Beranda Bisnis 7 Langkah Sukses Memulai Usaha Kuliner, Pemula Wajib Tahu!

7 Langkah Sukses Memulai Usaha Kuliner, Pemula Wajib Tahu!

7 Langkah Sukses Memulai Usaha Kuliner
Image: Pixabay

Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis paling memungkinkan untuk waktu jangka panjang. Setiap orang pastinya butuh makanan setiap harinya, bila menjalankan bisnis ini pastinya akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang ya kan. Selama manusia masih hidup, maka bisnis makanan akan terus berjalan. Disinilah yang menjadi modal penting untuk membangun sebuah bisnis kuliner.

Menjalankan bisnis kuliner pastinya ada keuntungan dan kerugian yang bisa Anda dapatkan nantinya. Seperti yang kita lihat, bahwa makanan tidak bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama, apabila tidak laku maka itu akan menjadikan kerugian. Maka dari itu, disini Anda harus memikirkan bagaimana caranya agar makanan yang Anda jual laku setiap harinya.

Disini juga Anda harus mampu bersaing dengan orang lain, pastinya ada salah satu penjual yang memiliki kesamaan dengan apa yang Anda jual. Disinilah kerja keras yang tinggi harus Anda keluarkan supaya bisnis kuliner Anda maju. Pemikiran yang efektif juga harus ada pada diri Anda supaya bisnis kuliner Anda tidak kalah saing dengan kuliner milik orang lain.

Langkah memulai usaha kuliner bisa dibilang susah-susah gampang, tergantung bisnis kuliner apa yang Anda lakukan. Pastinya ada cara-cara bagaimana supaya bisnis kuliner Anda berhasil. Berikut adalah 7 langkah sukses memulai usaha kuliner!

1. Tentukan Bisnis Kuliner Apa yang Akan Dibuat

Langkah awal ini adalah langkah paling penting untuk dilakukan supaya kedepannya bisa lebih mudah untuk menjalankan bisnis kuliner Anda. Tentukan terlebih dahulu bisnis kuliner apa yang akan dibuat, pikirkan secara matang mengenai bisnis yang akan dijalankan. Anda harus membayangkan bagaimana bisnis kuliner yang akan Anda jalankan kedepannya.

Baca juga:  Persiapan Buka Usaha Online Yang Menguntungkan

Beragam jenis bisnis kuliner sudah banyak terpapar di kalangan masyarakat, Anda tinggal menentukan selera orang-orang akan lebih tertarik ke kuliner seperti apa. Beberapa jenis kuliner yang sudah ada seperti Mie Ayam, Bakso, Ayam Geprek, Getuk Goreng, Pizza dan lain-lain. Anda bisa juga membuat brand sendiri mengenai kuliner yang akan Anda buat nantinya.

2. Keunikan Bisnis Kuliner Anda

Apabila jenis bisnis kuliner sudah ditentukan, maka Anda harus membuat keunikan tersendiri kuliner Anda dibandingkan dengan kuliner orang lain. Keunikan menjadi salah satu ciri khas penting yang dapat selalu diingat oleh orang-orang bila sudah mencicipi makanan. Mereka pastinya akan lebih memilih kuliner yang enak dan unik dibandingkan yang biasa-biasa saja.

Contoh dari langkah memulai bisnis kuliner seperti halnya Anda membuat usaha kuliner Mie Ayam, disini Anda harus mewarnai rasa Mie Ayam yang unik. Pastikan rasa Mie Ayam milik Anda berbeda dengan tempat usaha lainnya. Apabila cita rasa Mie Ayam Anda dapat diterima oleh masyarakat, tentu bisnis kuliner Anda akan semakin maju. Keuntungan yang besar pun akan didapatkan oleh Anda nantinya.

3. Pelayanan yang Baik

Pelanggan adalah nomor satu yang dapat menjadikan kunci kesuksesan bisnis kuliner Anda. Maka dari itu, pelanggan harus diberikan perlakuan yang baik, disini Anda harus memastikan sistem pelayanan yang baik itu bagaimana, mulai dari berbicara, bersikap dan lain-lain. Jangan sampai pelanggan akan merasa kecewa hanya gara-gara pelayanannya yang kurang baik.

Anda harus menyeleksi karyawan dari segi karakter dan juga sikap, pastikan mereka harus memiliki sikap yang lemah lembut dan bisa mengayomi pelanggan. Dengan begitu, pelanggan yang diberikan pelayanan baik akan datang kembali ke tempat usaha Anda. Meskipun kualitas makanan enak, pelanggan bisa saja hilang meski hanya karena pelayanan yang kurang baik.

Baca juga:  Usaha Sampingan yang Cocok Untuk Siswa SMA dan SMK

4. Bersaing Secara Sehat

Menjalankan sebuah bisnis biasanya ada persaingan antara tempat usaha yang satu dengan yang lainnya. Biasanya kuliner yang mereka jual memiliki kesamaan, namun sesuatu yang membedakannya. Apabila salah satu tempat usaha itu laris, yang satu merasa iri karena tidak memiliki banyak pengunjung yang membeli kulinernya, sehingga mereka kesal.

Persaingan seperti ini sering terjadi antara pebisnis satu dengan yang lainnya. Disini Anda harus bisa bersaing secara sehat tanpa melakukan hal-hal buruk yang membuat usaha orang lain celaka. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk bersaing secara sehat ialah memberikan pelayanan yang baik, tempat dibuat lebih nyaman, harga lebih murah dan lain-lain.

5. Perizinan

Membangun bisnis pastinya ada sistem perizinan di dalamnya. Disini Anda harus mengetahui terlebih dahulu sistem perizinan untuk membuka bisnis kuliner Anda. Apabila sudah mendapatkan izin, maka Anda dapat membuka bisnis kuliner secara legal di Indonesia. Seperti contoh bila Anda ingin membuat CV, maka Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana prosedur pengajuan CV tersebut.

6. Aktivitas Bisnis

Langkah memulai bisnis kuliner yang selanjutnya ialah melakukan aktivitas bisnis. Disni Anda harus menentukan terlebih dahulu aktivitas apa saja yang ada dalam bisnis Anda. Beberapa contoh aktivitas yang dapat dilakukan seperti strategi, operasional, pemasaran, keuangan, sdm dan lain sebagainya. Aktivitas tersebut harus bisa Anda atur sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda.

7. Sumber Penghasilan

Apabila bisnis kuliner Anda berhasil, pastinya Anda akan mendapatkan sumber penghasilan. Disini Anda harus bisa mengatur sumber penghasilan tersebut, seperti halnya soal gaji karyawan, uang untuk membeli bahan-bahan, dan uang untuk ditabungkan. Dengan begitu, Anda akan tahu berapa penghasilan yang didapatkan oleh Anda setiap harinya. Apabila menurun, Anda harus melakukan pengecekan sebaik mungkin mengenai bisnis kuliner yang Anda jalankan.

Baca juga:  Merubah Sampah Menjadi Ladang Bisnis Yang Menguntungkan

Demikian beberapa informasi mengenai 7 langkah sukses memulai bisnis kuliner. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga usaha kuliner yang banyak diminati.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya10 Cara Memulai Bisnis Properti Dijamin Sukses
Artikel selanjutnya6 Contoh Usaha Dengan Modal Kurang Dari 5 Juta
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar