Beranda Bisnis 7 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Mendapatkan Keuntungan

7 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Mendapatkan Keuntungan

7 Tips Mengatur Keuangan Usaha Untuk Mendapatkan Keuntungan
Image: Pixabay

Keuangan seringkali menjadi permasalahan kompleks yang sering dialami oleh pengusaha. Terlebih bagi mereka yang baru saja meluncurkan bisnis barunya. Manajemen keuangan yang diterapkan harus benar untuk menghindari kerugian. Bagaimanapun juga keuangan dapat menjadi pondasi dalam sebuah bisnis agar dapat terus bertahan.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, Anda bisa mempekerjakan seorang manajer keuangan yang handal atau berkonsultasi jika ingin melakukannya sendiri. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui cara mengatur keuangan bisnis yang baik untuk menunjang kelangsungan usaha.

Jika baru-baru ini Anda meluncurkan sebuah bisnis, tips mengatur keuangan bisnis di bawah ini dapat membantu Anda. Ini akan sedikit mengurangi resiko kesalahan pengelolaan keuangan yang seringkali menjadi penyebab kebangkrutan.

Tips Mengatur Keuangan Bisnis

1. Memantau Pengeluaran

Memang benar, bisnis yang baru saja diluncurkan seringkali boros dalam pengeluaran. Berbagai hal ingin dimaksimalkan tanpa sistem monitoring yang baik. Pengeluaran bisa berasal dari berbagai hal seperti mempekerjakan banyak staf untuk bagian tertentu. Menambah fasilitas kantor yang tidak terlalu berpengaruh terhadap bisnis.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk memantau pengeluaran sehingga dapat mengatur keuangan dengan baik. Ketika bisnis Anda sudah mulai berkembang, memiliki pasar yang luas serta banyak karyawan, sudah saatnya Anda mempekerjakan manajer keuangan profesional. Kemampuannya dalam menganalisa keuangan akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan bisnis.

2. Manajemen Cash Flow yang Baik

Cash flow dapat diartikan sebagai aliran kas atau aliran keuangan dalam sebuah perusahaan. Manajemen cash flow juga penting dalam mengatur keuangan bisnis. Banyak bisnis yang gulung tikar karena kehabisan modal atau mengalami kerugian besar.

Baca juga:  9 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet Sambil Rebahan

Sebagai pengusaha harus mengetahui, keuangan dalam perusahaan akan terus berputar. Jika Anda tidak mampu memanajemen cash flow yang baik, bisnis Anda tengah berada di posisi yang sangat berbahaya.

Jangan sampai pengeluaran tidak sebanding dengan pemasukan yang didapat. Cash flow dapat berasal dari berbagai hal seperti pemasukan dari penjualan produk, invetasi, hasil pinjaman dari pihak lain, pengeluaran untuk pekerja, biaya operasional, pembayaran hutang dan lain sebagainya. Banyaknya hal tersebut yang membuat cash flow harus dikelola dengan baik.

3. Batasi Pengeluaran Tetap Anda di awal

Pada awal bisnis, pengeluaran benar-benar harus dijaga dengan baik. Atur anggaran pengeluaran sejak awal sehingga tidak kebablasan dalam menggunakan uang. Pengeluaran yang rendah juga menjadi salah satu kunci agar bisnis dapat bertahan dalam waktu yang lama. Mengatur keuangan bisnis memang tidak mudah, tapi dengan membatasi pengeluaran sejak awal akan sangat membantu.

Untuk bisnis yang baru dimulai, Anda tak perlu membangun kantor besar di tengah kota. Itu sangat boros dalam segi keuangan karena belum tentu pemasukan perusahaan dapat menutupi biaya pembangunan kantor tersebut. Seringkali pengusaha terlalu fokus pada penambahan fasilitas kantor agar terlihat mewah, dan lupa tujuan utamanya adalah menghasilkan keuntungan dari bisnis tersebut.

4. Siapkan Keuangan Jika Hal Buruk Terjadi

Baik pengusaha, karyawan perusahaan tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi terhadap perusahaan tersebut. Untuk itu, mempersiapkan keuangan untuk keadaan yang paling buruk perlu dilakukan.

Anggarkan beberapa persen dari penghasilan Anda sebagai cadangan keuangan bisnis Anda. Jika Anda masih bekerja, ini akan lebih mudah dalam mengatur keuangan cadangan. Penghasilan dari pekerjaan akan membantu keuangan bisnis Anda. Jadi, jangan tinggalkan pekerjaan Anda jika pendapatan dari bisnis belum bisa menggantikan penghasilan saat kerja. Simpan cadangan keuangan dalam bentuk investasi saham, atau hal lain yang lebih aman dari kerugian.

Baca juga:  10 Cara Mengatur Gaji Bulanan Supaya Lebih Hemat

5. Ingat, Waktu Adalah Uang

Anda tentu sering mendengar kalimat tersebut, “Waktu Adalah Uang”. Memang sudah seharusnya, sebagai pengusaha harus memanfaatkan waktu dengan baik. Ubah setiap waktu yang digunakan menjadi sebuah pemasukan.

Anda dapat membuat sebuah jadwal kegiatan sehari-hari, dan pastikan kegiatan tersebut berguna dalam bisnis Anda. Jangan sampai terdapat kegiatan yang sama sekali tidak bermanfaat, itu sama saja membuang-buang uang. Luangkan waktu diakhir pekan untuk mengevaluasi kegiatan Anda. Penggunaan waktu yang baik sama saja Anda menghargai sebuah uang, dan tidak akan menggunakannya secara percuma. Itu menjadi salah satu ciri dari seorang pengusaha yang sukses dalam mengatur keuangan bisnis.

6. Cari Pelanggan Sebanyak Mungkin

Sebuah bisnis tak ada artinya jika tidak memiliki pelanggan. Anda harus mempelajari bagaimana cara mendapatkan pelanggan yang banyak. Namun untuk mendapatkan pelanggan, diperlukan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu melakukan promosi, peningkatan layanan yang semuanya membutuhkan uang.

Jika Anda sudah menemukan caranya, lakukan optimasi untuk menurunkan biaya tersebut. Ini menjadi salah satu cara mengatur keuangan bisnis agar lebih terjaga. Kuasai satu pasar pelanggan terlebih dahulu, kemudian baru mencoba pasar lain untuk memberbesar bisnis Anda. Dengan ini, keuangan perusahaan akan tetap terjaga karena pemasukan dan pengeluaran dapat dikontrol dengan baik.

7. Pastikan Anda membayar sendiri

Seorang pengusaha bisa diibaratkan sebagai pemimpin, ia harus berkorban agar perusahaannya dapat berkembang. Segala kerja kerasnya didedikasikan untuk bisnis yang sedang dikelola. Anda Tak perlu mempekerjakan office boy jika membuat kopi, menyapu lantai masih bisa dikerjakan sendiri. Itu akan menghemat pengeluaran perusahaan.

Persiapkan juga diri Anda untuk menerima penghasilan yang kecil dari bisnis tersebut. Jangan terlalu fokus untuk mendapatkan uang banyak dari bisnis Anda, karena ada yang harus lebih diutamakan dibanding hal tersebut.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Berbisnis Dengan Mekanisme Dropship

Manajemen keuangan bisnis dalam sebuah perusahaan perlu dilakukan. Hal itu dapat mendorong pemasukan lebih besar dari pengeluaran sehingga akan menghasilkan sebuah keuntungan. Untuk itu, sudah selayaknya pengusaha menerapkan manajemen keuangan pada perusahaan yang dikelola.

Itu dia artikel tentang 7 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Untuk Mendapatkan Keuntungan, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga cara mengelola keuangan perusahaan y.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnyaTips Memulai Bisnis Ternak Lele di Lahan yang Sempit
Artikel selanjutnya6 Tips Mengelola Keuangan Perusahaan
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar