Beranda Tutorial Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot dengan Mudah
Image: Pixabay

Apakah kamu sedang mencari tutorial cara membuat Blog?, Ngeblog bisa dijadikan hobi yang bisa menghasilkan uang, banyak orang diluar sana ngeblog menjadikan profesi utama untuk mencari uang dan ada juga dari mereka untuk mengisi waktu luang.

Menepis hal apakah ngeblog untuk mengisi waktu luang, atau menjadikan profesi untuk mencari uang. Namun untuk memulainya tentu kamu harus paham cara membuat blog, untuk pemula saya sarankan untuk membuat blog gratis terlebih dahulu.

Pada tutorial ini saya akan menjelaskan cara membuat blog menggunakan blogspot, karena platform ini selain gratis nanti kamu bisa daftarkan ke google adsense untuk menghasilkan uang. Terus kamu juga bisa custome domain yang biasanya namablog.blogspot.com menjadi namablog.com. intinya menggunakan platform ini mempunyai resiko yang kecil dibandingkan membuat blog menggunakan wordpress.com.

Yuk simak terus tutorial berikut ini.

1 Mengakses Blogger. Untuk memulainya kamu harus masuk kehalaman Blogger terlebih dahulu melalui link berikut kemudian tekan tombol BUAT BLOG.

Mengakses Blogger

Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman login, sila lakukan login terlebih dahulu menggunakan akun gmail kamu, kalau belum ada akun gmail silakan baca artikel berikut.

Seharusnya kamu sudah berada pada halaman Welcome to Blogger. Selanjutnya silakan isi textfield Display Name setelah itu klik tombol Continue to Blogger.

Mengakses Blogger

2 Membuat blog. Untuk membuat blog silakan klik tombol Create Blog pada sudut kiri atas.

Membuat blog

Setelah itu kamu akan melihat tampilan form popup Create a new blog lalu isikan Title, Address, terus untuk Theme silakan pilih Contempo kemudian klik tombol Create blog! dan selamat blog kamu sudah berhasil dibuat. Kalau kamu mau pakai theme custome premium bisa menuju kesini.

Membuat Blog

3 Membuat artikel baru. Untuk poin ketiga ini saya sarankan untuk buat artikel terbaru dulu. Sila tambahkan sampai empat atau lima. Untuk artiklenya kamu bisa ambil dari situs detik.com.

Adapun cara membuat artikel silakan klik tombol Posts kemudian klik tombol Create New Post (+) disudut kanan bawah.

Membuat artikel baru

Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman penulisan artikel, silakan mulai menulis. Berikut ada beberapa penjelasan mengenai tools-tools penting di halaman penulisan artikel.

Membuat artikel baru

  1. Title. Isilah judul artikel kamu disini.
  2. Save. Sudah siap menulis terus kamu ingin menyimpannya, sila menggunakan fitur ini.
  3. Preview post. Kamu sudah siap menulis namun tidak ingin publish dulu tapi ingin melihat dulu apakah sudah siap untuk dipublish atau belum, kamu bisa menggunakan fitur ini.
  4. Publish. Jika artikelnya sudah rampung sila menggunakan fitur ini untuk mempublish artikel.
  5. Format. Fitur ini digunakan untuk keperluan dalam menulis, banyak sekali fungsi fitur ini seperti menebalkan tulisan, miringin tulisan dan lainnya yang nanti bakalan sering kamu gunakan.
  6. Halaman kerja. Sila tuliskan semua konten kamu dihalaman ini.
  7. Label. Ini digunakan untuk mengkategorikan artikel, seperti contoh artikel yang kamu ingin tulis tentang travel, maka silakan buat label Travel. Nanti label ini juga kita gunakan untuk menu.

4

Mengenal tools posts list. Disini saya akan menjelaskan mengenai tools posts list yang mana nantinya bakalan sering sekali kamu gunakan.

Mengenal tools posts list

  1. Edit. Jadi kalau kamu ingin mengedit tulisan kamu silakan klik pada judul artikel tersebut.
  2. Revert to draft. Artikel sudah kamu publish kemudian kamu ingin memasukkan kembali ke draft maka kamu bisa menggunakan tool ini.
  3. Apply labels to this post. Kamu ingin membuat label untuk post ini bisa menggunakan fitur yang satu ini.
  4. Delete this post. Ingin menghapus tulisan tersebut kamu bisa menggunakan fitur ini.
  5. View. Ingin melihat tulisan yang sudah ditulis kamu bisa menggunakan fitur yang satu ini.

Itu dia artikel Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger dengan Mudah, semoga artikelnya bermanfaat ya. Jangan lupa juga baca cara membuat blog menggunakkan wordpress.com.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaTata Cara, Lafaz Niat dan Keutamaan Puasa Syawal Selama Enam Hari
Artikel selanjutnyaCara Mudah Mengubah Blogspot.com dengan Nama Domain Sendiri
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar