Beranda Bisnis Bisnis Budidaya Ikan Air Tawar Yang Menguntungkan

Bisnis Budidaya Ikan Air Tawar Yang Menguntungkan

Gambar Budidaya Ikan

Untuk kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan tambahan atau sampingan mungkin usaha budidaya ikan air tawar bisa menjadi pilihan karena terbukti dapat memberikan potensi penghasilan yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan ikan air tawar memiliki banyak peminat karena rasa khasnya yang cukup enak dibanding ikan yang bukan hidup di air tawar.

Jadi dengan banyaknya peminat ikan  air tawar, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari budidaya ikan air tawar. Bagaimana cara budidaya ikan air tawar? untuk lebih jelasnya yuk langsung saja simak tahap-tahap berikut ini.

1. Siapkan Kolam Dengan Baik

Faktor utama berhasil atau tidaknya budidaya ikan air tawar tergantung dari kualitas kolamnya apakah sudah mumpuni untuk ditempati atau tidak. Persiapkan kolam kamu sebaik mungkin, kolam ikan air tawar bisa kamu buat dari terpal, beton, maupun hanya tanah asalkan selalu dijaga kebersihannya.

2. Siapkan Bibit atau Indukan yang Berkualitas

Tahap selanjutnya untuk budidaya ikan air tawar kamu bisa berhasil adalah dengan cara menyediakan bibit atau indukan yang berkualitas agar nantinya ikan yang kamu budidayakan tidak banyak mati. Selain itu bibit ikan yang berkualitas juga berpengaruh atas kecepatan pertumbuhan ikan tersebut.

3. Beri Pakan yang Baik

Bari pakan yang berkualitas pada ikan air tawar yang kamu budidayakan, pakan yang berkualitas bisa seperti belatung atau yang lebih dikenal dengan magot. Magot ini sangat cocok untuk hewan seperti ikan karena memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Selain memberi pakan yang terbaik sebaiknya perhatikan juga untuk memberi pakan ikan sebanyak 3 kali dalam sehari yakni pagi sore dan malam.

Baca juga:  Tips-Tips Memulai Bisnis Bagi Anak Muda Jaman Sekarang

4. Perhatikan Kondisi Lingkungan Kolam

Lingkungan yang mendukung juga berpengaruh terhadap cepat pertumbuhan ikan. Lingkungan yang mendukung seperti tidak tersentuh saluran limbah pembuangan dan usahakan beberapa cara agar air tetap berada pada suhu yang stabil.

Pengelolaan air yang tepat juga masuk dalam kondisi lingkungan kolam, untuk membudidayakan ikan air tawar usahakan tetap menjaga volume air. Volume air yang baik adalah tidak terlalu menyusut kedasar kolam dan juga tidak terlalu penuh hingga bibir kolam.

5. Pencegahan Penyakit

Mencegah ikan terserang penyakit biasanya dikarenakan kualitas air yang buruk dan juga ikan yang mati ikut menyebarkan penyakit ke ikan lainnya. Oleh karena itu untuk mencegah penyakit ikan yang sedang kamu budidayakan usahakan rutin untuk mengganti air kolam dan juga perhatikan untuk segera membuang ikan yang sudah mati dari dasar kolam jika ada ikan yang mati.

6. Tahap Panen

Yang terakhir adalah tahap panen yang dimana tahap ini adalah tahap yang paling ditunggu-tunggu oleh peternak ikan air tawar. Usia ikan air tawar yang siap panen biasanya kisaran 2 sampai 4 bulan.

Berapa keuntungan Budidaya Ikan Air Tawar?

Anggap saja kamu memiliki 1500 ekor ikan air tawar dengan sekitar 225 kg, untuk saat ini biasanya 1 kg ikan air tawar dihargai dengan Rp 20 ribu. Jadi dalam waktu 4 bulan ternak ikan air tawar kamu bisa kantongi pendapatan Rp 4,5 juta. Tentu semakin banyak jumlah ikan yang kamu miliki maka semakin besar juga potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Nah itulah tadi cara budidaya ikan air tawar yang menguntungkan, semoga artikelnya bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga tips memulai bisnis ternak lele.

Baca juga:  Cara Menggunakan Smartphone Android Untuk Berbisnis Online

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan FacebooK.

Artikel sebelumnyaTips-Tips Memulai Bisnis Bagi Anak Muda Jaman Sekarang
Artikel selanjutnyaCara Menjalankan Bisnis Online Agar Menguntungkan
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar