Beranda Keuangan Cara Kelola Uang Usaha Untuk Wiraswasta Yang Baik

Cara Kelola Uang Usaha Untuk Wiraswasta Yang Baik

Cara Kelola Uang Usaha Untuk Wiraswasta Yang Baik
Image: Pixabay

Apakah kamu sudah tahu cara mengelola uang usaha yang baik?, Mempunyai uang banyak memang satu keberkahan yang tidak semua orang bisa merasakannya.

Walaupun begitu bukan berarti uang Anda tidak akan habis, kalau Anda tidak pandai mengelola keuangan Anda siap-siap usaha Anda bangkrut karena modal yang tidak cukup lagi.

Banyak orang-orang kreatif diluar sana yang memiliki bisnis dengan modal kecil namun keuntungan jauh melebihi rata-rata. Atau bisa disebut keuntungannya justru melebihi modal awal.

Seperti contoh seorang pengrajin tas dari bahan bekas seperti plastik dan lain-lain. Mungkin awal mula mereka hanya mengeluarkan modal sedikit bahkan bisa jadi tanpa modal.

Namun ketika anda sudah memiliki keuntungan yang luar biasa besar anda juga tidak boleh lupa kalau roda itu terus berputar. Mungkin saat ini anda sedang berada di level atau ada di  titik paling atas tetapi sewaktu-waktu roda itu dapat berputar kebawah.

Jika saat ini anda merasa bahwa usaha anda sudah melejit pikirkan bagaimana usaha atau bisnis anda itu terus mengalami perkembangan. Pikirkan dan usahakan agar usaha anda itu tidak mengalami kemrosotan dengan catatan anda juga perlu hati-hati dalam menggunakan uang anda.

Jangan berpikiran bahwa saat ini anda memiliki modal yang begitu banyak lalu anda dengan cara jor-joran menggunakan uang itu. Lakukan semuanya dengan hati-hati dengan cara terus mengontrol semuanya yaitu antara pengeluaran dan pemasukan yang anda miliki, adapun cara mengelola uang agar uang anda tidak terbuang sia-sia diantaranya yaitu:

Daftar Isi

1. Carilah pekerja yang kompeten

Pertama-tama yang dilakukan oleh seorang wiraswasta apabila bisnisnya sudah mulai berkembang pesat adalah mencari pekerja tambahan agar usahanya semakin berkembang.

Baca juga:  8 Tips Menghemat Uang Untuk Para Pelajar

Ada satu hal yang harus selalu anda ingat bahwa saat anda mencari seorang pekerja anda harus melihat keseluruhan dari kepribadian, sikap maupun sifatnya. Carilah seorang pekerja yang rajin, disiplin, jujur dan dapat bertanggung jawab akan tugas-tugasnya.

Apabila anda mencari seorang pekerja hanya asal-asalan maka anda hanya akan membuang uang anda sia-sia dan akan membuat usaha anda hancur perlahan dikarena pekerja yang tidak dapat diandalkan.

2. Libatkan istri atau suami anda dalam bisnis tersebut

Alasan anda harus melibatkan antara keduanya adalah agar ada seseorang yang dapat selalu mengawasi dan mengingatkan anda ketika mengambil sebuah keputusan.

Selain itu mereka juga dapat berperan untuk mengelola keuangan yang anda miliki, sebab saat ini mencari seseorang yang jujur memang terkadang sangat sulit dan jarang dijumpai. Tak ayal bahwa orang terdekat kita pun juga dapat berbohong atu berprilaku tidak jujur.

3. Sisihkan uang bisnis dan uang pribadi

Segala keperluan keluarga atau rumah tangga sebisa mungkin harus anda jauhkan dari urusan pekerjaan. Kedua hal tersebut tidak dapat dijadikan satu, karena keduanya sudah menjadi dua hal yang berbeda.

Usahakan keuntungan atau uang bisnis anda dapat terus berkembang dan justru tidak berkurang. Sebab apabila uang tersebut digunakan untuk keperluan lain-lain maka anda akan kesulitan mengelolanya dan bahkan usaha anda pun akan terancam hancur.

Misalnya saja jika uang untuk bisnis anda itu digunakan untuk keperluan keluarga, ketika anda hendak membeli atau membutuhkan uang yang seharusnya untuk usaha justru tidak ada. Nah seperti itulah ilustrasinya, semua itu kembali lagi dengan pola pikir anda masing-masing.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Baca juga:  10 Tips Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan
Artikel sebelumnya5 Tips Investasi di Dunia Saham Yang Benar dan Menguntungkan
Artikel selanjutnyaMenabung Agar Kaya?, Ikuti 8 Tips Ampuh Berikut Ini
Everyday in dreaming, may Allah make my dream come true;)

Komentar