Beranda Umum Apa Itu Berjualan Secara Dropship dan Bagaimana Cara Untuk Memulainya?

Apa Itu Berjualan Secara Dropship dan Bagaimana Cara Untuk Memulainya?

Apa Itu Berjualan Secara Dropship dan Bagaimana Cara Untuk Memulainya?
Image: Pixabay

Dropship merupakan salah satu bisnis jual beli online dimana anda tidak perlu menyediakan produk secara langsung. Dropship menjadi salah satu bisnis online yang paling menguntungkan, hal ini dikarenakan anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Anda cukup menyediakan smartphone saja dengan koneksi internet sudah bisa melakukan bisnis online yang satu ini.

Bisnis Dropship menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan bila dibandingkan dengan bisnis lainnya. Bisnis yang satu ini dapat juga dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, apalagi bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah. Dengan menjalankan bisnis dropship, anda bisa menambah uang saku anda. Dengan begitu, anda secara tidak langsung juga dapat meringankan beban kedua orang tua anda.

Untuk menjalankan bisnis dropship ini, ada beberapa hal yang harus anda lakukan supaya berhasil. Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis dropship yang harus anda ketahui!

1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan produk yang akan dijual. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa anda jual, sebaiknya anda menjual produk sesuai dengan hobi anda saja. Hal itu akan memudahkan anda dalam proses penjualan barang nantinya. Langkah yang pertama ini harus benar-benar dipikirkan secara matang.

Berbagai jenis produk yang bisa anda jual seperti pakaian olahraga, pakaian untuk anak-anak, sepatu sekolah dan lain-lain. Apabila anda hobi sepakbola, sebaiknya anda menjual produk yang bertemakan dengan olahraga seperti jersey, sepatu sepakbola, kaos kaki, deker, dan lain-lain.

Baca juga:  6 Cara Penting Mencegah Virus Corona (COVID19) Agar Tidak Terinfeksi

2. Tentukan Target

Langkah yang kedua yaitu menentukan target yang akan dituju. Bila anda sudah menentukan produk apa yang dijual, kemudian tentukan terget ke siapa produk anda akan dijual. Dengan menentukan target tujuan akan membuat anda lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dropship anda. Sehingga, bisnis yang anda jalankan tentu akan berjalan dengan lancar.

Seperti halnya anda akan menjual berbagai macam produk bertemakan olahraga. Maka anda akan mempromosikannya kepada orang-orang yang suka berolahraga baik anak kecil maupun dewasa. Misalkan anda menjual sepatu futsal, pastinya target yang dituju kebanyakan adalah anak laki-laki. Dengan begitu, usaha anda akan lebih fokus dan berjalan dengan lancar.

3. Selalu Online

Tips yang selanjutnya yaitu HP anda harus selalu online. Pembeli bisa menanyakan barang yang anda jual dalam waktu kapan saja. Yang terpenting ialah anda harus online dalam jam-jam tertentu yang menjadi aktivitas orang-orang untuk melihat produk yang anda jual.

Selain itu, anda juga harus cepat dalam merespon pertanyaan-pertanyaan pelanggan ketika menanyakan produk yang anda jual. Jangan sampai pelanggan akan pergi ke toko lain, gara-gara respon anda yang lalai dan kurang cepat dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Maka dari itu, anda juga harus memahami barang yang anda jual sedetail mungkin mulai dari ukuran, jenis-jenisnya, dan lain-lain.

4. Memiliki Toko Online Sendiri

Tips yang satu ini juga menjadi salah satu langkah yang paling penting dalam menjalankan bisnis dropship milik anda. Buatlah toko online semenarik mungkin dengan kata-kata yang mudah terbaca oleh pengunjung. Jangan lupa juga membuat logo sebaik mungkin sebagai ciri khas dari toko online milik anda. Dengan begitu, bisnis dropship anda akan terlihat profesional.

Baca juga:  Maulid Nabi, Mengenal Rasulullah SAW Lebih Dekat, Berikut Biografinya

Pembeli seringkali menanyakan hal ini sebagai bukti bahwa anda adalah benar-benar penjual asli yang tidak menipu. Selain itu, pembeli juga ingin melihat berbagai jenis produk lainnya yang anda jual. Siapa tahu ia lebih tertarik dengan jenis produk lainnya yang ada di dalam toko online anda. Maka dari itu, memiliki toko online sendiri sangatlah penting bagi anda yang ingin memulai bisnis dropship.

5. Rajin Memposting produk

Tips yang selanjutnya yaitu anda harus rajin dalam memposting produk setiap harinya. Anda harus terus memantau suplier anda, apakah ada produk baru yang baru diposting. Anda tinggal mengambil gambar tersebut kemudian dipromosikan melalui toko online anda. Setiap harinya sebaiknya memposting produk minimal 5 gambar supaya lebih menjangkau para pelanggan.

Demikian beberapa informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih. Jangan lupa baca juga langkah sukses membangun bisnis dropship.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaMenabung Agar Kaya?, Ikuti 8 Tips Ampuh Berikut Ini
Artikel selanjutnyaPerbedaan Mekanisme Dropship dan Reseller
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar