Beranda Marketing Cara Memasarkan Produk Baju Buatan Sendiri Paling Efisien dan Efektif

Cara Memasarkan Produk Baju Buatan Sendiri Paling Efisien dan Efektif

Persiapan Penting Sebelum Menjalankan Marketing Online
Image: Pixabay

Bagaimana cara memasarkan produk baju buatan sendiri? Ya, pemasaran adalah salah satu hal terpenting agar produk jualan bisa terjual lebih cepat di pasaran. Dalam suatu bisnis, faktor marketing mempunyai peranan kunci dalam keberhasilan sebuah usaha. Kesuksesan sebuah marketing sendiri sangat berpengaruh terhadap jumlah produk terjual. Imbasnya, akan mempengaruhi keuntungan bisnis. Dapat dianalogikan jika semakin sukses teknik pemasaran, akan semakin besar juga keuntungan yang diperoleh. Memasarkan produk menjadi pilihan paling ideal terlebih bagi yang ingin menekan biaya promosi.

Ini Dia Cara Memasarkan Produk Baju Buatan Sendiri

Seperti kita ketahui jika biaya promosi untuk memasarkan sebuah produk memang tidaklah sedikit. Dengan mempromosikan produk sendiri, maka Anda dapat menghemat anggaran promosi yang mesti dikeluarkan. Selain itu, mempromosikan produk baju sendiri juga dapat dijadikan cara untuk menghasilkan penjualan yang tinggi secara efektif. Di bawah ini, ada beberapa trik efektif untuk memasarkan produk baju sendiri :

1. Memajang Produk di Media Sosial

Cara yang pertama untuk memasarkan produk baju sendiri paling efektif ialah dengan memajang produk di medsos. Tidak sedikit produk yang langsung terjual hanya dengan memajang fotonya di jejaring sosial. Trik ini sekaligus juga sebagai media promosi yang paling terjangkau. Karena Anda hanya perlu memakai kuota internet atau jaringan internet. Selain itu, cara yang satu ini juga menjadi tips marketing paling sesuai di era perkembangan digital seperti saat ini.

2. Menawarkan Promo Menarik

Promo menarik adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam memasarkan produk baju sendiri. Melalui promo ini, Anda tentu bisa menarik perhatian konsumen. Maka dari itu, tugas pemilik produk ialah menawarkan promo menarik serta memastikan calon pembeli tidak bisa menolak promo yang ditawarkan. Misalnya jika Anda menjual produk baju wanita, Anda harus pastikan menawarkan produk Anda ke konsumen yang cari baju wanita model terbaru dengan penawaran harga promo.

Baca juga:  Apa Kelebihan Menggunakan Google Ads?

3. Mencetak Banner

Banner bisa menjadi pilihan cara promosi produk paling lawas. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa anggaran untuk mencetak banner sendiri tidak semahal pemasangan iklan di dalam media elektronik ataupun media cetak, Maka dari itu, dalam mempromosikan produk tidak ada alasan untuk tidak mencoba trik ini. Strategi pemasaran ini memang bisa memberikan dampak penjualan produk yang cukup berperan.

4. Pasang Iklan di e-Commerce

Indonesia adalah negara yang memiliki pengguna e-commerce terbesar di dunia. Maka dari itu, dengan melihat adanya peluang ini cara paling ideal mempromosikan produk fashion sendiri ialah dengan cara memasang iklan foto produk di berbagai web e-commerce ternama. Anda bisa memilih situs marketplace ternama, seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Selain itu, e-commerce tersebut di atas juga biasanya tak mematok biaya pemasangan iklan. Jadi, bisa dibilang ini adalah cara pemasaran paling menguntungkan dan gratis untuk usaha Anda.

5. Tawarkan ke Konsumen Terdekat

Cara memasarkan produk baju buatan sendiri lainnya ialah dengan menawarkan produk secara langsung ke orang terdekat. Hal ini umumnya dilakukan di awal-awal saat membuka usaha. Dengan menawarkan produk ke konsumen langsung atau ke orang terdekat, tentu bisa menjadi cara tercepat mempromosikan produk Anda. Tidak hanya lebih mendekatkan Anda kepada konsumen saja, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan kepada calon konsumen. Dengan begitu, bisa meminimalisir kekhawatiran pelanggan untuk ditipu.

6. Pemasaran Lewat Blog atau Website Sendiri

Blog dan website merupakan cara promosi yang paling efektif. Tidak sedikit produk sukses dipasarkan lewat website maupun blog. Di samping itu, pemasaran lewat website juga terkesan professional. Sehingga membuat bisnis Anda terlihat lebih mumpuni.

Baca juga:  Bagaimana Strategi Pemasaran yang Baik Untuk Dilakukan?

Bukan hanya itu saja, pemasaran lewat blog juga bisa meningkatkan pangsa pasar. Karena itu, tentu saja produk yang dijual selain dikenal di daerah tertentu saja tetapi juga dikenal hingga ke seluruh negeri. Maka dari itu, penting sekali membuat web dan blog semenarik mungkin supaya promosi yang dilakukan lebih efisien dan efektif.

7. Buka Toko Baju Sendiri

Tak semua orang tertarik berbelanja online,  terlebih lagi bagi yang takut kena tipu dan malas ribet. Namun dengan berkunjung langsung ke tokonya membuat mereka lebih terpercaya dan aman. Maka dari itu, membuat toko fisik dapat dijadikan sebagai cara mempromosikan produk sendiri dengan efektif. Selain itu, mempunyai toko fisik sendiri bisa membuat calon konsumen pun lebih percaya dengan bisnis Anda.

8. Berikan Layanan Bebas Ongkir

Sebenarnya untuk mempromosikan produk sendiri, ada banyak hal yang dapat dilakukan. Salah satunya ialah dengan menawarkan layanan free ongkir dan delivery order bagi calon konsumen yang jaraknya tidak jauh dari lokasi usaha Anda, dengan radius kisaran 1-5 km. Dengan menawarkan layanan tersebut, konsumen pun merasa lebih mudah. Selain itu, kemungkinan besar mereka juga akan merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain, jika memang Anda memberikan pelayanan terbaik.

9. Tawarkan Kupon

Cara memasarkan produk baju buatan sendiri lainnya ialah dengan memberikan kupon. Pemberian kupon seperti undian ataupun diskon bisa menjadi cara promosi terbaik untuk menarik minat pembeli. Ada banyak produk sukses terjual lewat teknik pemasaran yang satu ini. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba cara yang satu ini. Metode promosi yang satu ini pun banyak digunakan di pasar swalayan dan department store, serta bisnis penjualan produk lainnya yang berskala besar.

Baca juga:  Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan

10. Coba Pola Membership

Mengembangkan usaha Anda lewat sistem kemitraan atau membership juga bisa menjadi trik promosi bisnis yang tepat. Cara yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan ekspansi bisnis dengan skala pasar lebih besar lagi. Terlebih lagi, jika Anda sebagai pengusaha yang sudah lama terjun di bisnis ini. Dengan begitu, hal tersebut dapat dijadikan sebagai teknik marketing sekaligus sebagai upaya mengembangkan usaha ke skala lebih besar lagi.

Penting Untuk Menentukan Target Pasar Sendiri

Kita sudah tahu bahwa mempromosikan produk terdiri dari 2 metode, diantaranya secara offline dan secara online. Dengan mempromosikan produk dengan cara online, Anda tentu harus mengetahui peraturannya seperti target pasar atau target market. Dalam hal ini, Anda tahu siapa yang pantas mendapatkan tawaran produk Anda. Seperti misalnya, jika Anda menjual baju wanita tentu target pasarnya ialah kaum wanita.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan target pasar dengan cara melakukan pengamatan dan survey. Pembagian target pasar ini diantaranya selain dari gender, juga dari usia, kebutuhan, kebiasaan hingga pendapatan.

Jika Anda sudah tahu target market yang Anda bidik, maka Anda juga tahu karakteristik masyarakat pecinta produk baju yang Anda tawarkan. Dengan demikian, Anda nantinya cukup fokus ke penentuan desain, arah produk dan penetapan harga yang sudah dibuat. Jika produk sudah siap, Anda dapat menentukan media yang tepat sebagai cara memasarkan produk baju buatan sendiri paling efektif.

Itu dia artikel mengenai Cara Memasarkan Produk Baju Buatan Sendiri Paling Efisien dan Efektif, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya10 Perbedaan Orang Sukses dan Gagal, Apakah Kamu Sudah Memilikinya?
Artikel selanjutnyaCari Baju Wanita Model Terbaru yang Bikin Anda Menawan
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar