Beranda Keuangan 7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Supaya Lebih Efektif

7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Supaya Lebih Efektif

7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Supaya Lebih Efektif
Image: Pixabay

Apakah Anda sedang mengalami masalah keuangan pada keluarga? Tentu hal ini disebabkan karena tidak dapat mengatur dengan baik. Sehingga sistem keuangan keluarga Anda amburadul (berantakan) dan tidak tertata dengan baik. Salah satu solusi yang paling tepat adalah mengatur keuangan yang efektif supaya kehidupan keluarga Anda menjadi lebih baik.

Mengelola keuangan tidak didasarkan pada besar kecilnya gaji Anda, melainkan gaya hidup yang terlalu berlebihan. Sehingga keuangan Anda tidak tertata dengan baik, apabila suatu saat sedang membutuhkan uang, Anda akan kebingungan. Maka dari itu, buatlah rencana sebaik mungkin untuk kedepannya, sehingga keuangan keluarga Anda akan berjalan stabil bahkan akan mengalami peningkatan nantinya.

Keuangan keluarga berarti menjadi tanggung jawab antara suami dan istri, disini Anda harus melakukan rencana sematang mungkin. Diskusikan dengan baik supaya keuangan keluarga Anda dapat terkontrol. Apabila Anda tua nanti, Anda tidak dalam keadaan susah mencari uang kesana kemari. Apalagi sampai bekerja di usia tua, penyesalan yang besar akan Anda rasakan nantinya.

Nah, untuk mengelola keuangan keluarga terdapat beberapa cara yang harus Anda dilakukan. Berikut adalah 7 cara mengatur keuangan keluarga supaya lebih efektif!

1. Kalkulasikan Semua Pendapatan Antara Suami dan Istri

Cara mengelola keuangan keluarga Anda supaya lebih efektif yaitu menjumlahkan seluruh pendapatan yang diperoleh entah itu milik suami maupun istri. Jangan membandingkan gaji istri dan suami manakah yang lebih besar pendapatannya. Semuanya anggap milik bersama, bila sudah dijumlahkan, Anda tinggal mengaturnya saja untuk keperluan yang akan datang.

Baca juga:  7 Tips Cepat Melunasi Hutang Yang Wajib Kamu Tahu!

2. Catat Pengeluaran Kebutuhan Sehari-hari

Langkah yang kedua yaitu mencatat kebutuhan sehari-hari Anda, berbagai macam keperluan seperti membeli bahan makanan, rokok, dan keperluan lainnya harus dicatat. Setelah itu, bandingkan hari yang satu dengan hari berikutnya, apabila mengalami penurunan berarti keuangan Anda akan lebih baik. Namun bila semakin naik, maka keuangan Anda harus lebih dikontrol lagi.

Pastikan Anda membeli kebutuhan yang penting dan bermanfaat, jangan karena gengsi dengan tetangga yang selalu membeli perabotan baru. Anda ingin ikut-ikutan membeli sesuatu yang baru. Hal-hal yang serba baru itu biasanya dapat membuat kantong Anda terkuras sedikit demi sedikit. Maka dari itu, mencatat pengeluaran kebutuhan sehari-hari sangat penting untuk dilakukan.

3. Atur Pendapatan Secara Efisien

Apabila Anda baru menerima gaji, Anda harus mengatur pendapatan secara efisien. Disini Anda harus melakukan pembagian untuk apa saja gaji bulanan Anda, misalkan 50% akan Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari, sementara 50% lainnya akan Anda tabung. Anda bisa mengatur pembagian keuangan Anda sesuai yang diinginkan.

Mengatur pendapatan secara efisien dapat membuat keuangan Anda tetap stabil dan tidak mengalami penurunan. Tentukan hal apa saja yang akan dilakukan bersama istri Anda, buatlah perencanaan yang baik sehingga keuangan keluarga Anda akan berjalan dengan baik kedepannya.

4. Siapkan Dana Cadangan

Dana cadangan dapat digunakan untuk keperluan mendesak saat Anda sedang membutuhkan dalam waktu yang cepat. Untuk melakukannya Anda bisa menabung terlebih dahulu. Anda bisa menyisihkan sebagian uang Anda untuk ditabung, nantinya uang tersebut akan sangat bermanfaat untuk kedepannya bila suatu saat membutuhkan.

Dengan adanya dana cadangan, kapan saja Anda bisa mengambilnya saat memerlukan. Biasanya menjelang akhir-akhir bulan keuangan keluarga akan terasa habis. Sehingga, mau tidak mau mereka harus mengeluarkan uang cadangan mereka.

Baca juga:  7 Tips Menabung Uang Agar Cepat Terkumpul

5. Hindari Keinginan Yang Tidak Perlu

Cara mengelola keuangan yang selanjutnya ialah menghindari keinginan yang tidak perlu. Keinginan seringkali membuat Anda tergiur untuk membelinya, apalagi disaat Anda baru mendapatkan gaji. Segala sesuatu ingin sekali dibeli oleh Anda karena memiliki uang yang banyak. Bila Anda sampai terpancing, pada pertengahan hingga akhir bulan Anda akan merasa menyesal nantinya.

Untuk itu, sebaiknya Anda membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan Anda saja. Misalkan kondisi sepatu Anda masih bagus, terus melihat ada brand sepatu keluaran terbaru, Anda langsung membelinya. Padahal itu tidaklah penting untuk dilakukan, Anda bisa membeli keperluan lainnya yang lebih bermanfaat.

6. Jangan Berhutang

Tips yang selanjutnya dapat Anda lakukan yaitu menghindari hutang. Dalam keadaan apapun, sebaiknya Anda jangan sampai berhutang. Hutang akan menjadi beban bagi diri Anda, apalagi jika tidak sanggup membayarnya. Seperti halnya jika Anda membeli sebuah motor dengan menyicil, sebaiknya cara ini jangan dilakukan. Lebih baik Anda membeli secara cash saja sampai uangnya terkumpul.

Jika kepentok harus hutang, pastikan hutang Anda tidak terlalu besar. Jangan sampai Anda berhutang sampai menggadaikan rumah Anda sebagai jaminan, apabila Anda tidak sanggup melunasinya. Semuanya akan hangus dan terkuras habis semua harta yang Anda miliki.

7. Mencari Penghasilan Tambahan

Cara mengelola keuangan yang terakhir adalah mencari penghasilan tambahan. Biasanya para suami tidak mengijinkan istrinya untuk bekerja, sehingga keuangan mereka terkadang masih saja kurang. Apabila istri juga bekerja, tentu keuangan keluarga akan semakin meningkat. Sehingga kebutuhan pokok sehari-hari akan selalu terpenuhi.

Mencari penghasilan tambahan bisa bermacam-macam caranya seperti bekerja menjadi ojek online, jualan pulsa dan token listrik, dan lain-lain. Apabila Anda mampu melakukannya, maka lakukanlah supaya keuangan keluarga Anda menjadi lebih baik. Cara ini sangat efektif sekali untuk Anda lakukan.

Baca juga:  10 Tips Menabung Uang Agar Cepat Kaya

Itulah beberapa informasi mengenai 7 cara mengatur keuangan keluarga supaya lebih efektif! Dengan mengelola keuangan keluarga secara efektif, kehidupan keluarga Anda tentu akan menjadi lebih baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terima kasih. Jangan lupa baca tips melunasi hutang ya guys.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnya7 Tips Cepat Melunasi Hutang Yang Wajib Kamu Tahu!
Artikel selanjutnya5 Tips Bisnis Makanan Ringan Omset Besar
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar