Beranda Keuangan 8 Tips Menghemat Uang Untuk Para Pelajar

8 Tips Menghemat Uang Untuk Para Pelajar

8 Tips Menghemat Uang Untuk Para Pelajar
Image: Pixabay

Masa-masa menjadi seorang pelajar memang mengasyikan. Tak perlu memikirkan bagaimana mencari uang, karena semuanya telah disediakan oleh orangtua. Dengan uang yang dimiliki, mereka dapat membeli apapun yang mereka inginkan mulai dari tas, sepatu, baju dan lain sebagainya. Itu jika mereka mendapatkan jatah uang jajan yang banyak dari orangtuanya.

Lantas, bagi mereka yang mendapat uang jajan yang nilainya kecil, tentu harus berhemat. Hasutan dari teman sekolah terkadang menyulitkan seorang pelajar untuk menghemat uang.

Ketahui bagaimana cara mengelola keuangan bagi pelajar, sehingga tidak tergoda dengan ajakan teman untuk boros. Dengan berhemat, uang bisa ditabung untuk keperluan lain yang dirasa lebih penting. Atau bahkan untuk mencoba bisnis kecil-kecilan yang bisa jadi sampingan disela-sela sekolah. Berikut ini Tips Mengelola Keuangan untuk para pelajar agar hemat:

1. Jangan Pergi Ke Minimarket Saat Lapar

Pernahkan kalian melakukan hal ini ? Jika pernah, coba ingat-ingat apa saja yang kalian beli. Ketika kalian pergi ke minimarket dalam keadaan lapar, kalian akan kesulitan untuk tidak membeli banyak makanan. Rasa lapar tersebut mendorong kalian untuk membeli apa saja yang dilihat. Ini jelas tidak masuk dalam pengelolaan keuangan bagi pelajar yang baik.

Usahakan saat ke minimarket sudah dalam keadaan kenyang, sehingga tidak menimbulkan rasa ingin membeli makanan dalam jumlah banyak. Kalian akan fokus dengan barang yang dicari untuk dibeli. Jadi tidak akan banyak uang yang akan dikeluarkan.

Baca juga:  10 Tips Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan

2. Tentukan Batasan Makan di Luar

Sudah menjadi kebiasaan umum, pelajar jaman sekarang suka nongkrong di café atau tempat makan lain. Jika hal itu dilakukan rutin, kalian tak akan bisa mengehemat uang. Makanan-makanan yang dijual di tempat tersebut bisa dibilang cukup mahal.

Oleh karena itu, coba untuk menentukan batasan kalian ketika makan di luar dalam satu bulannya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berapa banyak uang yang akan dikeluarkan dan sesuaikan dengan keuangan yang ada. Jika ingin lebih berhemat, pergilah ke tempat makan yang enak bersama keluarga, orangtua kalian tentu akan membayar semua makanan yang dihabiskan.

3. Berhenti Merokok

Khususnya di Indonesia, banyak pelajar yang sudah berani untuk merokok. Mereka menggunakan uang yang seharusnya untuk jajan, justru untuk membeli sebatang rokok. Seperti yang semuanya tau, rokok dapat membuat penghisapnya kecanduan. Seorang yang sudah kecanduan terhadap rokok, tidak akan bisa menyisihkan uangnya untuk disimpan. Umumnya perokok sehari minimal menghisap 1-3 batang rokok. Jadi sudah tidak ada kesempatan bagi pelajar perokok untuk bisa mengelola keuangannya dengan baik.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Ketika orangtua sudah memberikan uang tagihan sekolah, segera bayarkan tagihan tersebut. Jangan menunda-nunda dengan alasan apapun. Biasanya, jika telat membayar tagihan akan langsung dikenakan sanksi berupa penambahan jumlah tagihan.

Ini menjadi tanggung jawab kalian untuk menambah kekurangan itu. Bagaimana jika kalian tidak memiliki tabungan untuk menambah kekurangan itu. Lagi-lagi kalian akan merepotkan orangtua. Ada baiknya buat catatan agar kalian tidak lupa membayar tagihan yang harus dibayar tepat waktu.

5. Gunakan Transportasi Umum, Sepeda atau Jalan Kaki

Fasilitas umum yang tersedia di tempat kalian tinggal coba digunakan semaksimal mungkin. Ketika lokasi sekolah dirasa jauh, kalian bisa menggunakan transportasi umum. Biayanya terbilang cukup murah, tidak akan menganggu keuangan Anda.

Baca juga:  7 Tips Cepat Melunasi Hutang Yang Wajib Kamu Tahu!

Terlebih jika orangtua sudah menyediakan anggaran sendiri untuk hal ini. Beruntung jika lokasi sekolah kalian dekat dengan tempat tinggal. Kalian tak perlu menggunakan  transportasi umum berbayar. Jalan kaki saja atau naik sepeda jika punya, selain sehat kalian jadi bisa menghemat uang jajan.

6. Bawa Bekal Makan Sendiri

Memilih untuk membawa makanan dari rumah juga menjadi pilihan yang tepat. Dengan ini, uang yang diberikan orangtua untuk jajan bisa ditabung untuk keperluan lain. Makanan dari rumah juga lebih sehat dibanding membeli makanan dipinggir jalan ataupun kantin sekolah. Kalian bisa request menu makan ke ibu untuk bekal kalian di sekolah.

Selain bisa berhemat, kalian akan mendapatkan makanan yang memang disukai. Terkadang makanan yang dijual dipinggir jalan atau kantin sekolah memiliki rasa yang kurang. Untuk itu, coba biasakan untuk membawa bekal makanan dari rumah untuk menghemat uang.

7. Tinggal Bersama Saudara

Bagi kalian yang menempuh pendidikan di luar kota, tentu membutuhkan tempat tinggal. Umumnya pelajar memilih menyewa kos daripada menyewa satu rumah penuh. Tapi tetap saja itu akan menambah pengeluaran.

Saran yang bisa dicoba adalah dengan tinggal bersama saudara yang rumahnya dekat dengan tempat belajar. Selain gratis, biaya makan kalian mungkin juga akan ditanggung. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak uang yang bisa disimpan.

8. Manfaatkan WiFi Gratis

Saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi semua orang. Terlebih bagi pelajar, mereka membutuhkan akses internet untuk menyelesaikan tugas, menonton film ataupun berkomunikasi dengan orangtua yang berjauhan. Beberapa tempat seperti di sekolah, kampus, atau tempat umum lain biasanya menyediakan akses WiFi gratis. Kalian tak perlu lagi membeli paket data internet besar yang harganya cukup mahal untuk digunakan sehari-hari.

Baca juga:  7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga Supaya Lebih Efektif

Sebagai pelajar, memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan menjadi nilai plus. Itu menunjukan bahwa kalian menghargai apa yang dimiliki. Apalagi uang tersebut berasal dari orangtua, tentu harus digunakan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Dengan menghemat uang berarti kalian sudah bisa menabung. Kalian bisa menggunakan uang tersebut dalam keadaan mendesak, sehingga tidak merepotkan orangtua lagi. Oya, jangan lupa juga baca tips efektif menurunkan pengeluaran bulanan ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar