Beranda Bisnis Ini Dia 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online

Ini Dia 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online

7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online
Image: Pixabay

Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang dilakukan dengan menggunakan perantara media internet. Bisnis online kini menjadi salah satu bisnis yang paling menguntungkan, khususnya anak-anak milenial yang sekarang banyak menggunakan gadget dalam kesehariannya. Apabila mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini, keuntungan yang besar akan didapatkan oleh mereka.

Sayangnya anak muda jaman sekarang masih banyak yang tidak memanfaatkan adanya teknologi canggih. Mereka lebih memilih untuk bermain game, chatting dan hal-hal lainnya yang tidak bermanfaat. Padahal dengan smartphone saja mereka sudah bisa latihan membangun bisnis online. Akan sia-sia bila smartphone yang dimiliki tidak dimanfaatkan dengan baik.

Bisnis online bisa dijadikan sebagai kerja sampingan maupun pokok. Dengan adanya bisnis online ini manusia akan lebih mudah dalam mengelola bisnisnya. Mereka bisa melakukan interaksi tanpa bertemu secara langsung, yakni dengan adanya bantuan internet. Adanya internet dapat mendorong Anda untuk mencari sumber penghasilan utama secara cepat dan akurat.

Untuk memulai bisnis online, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana caranya supaya bisnis online yang akan Anda jalankan berhasil. Ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum membangun bisnis online. Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis online.

1. Tentukan Bisnis Online Apa yang Akan Dibuat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis online adalah menentukan bisnis apa yang akan dibuat. Hal inilah yang menjadi modal awal para pebisnis online sebelum berlanjut ke langkah selanjutnya. Untuk menentukan bisnis yang akan dibuat diperlukan pemikiran sematang mungkin supaya tidak beresiko kedepannya.

Baca juga:  Memulai Bisnis, Ketahui 8 Hal Berikut Ini Agar Usaha Anda Sukses

Beragam jenis bisnis online yang bisa Anda buat seperti jualan online, penyedia jasa online dan lain-lain. Bahkan bisnis yang biasa dilakukan secara nyata kini sudah bisa dilakukan secara online. Misal saja seperti berjualan sepatu, orang-orang nantinya dapat membeli secara langsung datang ke toko atau juga bisa dipesan secara online dan barang akan dikirim oleh si penjual.

Apabila keputusan Anda sudah bulat, Anda tinggal mengembangkannya saja supaya bisnis online yang Anda jalankan lebih maju.

2. Melakukan Riset Pasar

Setelah menentukan bisnis online yang dibuat, langkah selanjutnya yaitu meriset pasar. Anda harus melakukan langkah ini agar fondasi bisnis online Anda menjadi lebih kuat. Data-data penting akan Anda dapatkan dengan melakukan riset pasar. Namun keputusan yang harus diambil harus berdasarkan data-data yang objektif bukan opini maupun asumsi pribadi.

3. Mencari Tren yang ada Di Media Sosial

Tips Memulai Bisnis Online yang selanjutnya ialah mencari tren yang ada di media sosial. Pastikan bisnis yang Anda bangun harus bisa dinikmati oleh konsumen kedepannya. Apabila bisnis yang Anda jalankan memiliki waktu jangka panjang, kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak akan memungkinkan.

Media sosial menjadi salah satu tempat yang paling ampuh untuk mencari pelanggan. Dengan adanya media sosial, produsen akan lebih mudah untuk mempromosikan produknya secara cepat.

4. Bergabung Ke Forum (Grup)

Tips yang keempat selanjutnya ialah dengan bergabung ke grup-grup atau forum di media sosial. Melalui forum Anda dapat belajar bagaimana caranya agar bisnis online milik Anda berkembang. Anda juga dapat bertanya-tanya seputar kendala yang dihadapi, apabila Anda tidak malu bertanya, segala informasi akan terus mengalir pada diri Anda.

Baca juga:  Pantangan dalam Bisnis Yang Tidak Boleh Dilakukan

Pastikan Anda bergabung ke forum atau grup yang benar-benar bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadikan forum sebagai pusat solusi masalah yang Anda hadapi. Selain itu, forum atau grup juga dapat menambah jumlah teman Anda di media sosial. Dengan begitu, bisnis online yang Anda jalankan akan berjalan dengan lancar.

5. Menganalisa

Langkah yang selanjutnya ialah menganalisa bisnis online yang Anda jalankan. Sebuah bisnis tidak dapat berjalan sendiri, di dalamnya perlu proses yang harus digerakkan supaya terus berkembang. Maka dari itu, Anda harus mampu menganalisa terlebih dahulu apakah bisnis online milik Anda kedepannya dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Selain itu, Anda juga harus menganalisa segala hal yang menyangkut bisnis online Anda. Seperti halnya bila Anda bekerjasama dengan orang lain untuk mengelola sebuah bisnis. Analisa yang harus Anda lakukan harus seksama terhadap apa yang dilakukan oleh diri Anda sendiri dan juga orang lain. Dengan begitu, bisnis yang Anda jalankan tentu akan berhasil.

6. Buat Produk Sendiri

Nah bagi yang ingin benar-benar menjalankan sebuah bisnis online, Anda harus membuat produk sendiri. Biasanya untuk membuat produk sendiri memiliki keterbatasan pada modal yang harus dikeluarkan. Hal ini yang menjadi kesulitan orang-orang dalam menjalankan sebuah bisnis. Maka dari itu, Anda harus mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum memulai bisnis Anda. Atau bisa juga dengan mencari suntikan dana dari investor.

Bila modal sudah terkumpul, yang harus Anda lakukan ialah mengelola bisnis Anda. Pastikan bisnis online tersebut dapat dikelola dengan baik, Anda harus terus menerus mengelolanya sampai menghasilkan pundi-pundi rupiah ke tangan Anda. Seperti halnya Anda menulis sebuah artikel di blog, Anda bisa menulis di blog sendiri ataupun di blog orang lain.

Baca juga:  4 Penyebab Utama Kegagalan dalam Sebuah Bisnis

7. Share

Langkah yang terakhir adalah mempromosikan bisnis online yang Anda buat. Beragam jenis media promosi online yang dapat Anda lakukan seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter dan berbagai jenis media sosial lainnya. Langkah ini sangat cocok dilakukan untuk mengembangkan bisnis online Anda supaya berhasil kedepannya.

Demikian beberapa informasi mengenai 7 tips jitu memulai bisnis online. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih. Jangan lupa baca juga Kelebihan Membuka Bisnis Online Di Instagram dan Facebook.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya6 Langkah Sukses Membangun Bisnis Dropship
Artikel selanjutnya10 Tips Ampuh Memulai Bisnis Rumahan Dijamin Sukses
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar