pastikan kas berjalan stabil tidak mengalami penurunan, apabila kondisi kas perusahaan berjalan stabil maka kondisi perusahaan dapat berjalan dengan baik. Berbeda jika arus kas mengalami penurunan, suatu saat pastinya Anda akan mengalami kebingungan saat membutuhkan uang dari dana kas.

Perlu Anda ketahui, arus kas merupakan salah satu hal pokok paling penting yang ada dalam perusahaan. Anda harus dapat mengontrol arus kas supaya berjalan dengan profesional. Terus pantau arus kas pada perusahaan Anda, jangan sampai ada sesuatu yang mengganjal, sehingga kondisi perusahaan dapat berjalan dengan baik.

6. Produktivitas

Langkah yang terakhir yaitu produktivitas dalam melakukan pengelolaan keuangan perusahaan. Tips ini harus selalu dilakuan supaya kondisi perusahaan Anda terus berkembang kedepannya. Pantau terus produktivitas kinerja karyawan dalam melakukan pengelolaan keuangan. Apabila kinerja karyawan tidak produktif, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggantinya yang lebih baru.

Sebagai pemilik perusahaan, Anda juga harus terus memantau keuangan perusahaan, apakah digunakan dengan baik atau tidak. Sistem keuangan perusahaan harus terpantau dengan jelas agar perusahaan dapat berjalan dengan lancar kedepannya. Apabila sistem pengelolaan keuangan Anda berjalan dengan baik, maka perusahaan juga akan berkembang dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai tips mengelola keuangan perusahaan. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, sistem pengelolaan perusahaan Anda akan berjalan dengan baik. Semoga beberapa informasi di atas bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga cara mengelola keuangan perusahaan agar tidak bangkrut.

Baca juga:  7 Daftar Aplikasi Pengelola Keuangan Terbaik Untuk Pengguna Android

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnya7 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Mendapatkan Keuntungan
Artikel selanjutnyaTips Mengelola Keuangan Supaya Tidak Terlalu Boros
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar