Beranda Bisnis 7 Langkah Sukses Membangun Bisnis Reseller, Pemula Wajib Tahu!

7 Langkah Sukses Membangun Bisnis Reseller, Pemula Wajib Tahu!

7 Langkah Sukses Membangun Bisnis Reseller
Image: Pixabay

Apa sih yang Anda ketahui tentang reseller? Reseller berasal dari kata re yang berarti kembali dan seller yaitu menjual. Secara istilah reseller merupakan salah satu bisnis online dimana Anda menjual kembali barang yang telah dibeli dari suplier. Untuk melakukan bisnis yang satu ini, berarti Anda memerlukan modal terlebih dahulu untuk menyetok barang yang akan dijual.

Menjadi reseller bisa dilakukan oleh siapa saja entah itu kalangan muda maupun tua, modal yang paling penting dari bisnis ini adalah memiliki smartphone atau laptop dan juga koneksi internet. Hal ini berguna sebagai media pemasaran produk yang Anda jual ke pembeli. Waktu yang dibutuhkan dalam kegiatan jual beli ini pun cukup singkat, apabila Anda dapat menjalin kerjasama dengan baik, maka waktu yang diberikan akan sangat efisien.

Untuk masalah keuntungan, setiap usaha pastinya akan mendapatkan keuntungan, tergantung dari bagaimana diri kita sendiri dalam menjual produk ke orang lain. Salah satu keuntungan yang paling utama yaitu Anda tidak perlu memproduksi barang sendiri untuk dijual, tugas Anda disini hanya tinggal menyetok barang dan juga memasarkan barang yang Anda jual.

Nah, bagi para pemula yang belum tahu bagaimana langkah sukses bisnis reseller ini, kami akan membagikan tips-tips supaya Anda sukses menjadi reseller. Berikut ini adalah 7 langkah sukses membangun bisnis reseller, pemula wajib tahu!

1. Pilih Produk Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu memilih produk yang akan dijual. Disini Anda harus memilih salah satu kategori produk, misalkan Anda akan menjual produk tentang peralatan anak-anak. Maka yang harus Anda lakukan ialah membeli dan menyetok peralatan anak-anak terlebih dahulu, setelah itu baru menjualnya. Memilih menjual peralatan anak-anak, berarti Anda harus mentarget pembelinya yaitu anak-anak.

Baca juga:  5 Bisnis Online Menjanjikan Tanpa Modal Besar

Memilih produk menjadi salah satu langkah paling penting bagi Anda yang ingin membangun bisnis reseller. Disini Anda harus benar-benar bisa meraba, kira-kira produk apa yang akan dibutuhkan oleh orang-orang dalam waktu yang cukup panjang. Salah satu tips memilih produk yang paling tepat adalah pilih sesuai hobi Anda sendiri.

2. Tentukan Target

Tips yang kedua yaitu menentukan target pasar, yakni untuk siapa sih produk yang Anda jual ini. Apakah untuk anak-anak, dewasa, dan juga kalangan orang tua. Ada beberapa hal mengenai produk yang hanya bisa digunakan oleh orang tua saja dan bisa digunakan oleh anak-anak saja. Bahkan ada juga produk yang sangat cocok untuk digunakan oleh kalangan muda maupun tua.

Seperti halnya Anda menjual mainan anak-anak, pastinya target pasar Anda adalah anak-anak. Apabila Anda menjual paralatan rumah tangga, pastinya yang membutuhkan peralatan tersebut adalah orang tua. Apabila Anda menjual peralatan olahraga, baik kalangan muda, dewasa, dan orang tua, mereka semua sangat membutuhkan peralatan tersebut.

3. Buat Toko Online Sendiri

Langkah sukses bisnis reseller yang selanjutnya yaitu membuat toko online sendiri. Adanya toko online sendiri akan membuat bisnis Anda benar-benar terlihat resmi dan profesional. Biasanya ketika anda mempromosikan sebuah produk, si pembeli akan mempertanyakan jenis barang lainnya yang dijual. Dengan begitu, Anda bisa memberi tahu toko online Anda benar-benar ada.

4. Pilih Suplier Yang Tepat

Tips yang keempat ini sangat penting untuk dilakukan, dimana nantinya Anda akan memesan produk terlebih dahulu ke suplier sebelum dijual. Pastikan suplier Anda mudah untuk dihubungi dan memberikan respon yang cepat agar pelanggan Anda tidak merasa kecewa kepada Anda.

Baca juga:  Memulai Bisnis, Ketahui 8 Hal Berikut Ini Agar Usaha Anda Sukses

Disini Anda juga dapat mensurvei beberapa macam suplier yang ada, bandingkan antara suplier yang satu dengan yang lainnya. Bila sudah, pilihlah suplier yang kiranya menurut Anda unggul seperti respon cepat, harga murah kualitas baik, dan lain-lain. Dengan begitu bisnis reselller Anda akan berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada gangguan yang mengganjalnya.

5. Tentukan Harga Jual

Tips yang selanjutya yaitu menentukan harga jual produk, disini Anda harus menentukan harga yang tepat. Pastikan harga jual produk Anda lebih tinggi dari harga Anda membeli produk ke suplier. Disini Anda harus dapat mengatur harga yang pas, yakni tidak terlalu mahal dan tidak terlalu rendah, yang paling penting adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan dan mendapatkan pelanggan.

Biasanya para reseller menjual harga dengan profit 10% – 20%, misalkan Anda membeli produk ke suplier dengan harga Rp. 200.000, maka Anda bisa menjualnya ke pelanggan sebesar Rp. 220.000 – Rp. 250.000. Harga yang pas akan membuat pelanggan tidak merasa curiga dan tidak akan mudah berpaling ke toko online lainnya.

6. Sistem Pelayanan

Meskipun produk berkualitas, harga sangat murah, hal itu belum bisa menjamin kesuksesan bisnis reseller Anda. Ada satu lagi yang harus Anda lakukan yaitu memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggannya. Sistem pelayanan yang baik seperti senyum, sapa, salam, sopan dan santun terhadap pelanggan. Berikan respon yang baik ketika ada yang memesan barang.

7. Berikan Diskon

Langkah sukses bisnis reseller yang terakhir adalah memberikan diskon kepada palanggan Anda. Orang-orang pastinya akan sangat senang bila ingin membeli barang yang terdapat diskonnya. Berikan diskon yang efisien dimana Anda masih tetap mendapatkan keuntungan dari jualan produk Anda. Dengan begitu, pelanggan akan semakin banyak dan keuntungan yang didapatkan juga akan semakin banyak.

Baca juga:  Tahapan Bisnis Budidaya atau Ternak Lele Paling Menguntungkan Saat Ini

Demikian beberapa informasi mengenai 7 langkah sukses membangun bisnis reseller, pemula wajib tahu! Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga perbedaan mekanisme reseller dan dropship.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya6 Contoh Usaha Dengan Modal Kurang Dari 5 Juta
Artikel selanjutnya10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Supaya Lebih Hemat
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar