Beranda Bisnis 6 Langkah Sukses Membangun Bisnis Dropship

6 Langkah Sukses Membangun Bisnis Dropship

6 Langkah Sukses Membangun Bisnis Dropship
Image: Pixabay

Apakah Anda tahu apa bisnis dropship itu? Dropship merupakan salah satu sistem penjualan yang di dalamnya tidak menyetok barang sendiri. Apabila ada seseorang yang ingin membeli produk yang Anda pasarkan, Anda tinggal meneruskan saja barang tersebut supaya sampai ke pembeli. Jadi, Anda tidak perlu membeli barang yang diminta pembeli terlebih dahulu. sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali.

Bisnis yang satu ini sangat populer sekali di kalangan masyarakat Indonesia. Khususnya anak-anak milenial yang sekarang sudah banyak melakukan bisnis seperti ini, mereka cukup bermodalkan HP dan paket data saja bisa meraup keuntungan yang sangat besar. Daripada smartphone Anda digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat seperti game, chatting dan lain-lain. Lebih baik digunakan untuk berbisnis online, yaitu dropship.

Sistem penjualan yang ada di dalamnya cukup mudah yaitu Anda menjual produk milik suplier, kemudian suplier akan mengirimkan barang tersebut kepada pembeli dengan nama toko Anda. Banyak orang yang sudah terjun untuk menjalankan bisnis dropship karena dapat memberikan keuntungan yang besar hanya dengan modal kecil.

Untuk menjalankan bisnis ini Anda juga harus bersaing dengan toko online lainnya. Berikut terdapat 6 langkah sukses membangun bisnis dropship yang harus Anda ketahui. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Tentukan Niche Apa Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan supaya bisnis dropship Anda sukses yaitu memilih produk apa yang akan dijual. Dengan cara ini, Anda nantinya akan lebih fokus untuk mengembangkan bisnis yang dipilih. Apabila Anda terlalu banyak memilih, hal itu bisa berakibat fatal pada bisnis dropship Anda. Nantinya Anda akan bingung, pelanggan pun tidak akan menetap untuk mengunjungi toko online Anda.

Baca juga:  5 Jenis Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Misalkan produk yang Anda jual tentang olahraga, hal yang harus Anda lakukan adalah memasarkan produk-produk yang berkaitan dengan olahraga seperti sepatu futsal, baju sepakbola, alat-alat olahraga dan lain-lain. Jangan sampai Anda mencampur adukan produk olahraga yang Anda jual dengan produk lainnya, hal itu tidak akan membuat pelanggan menetap di toko online Anda.

2. Melakukan Riset

Langkah membangun bisnis dropship yang selanjutnya ialah melakukan riset di beberapa toko online terkenal. Anda bisa melakukan survei di beberapa toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lain-lain. Disini Anda harus mencari tahu harga produk dan kualitas di toko online tersebut, pilihlah harga yang lebih murah supaya bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

3. Pilihlah Suplier Terpercaya

Tips yang selanjutnya yaitu memilih suplier terpercaya, jangan sampai Anda salah menjalin kerjasama dengan suplier. Hal itu bisa berakibat fatal pada toko online Anda sendiri nantinya. Salah satu hal yang paling penting ialah komunikasi antara Anda dengan suplier harus lancar. Apabila respon cepat, tentu bisnis dropship Anda akan berjalan dengan lancar.

Carilah suplier yang sudah berpengalaman dibidangnya, mampu diajak bekerja sama dan dapat bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu seperti barang rusak, belum sampai, dan lain-lain. Pastikan sistem pengiriman juga harus cepat dan tepat waktu sesuai kesepakatan yang telah ditentukan. Selain itu, biaya ongkir juga jangan terlalu mahal. Apabila suplier Anda terpercaya, maka Anda akan lebih mudah untuk memasarkan produk tanpa kendala yang terlalu berat.

4. Bangun Toko Online Anda Sendiri

Mengapa harus mempunyai toko online sendiri? Toko online sangat berguna bagi Anda supaya dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan. Untuk itu, Anda harus membuat toko online sendiri. Buatlah nama toko online yang kiranya mudah diingat oleh pelanggan. Hal itu akan mempermudah perkembangan toko online Anda karena mudah untuk diucapkan.

Baca juga:  4 Penyebab Utama Kegagalan dalam Sebuah Bisnis

Apabila toko online sudah dibuat, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah mempromosikannya. Anda bisa mempromosikan melalui beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain. Carilah pengikut sebanyak-banyaknya secara real ya guys supaya toko online Anda benar-benar ada pengunjung aslinya.

5. Melayani Customer Dengan Baik

Melayani pembeli dengan baik merupakan salah satu langkah membangun bisnis dropship. Meskipun produk Anda berkualitas dan murah-murah, akan tetapi sistem pelayanan yang ada di dalamnya tidak baik maka itu akan sia-sia. Disini Anda harus menjadikan pembeli sebagai raja yang harus dilayani dengan baik. Dengan begitu, pembeli tidak akan bosan untuk berkunjung ke toko online anda.

Anda bisa menerapkan salam, senyum, sapa, sopan dan santun kepada pembeli. Kemudian tanyakan secara halus kepada pelanggan ingin membeli apa, turuti apa saja yang diinginkan pelanggan. Pastikan Anda jangan marah bila ada pelanggan yang membandingkan produk di toko Anda dengan toko orang lain. Pelayanan yang baik akan memberikan hasil yang baik.

6. Optimalkan Bisnis Dropship Anda

Langkah membangun bisnis dropship yang terakhir ialah dengan cara mengoptimalkan toko online milik Anda. Maksimalkan segala jenis media sosial yang ada kemudian promosikan. Selain itu, Anda juga harus optimal dalam melakukan pemasaran produk, lakukan pemasaran setiap hari supaya bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Selain itu, Anda bisa memaksimalkan bisnis dropship Anda dengan mengirim email kepada customer. Terus promosikan sebanyak mungkin produk yang Anda jual, semakin banyak pelanggan yang datang maka semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan. Dengan begitu, bisnis dropship Anda tentu akan maju dan berhasil.

Demikian beberapa informasi mengenai 6 langkah sukses membangun bisnis dropship. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk teman-teman sumanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Dengan Mekanisme Dropship.

Baca juga:  Tips-Tips Memulai Bisnis Bagi Anak Muda Jaman Sekarang

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaIni Dia 5 Tips Ampuh Memulai Bisnis Untuk Para Pemula
Artikel selanjutnyaIni Dia 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar