Beranda Tutorial Cara Membuat Akun Gmail Baru Melalui Komputer Beserta Cara Mengirim Pesan dan...

Cara Membuat Akun Gmail Baru Melalui Komputer Beserta Cara Mengirim Pesan dan Beberapa Pengaturan Penting

Cara Membuat Akun Gmail Baru Melalui Komputer Beserta Cara Mengirim Pesan dan Beberapa Pengaturan Penting

Apakah kamu kesulitan dalam membuat akun gmail?, Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat akun gmail yang mudah diikuti dan dipahami.

Kamu tahu gak sih mayoritas orang sekarang menggunakan gmail, apalagi hampir semua orang sekarang memiliki HP Android yang tentu harus mempunyai alamat gmail agar bisa mengakses semua fitur android seperti playstore, gmail, google drive dan bahkan untuk bisa mengakses seperti market place juga menuntut kita untuk mendaftar menggunakan alamat email yang mayoritas menggunakan gmail.

Oleh karena itu sudah seharusnya kamu paham bagaimana cara membuat akun gmail, yuk langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

1 Membuat akun Google. Pertama-tama kamu harus membuat akun google terlebih dahulu melalui link berikut atau bisa juga ketik di mesin pencari sign up gmail lalu klik link tersebut kemudian kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran seperti gambar berikut.

Membuat akun gmail

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, silakan isi data-data tersebut dimulai dari First name, Last Name, Username, Password, Confirm (isi password sebelumnya), kemudian klik tombol Next, setelah itu kamu akan dibawa kehalaman Welcome to Google dan silakan isi data-data tersebut dimulai dari Phone number, Recovery email address (boleh diisi atau tidak), terus ada bulan, tanggal, dan tahun lahir, kemudian Gender setelah itu klik tombol Next, lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Membuat akun gmail

Setelah itu kamu akan diminta untuk Verify your phone number, biasanya mereka akan kirim kode verivikasi ke hp kamu namun kamu harus klik tombol Send terlebih dahulu kemudian silakan input Verification code yang dikirim ke hp kamu kemudian klik tombol Verify seperti gambar berikut.

Membuat akun Gmail

setelah itu kamu akan dibawa kehalaman selanjutnya, langsung saja klik tombol Yes, I’m in lalu klik tombol I agree dan kamu akan dibawa kehalaman Welcome dan selamat proses pembuatan akun gmail kamu sudah selesai. Untuk masuk kehalaman emailnya silakan klik tombol disudut kanan atas kemudian klik Gmail.

Membuat akun Gmail

2 Cara mengganti theme dan profile image. Untuk mengganti theme silakan klik tombol Choose a theme kemudian kamu akan melihat form popup Pick your theme kemudian pilih theme yang mau digunakan setelah itu klik tombol Save dan selamat theme sudah berhasil diganti.

Cara mengganti theme dan profile image

Secara default profile image biasanya mengikut First name email kamu, seperti Bang Ipin maka profile picture kamu akan menampilkan huruf B mengambil huruf pertama dari Bang.

Tapi untuk kegunaan sehari-hari sebaiknya kamu menggunakan photo kamu sendiri agar orang yang menerima email kamu kenal siapa yang mengirim.

Adapun cara menggantinya klik tombol Change profile image kemudian kamu akan melihat form popup Select profile photo lalu klik tombol Select a photo from your computer kemudian silakan pilih photo kamu setelah itu silakan set profile photonya, kalau sudah selesai klik tombol Set as profile photo kemudian klik tombol palang disudut kanan atas untuk menghilangkan form Setup progress tersebut dan selamat proses penggantian profile image sudah berhasil.

Cara mengganti theme dan profile image

3 Cara menambahkan Tab Update. Salah satu fitur unggulan Gmail mungkin tab ini, kenapa saya bilang tab unggulan, karena makin kesini gmail makin pintar dalam mengenali bentuk pesan yang masuk, gmail sudah dapat memilah mana email Promosi, Social (social media), Primary yaitu semua email masuk berkumpul disinini tapi digroupkan berdasarkan jenis email, kemudian kita akan menambahkan satu lagi tab Update yang mana tab ini bisa kamu gunakan untuk mengecek setiap email baru masuk dari semua kategori tab.

Adapun cara menambahkan tab ini silakan klik tombol setting kemudian klik Settings setelah itu klik pada label Inbox kemudian centang Updates lalu scroll kebawah terus klik tombol Save Changes dan selamat kamu sudah berhasil menambahkan tab baru, sila perhatikan gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Cara menambahkan Tab Update

Cara menambahkan Tab Update

4 Cara membuat tanda tangan. Untuk membuat tandang tangan silakan klik tombol setting di sudut kanan atas kemudian pilih Settings lalu di label General scroll kebawah kemudian di bagian Signature klik tombol Create new kemudian akan muncul form popup Name new signature lalu isikan textfield Signature name kemudian klik tombol Create kemudian pada text Editornya sila isikan tanda tangan kamu setelah itu pada bagian combobox FOR NEW EMAILS USE dari No signature ubah menjadi nama Signatures kamu kemudian lakukan yang sama pada ON REPLY/FORWARD USE setelah itu checklist Instert signature… kemudian klik tombol Save Changes.

Cara menambahkan Tab Update

Cara membuat tanda tangan

Untuk contoh pesan yang sudah berisikan tanda tangan kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Cara membuat tanda tangan

5 Cara mengirim Pesan, File, dan Photo. Cara mengirim pesan lewat gmail pertama-tama silakan klik tombol Compose kemudian akan muncul Form New Message silakan isi alamat email yang kamu tuju dibagian Recipients, kemudian judul pesan dibagian Subject, selanjutnya sila isikan pesan pada body dibawah Subject pas diatas tandang tangan kamu kemudian silakan klik tombol Send untuk mengirimnya, lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Cara mengirim Pesan, File, dan Photo

Adapun cara mengirim file silakan klik tombol paper klip kemudian akan muncul form open dan silakan pilih file yang ingin dikirim.

Cara mengirim Pesan, File, dan Photo

Kemudian cara mengirim photo lewat email yaitu silakan klik tombol Insert Photo kemudian akan muncul form popup lalu pilih tab Upload kemudian klik tombol Choose photos to upload kemudian pilih gambarnya lalu klik tombol Open selanjutnya klik tombol Insert.

Cara mengirim Pesan, File, dan Photo

Cara mengirim file dari google drive yaitu dengan cara klik pada tombol Drive kemudian akan muncul form popup Google Drive kemudian pilih file yang akan dikirim setelah itu klik tombol Insert.

Cara mengirim Pesan, File, dan Photo

6Cara mengaktifkan notifkasi login di Android. Sangat diperlukan mengaktifkan notifikasi login, karena pengalaman pribadi penulis sering kelupaan password, maka dengan adanya fitur baru ini sangat membantu karena kamu tidak perlu lagi input password tapi cukup input alamat email saja ketika mau login kemudian akan ada notifikan login yang dikirim ke smartphone kamu lalu klik  tombol CONFIRM SCREEN LOCK pada hp Android kamu kemudian klik angka yang sesui dengan angka yang ada pada Komputer kamu setelah itu kamu sudah berhasil untuk login.

Adapun cara mengaktifkan notifikasi ini adalah silakan klik pada tombol disudut kanan atas kemudian pilih Account kemudian kamu akan dibawa kehalaman Welcome, lalu klik pada tab Security kemudian pada bagian group box Signing in to Google klik tanda panah pada Use your phone to sign in kemudian klik tombol SET IT UP selanjutnya kamu akan dibawa kehalaman pengisian password, silakan isi password gmail kamu kemudian klik tombol NEXT kemudian kamu akan dibawa kehalaman What you need langsung saja klik tombol NEXT kemudian klik tombol NEXT lagi lalu kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi notifikasi login setelah itu kamu akan dibawa kehalaman It worked! Turn it on? Lalu klik tombol TURN ON dan selamat proses pengaktifan notifikasi login sudah berhasil, untuk lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Cara mengaktifkan notifkasi login di Android

Cara mengaktifkan notifkasi login

Itu dia tutorial Cara Membuat Akun Gmail Baru Melalui Komputer Beserta Cara Mengirim Pesan dan Beberapa Pengaturan Penting, semoga artikelnya bermanfaat ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya3 Pilihan Aplikasi Penyimpanan Online GRATIS Terbaik (Cloud Storage)
Artikel selanjutnyaLengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive (Mobile/Android)
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar