Beranda Tutorial Cara Memasang Widget pada WordPress dan Blogger dengan Mudah

Cara Memasang Widget pada WordPress dan Blogger dengan Mudah

Cara Memasang Widget pada Wordpress dan Blogger dengan Mudah
Image: Pixabay

Widget sangat penting untuk blog, karena di widgetlah kita akan menampilkan informasi seperti arsip blog, artikel popular, artikel terbaru, profile owner blog, form newsletter dan lainnya. Widget juga sangat berperan penting dalam menentukan diterima tidaknya google adsense. Oleh karena itu bagi kamu yang baru memulai ngeblog maka wajib memasang widget.

Nah, pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang widget pada wordpress  dan blogger dengan mudah. saya berharap sesudah kalian membaca artikel ini kalian sudah paham bagaimana cara memasang widget. Oya, bagi kalian yang belum tahu cara membuat membuat blog menggunakan blogger silakan baca artikel berikut dan bagi yang menggunakan wordpress.com bisa baca artikel berikut.

Oya bagi kamu yang ingin membuat blog menggunakan wordpress tapi ingin mempunyai hak akses penuh bukan seperti wordpress.com kamu bisa baca artikel biaya membuat blog menggunakan wordpress.org. Yok langsung saja simak tutorial berikut ini.

#Cara memasang widget pada wordpress.com

1Masuk Ke Halaman Widget. Sila lakukan login terlebih dahulu melalui link berikut Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman selamat datang kemudian klik tombol Situs Saya untuk masuk ke halaman beranda.

Masuk ke halaman beranda

Setelah itu silakan klik pada menu Admin WP untuk masuk kehalaman Admin wordpress.

Masuk ke halaman Admin WordPress

Selamat kamu sekarang sedang berada pada halaman Admin WordPress, kemudian sila dekatkan kursor ke menu Tampilan kemudian pilih Widget dan kamu akan dibawa ke halaman widget, perhatikan gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.

Masuk ke halaman widget

2Memasang widget. Untuk memasang widget pertama kali kamu harus menentukan dimana akan memasang widget, apakah di sidebar atau footer. Pada kasus ini kita akan memasang widget pencarian di sidebar (Bilah Sisi Utama).

Baca juga:  9 Tips Mudah Agar Blog Diterima Google Adsense Dalam Sekali Daftar

Sila klik pada widget pencarian kemudian pastikan tanda biru pada Bilah Sisi Utama terpilih lalu klik tombol Tambahkan Widget, lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Menambahkan widget

Berikut tampilan dihalaman widget Ketika kamu sudah menekan tombol Tambahkan Widget. Jangan lupa isikan Judul, pada kasus ini saya mengisi dengan judul Pencarian kemudian klik tombol Simpan.

Widget yang sudah ditambahkan

Itu dia cara menambahkan widget pada halaman blog wordpress.com. Berikut tampilan widget pencarian yang sudah kita tambahkan.

Tampilan widget wordpress

#Cara memasang widget pada blogger.com

1Masuk Ke Halaman Widget. Sila lakukan login terlebih dahulu. Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman Posts, untuk menambahkan widget sila klik pada menu Layout setelah itu kamu akan dibawa ke halaman widget.

Masuk halaman layout

2Memasang widget. Untuk memasang widget sila klik pada tombol Add a Gadget setelah itu akan muncul form pop up Add Gadget.

 

Add a Gadget

Pada kasus ini saya akan menambahkan widget Profile, cara menambahkannya sila klik pada tombol + kemudian ganti Title lalu klik tombol Save selamat kamu sudah berhasil menambahkan widget. Lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Menambahkan profile

Berikut ini tampilan widget Profile yang sudah kita tambahkan. Bagaimana cara menambahkan widget pada blogger, mudah bukan?.

Tampilan widget blogger

Itu dia artikel cara menambahkan widget pada wordpress.com dan blogger.com, semoga artikelnya bermanfaat ya geng.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar