Beranda Umum Biaya Membuat Blog WordPress Self Hosting, Berapa Sih Biaya yang Dibutuhkan?

Biaya Membuat Blog WordPress Self Hosting, Berapa Sih Biaya yang Dibutuhkan?

Biaya Membuat Blog Wordpress Self Hosting, Berapa Sih Biaya yang Dibutuhkan?

Apakah kamu sedang mencari referensi untuk biaya membuat Blog WordPress?, jika memang iya kamu sedang berada pada artikel yang tepat, sebenarnya untuk membuat blog banyak pilihan yang bisa kamu pilih, seperti menggunakan platform Blogger atau jenis platform lainnya. Tentu saja alasan mereka memulai ngeblog bukan hanya untuk menyalurkan hobi tapi juga untuk menghasilkan uang. Nah, pada artikel ini saya akan memaparkan berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu blog wordpress, Adapun disini saya akan memaparkan biaya membuat blog wordpress dari dua vendor hosting yaitu Bluehost (luar negeri) dan Rumahweb (dalam negeri).

#Biaya membuat blog wordpress menggunakan hosting Bluehost.com

Situs saya awalnya menggunakan hosting wordpress dari blueshost.com, alasan saya menggunakan bluehost karena rekomendasi dari official wordpress.org dan wpbeginner.com. Untuk biayanya sendiri berbeda antara tahun pertama dan kedua, untuk tahun pertama bluehost memberikan potongan harga seperti pada gambar berikut. Oya kemarin itu saya mengambil paket Basic.

Paket hosting wordpress bluehost

Berikut bukti bayar saya kepada bluehost pada tahun pertama sebesar $59.40. Seperti pada keterangan di atas saya mendapatkan $5 potongan dari harga dasarnya $7.99 dan mendapatkan gratis sewa domain selama satu tahun. Ini bagi saya termasuk potongan biaya yang wow.

Bukti bayar tahun pertama

Kemudian berikut ini adalah bukti tagihan domain ($17.99) dan hosting ($107.88) saya ditahun kedua, disini saya tidak mendapatkan lagi potongan harga, karena bluehost hanya memberikan potongan buat pelanggan ditahun pertama saja. Berikut bukti tagihan saya.

Oya sebagai informasi tambahan nilai tukar rupiah terhadap dolar ketika tahun pertama saya berlangganan di bluehost sekitar empat belas ribuan, dan pada tahun kedua nilai tukar rupiah sudah mencapai 15.700, pada tahun kedua ini saya sudah pindah ke rumah web, untuk detailnya kenapa saya pindah ke rumah web akan saya jelaskan di bawah.

Baca juga:  Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Wordpress.com dengan Mudah

#Biaya membuat blog wordpress menggunakan hosting Rumahweb.com

Alasan saya memilih rumahweb karena mereka memberikan layanan yang sangat baik walaupun harganya dalam tanda kutip menurut saya mahal, tapi no problem, harga mahal bisa tertutupi dengan pelayanan yang sangat baik, namun bukan hanya itu saja, dari segi performance blog saya juga sangat cepat dan tidak jauh beda dengan bluehost. Berikut bukti pembayaran saya ke rumahweb.

Biaya Hosting Rumahweb

Belakangan penyimpanan hosting sudah penuh karena saya hanya mengambil paket 1 Cloudlet yang hanya mempunyai penyimpanan satu giga kemudian saya upgrade lagi 2 Cloudlet jadi dua giga. Berikut bukti upgrade saya.

Bukti bayar upgrade hosting rumahweb

Jadi total yang harus saya bayar ke rumahweb Rp. 813.020.

#Harga theme blog ini (Newsmag)

Alasan saya memilih theme ini karena tampilannya yang fancy, jumlah pembelian sudah mencapai lima belas ribu lebih, dibuat oleh team elit tagDIV yang juga membuat theme Newspaper yang pembeliannya sudah mencapai sembilan puluh ribu lebih dan untuk kualitas tidak bisa diragukan lagi, itu dia alasan saya menggunakan theme ini. Untuk harganya sendiri $49.

#Alasan pindah ke Rumahweb

Adapun alasan saya pindah ke rumahweb dari blueshot karena tagihan datang disaat saya lagi butuh uang, karena uang hanya cukup untuk hosting di rumahweb, untuk alasan lain tidak ada sih. And you know what?, what make wordpress.org special?, Kamu bisa pindah hosting wordpress dari vendor A ke vendor B seperti yang saya lakukan tanpa harus khawatir kehilangan artikel, berubah setingan yang sudah kita set dan lainnya, dan-pun nanti saya bisa pindahkan lagi hosting seandainya saya butuh penyimpanan yang lebih banyak dengan performance blog yang super dan harga murah maka saya akan pilih bluehost.

Baca juga:  Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger dengan Mudah

#Kesimpulan

Dalam memilih tempat hosting tidak muluk-muluk, kalau saya pribadi rekomendasiin tempat hosting yang pelayanannya best, terus vendor tersebut rekomandasi dari situs-situs besar seperti wordpress.org, wpbeginner.com dan yang paling penting harga bersaing kalaupun mahal sedikit tidak masalah selama pelayanan bagus.

Curhat sedikit, saya pernah handle wordpress teman saya yang kebutulan hosting situsnya di salah satu vendor dalam negeri tidak terlalu terkenal menurut saya, tapi perusahaan mereka sudah PT, yang perlu kamu tahu pelayanan mereka sangat buruk, coba bayangin saya punya trouble tidak bisa update ke wordpress terbaru dan saya lapor dong sama vendor tersebut, tapi mereka hanya memberikan link tutorial kepada saya, berulang kali saya message namun mereka hanya memberikan link tutorial, padahal saya berharap mereka balas Salam, Silahkan diinformasikan username dan password login ke admin agar dapat kami periksa.  eh kalau hanya link tutorial di internet buanyak dan saya bisa cari sendiri.

Berikutnya juga Ketika pilih hosting sesuaikan dengan kebutuhan, sebagai contoh kamu untuk sementara hanya butuh 2GB penyimpanan terus untuk apa kamu harus berlangganan hosting hingga 50GB?, Tidak masalah sebenarnya, tapi yang jadi masalah makin besar penyimpanan yang diberikan vendor hosting maka makin mahal harganya. Apalagi kalau blog kamu belum menghasilkan.

Itu dia artikel mengenai Biaya Membuat Blog WordPress Self Hosting, semoga bermanfaat ya geng. Oya, jangan lupa baca juga artikel Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

7 KOMENTAR

  1. Kalo blog bgipin ini sudah menggubakan berapa GB storagenya mas? 1 GB itu dalam kira2 bisa untuk berapa artikel? terima kasih.

    • Untuk artikelnya sudah 240 post, trus untk plugin ada sekitar 32-an githu mas, dari dua gb itu yg sudah terpakai 1954 hampir 2gb🥺harganya 600rb pertahun mas, mahal sih, apalgi blognya jrang nulis trus penghasilan gak ada

      • Okay, soalnya saya belum pernah bikin blog di self-hosted, jadi perlu gambaran pemakaian storagenya untuk blog biasanya seperti apa. Sebelumnya hanya membuat landing page aja yang pemakaiannya paling banyak 100 Mb.

        600 ribu itu tapi oke ya mas karena dapat support yang bagus, posting 200+ dan plugin banyak juga. Oke trims infonya.

Komentar