Beranda Tutorial Tutorial Lengkap Cara Paling Mudah Membuat Google Form

Tutorial Lengkap Cara Paling Mudah Membuat Google Form

Tutorial Lengkap Cara Paling Mudah Membuat Google Form
Image: torisconsulting.com

Banyak sekarang perusahaan atau individual menggunakan google form untuk keperlu quetioner, pendaftaran, dan keperluan lainnya untuk collecting data yang nantinya digunakan sesuai kebutuhan.

Google sangat membantu banyak pihak dengan memberikan tool yang luar biasa ini secara gratis. Kebayang gak sih kalau google form tidak ada, tentu mengeluarkan biaya untuk membuat satu form quetioner dan pedaftaran.

Pada artikel kali ini saya akan akan memberikan tutorial lengkap cara membuat google form, yang saya harapkan setelah kalian membaca artikel ini mulai paham cara menggunakan google form, membuat google form, dan menjalankan google form. Adapun hal yang perlu kamu siapkan untuk bisa menggunakan google form hanyalah koneksi jaringan dan akun gmail, kalau belum ada silakan baca artikel berikut ini.

Berikut ini cara mudah membuat google form bagi pemula.

1 Mengakses google form. Pada tahap awal kamu harus mengakses dulu google form melalui link berikut atau bisa juga mengetikkan kata kunci google form pada google search kemudian klik link tersebut lalu kamu akan dibawa kehalaman Buat formulir yang indah lalu klik pada tombol Buka Google Formulir untuk yang pribadi setelah itu sila lakukan login dan selamat kamu sudah berhasil masuk kehalaman google form.

Mengakses google form

2 Membuat google form. Cara membuat google form silakan klik pada tombol Blank kemudian kamu akan dibawa pada halaman kerja google form dan saatnya membuat form pendaftaran.

Membuat google form

Membuat google form

Seperti yang bisa kamu perhatikan pada gambar diatas silakan isi masing-masing textfield tersebut yang nantinya menjadi seperti dibawah ini.

Membuat google form

Ada beberapa hal yang perlu kamu lalukan untuk membuat seperti form di atas, perhatikan pada kotak merah, secara default Multiple choise namun sesuai pertanyaan maka secara otomatis akan berubah, pada kasus ini berubah menjadi Short answer, apabila tidak berubah secara otomatis silakan klik pada tombol kotak merah tersebut dan pilih Short answer. Selanjutnya sila aktifkan Required yang mana fungsi ini mewajibkan user untuk mengisi bagian tersebut dan tidak boleh kosong.

Terus bagaimana kalau ada pertanyaan selanjutnya? Apa yang harus saya lakukan?, okay untuk menambah pertanyaan selanjutnya mudah saja, kalau pertanyaan sama persis namun beda ketarangannya saja silakan klik tombol Duplicate namun apabila pertanyaannya beda silakan klik tombol Add question (+), perhatikan gambar berikut.

Membuat google form

Namun ada beberapa tipe pertanyaan yang sering digunakan dan tidak melulu pertanyaan menggunakan Short answer. Bagaimana kalau pertanyaan tanggal lahir, pilihan, dan tipe-tipe lainnya, apa yang bisa saya lakukan, okay kalau kamu mempunyai beragam tipe pertanyaan kamu bisa menuntukannya melalui fitur berikut kok, lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Namun ada beberapa tipe pertanyaan yang sering digunakan dan tidak melulu pertanyaan menggunakan Short answer. Bagaimana kalau pertanyaan tanggal lahir, pilihan, dan tipe-tipe lainnya, apa yang bisa saya lakukan, okay kalau kamu mempunyai beragam tipe pertanyaan kamu bisa menuntukannya melalui fitur berikut kok, lebih jelasnya perhatikan gambar berikut. Namun ada beberapa tipe pertanyaan yang sering digunakan dan tidak melulu pertanyaan menggunakan Short answer. Bagaimana kalau pertanyaan tanggal lahir, pilihan, dan tipe-tipe lainnya, apa yang bisa saya lakukan, okay kalau kamu mempunyai beragam tipe pertanyaan kamu bisa menuntukannya melalui fitur berikut kok, lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

3 Design google form. Tentu dengan tampilan bawaan google form sangat monoton dan membosankan, apakah bisa mengubah design semenarik mungkin?, tentu bisa, pada poin ini saya akan menjelaskan kepada kamu bagaimana cara mendisen google form agar lebih menarik.

Untuk memulainya silakan klik pada tombol Customize Theme kemudian akan muncul form Theme options.

Membuat google form

Berikut beberapa hal yang bisa kamu design, adapun penjelasannya sebagai berikut.

  • Header. Kalau kamu ingin menambahkan gambar di Header silakan gunakan fitur ini. Adapun cara menambahkan gambar silakan klik tombol Image uploaded kemudian akan muncul form popup Select Header dengan tiga pilihan tab, yaitu THEMES dimana semua hal sudah disiapkan oleh pihak google kamu tinggal pilih saja kemudian klik tombol INSERT untuk menambahkannya, selanjutnya ada tab UPLOAD yang bisa kamu gunakan jika seandainya ingin menambahkan gambar hasil design sendiri, dan yang terahir tab PHOTOS yang menampilkan semua photo yang sudah kamu UPLOAD. untuk menambahkan gambar dari THEMES sila perhatikan gambar berikut.

Design google form

  • THEME COLOR. Bawaan warna theme google form adalah biru tua, kamu bisa mengganti theme tersebut dengan warna kesukaan kamu, adapun cara menggantinya kamu tinggal pilih salah satu warna tersebut, kalau warna yang kamu ingin tidak ada silakan klik tombol Add custom color (+) kemudian akan muncul form warna yang bisa kamu sesuaikan setelah itu klik tombol ADD untuk menambahkan warna tersebut.
  • BACKGROUND COLOR. Kamu tidak suka dengan warna background bawaan google form?, tenang kamu bisa menggantinya kok. Adapun cara menggantinya silakan pilih salah satu warna yang sudah tersedia, sedihnya untuk background color hanya mempunyai empat pilihan warna dan kamu tidak bisa menambahkan warna lain lagi.
  • FONT STYLE. Secara default bawaan fontnya adalah Arial, tapi kamu bisa mengganti jenis font tersebut dengan beberapa pilihan yang sudah disediakan. Ada pilihan font BASIC, Decorative, Formal, dan Playful, silakan pilih jenis font sesuai kebutuhan kamu.

Itu dia cara design google form, untuk melihat hasilnya silakan klik tombol Preview, berikut tampilan google form sesudah saya design, menarik bukan?.

Design google form Design google form

4 Pengaturan. Disini saya akan menjelaskan beberapa pengaturan penting yang harus kamu perhatikan, adapun cara memunculkan pengaturan ini silakan klik tombol Settings di sudud kanan atas kemudian kamu akan melihat form popup Settings seperti gambar berikut.

Pengaturan

Seperti yang bisa kamu lihat terdapat beberapa tab, yang pertama ada tab General, terus Presentation, dan yang terahir tab Quizzes.

  • General. Di tab general ini kamu bisa mengatur beberapa hal. Misalnya kamu ingin setiap responder wajib mengisikan email maka silakan check list Collect email address, kemudian ada Requires sign in yang bisa kamu gunakan untuk meminta setiap responder wajib login terlebih dahulu untuk bisa mengisi form tersebut dan mereka hanya dapat mengirimkan sekali saja, selanjutnya ada group box Respondents can: yang mempunyai pilihan Edit after submit yang bisa kamu check list jika kamu ingin setiap responder yang sudah submit bisa mengedit kembali datanya, terus ada See summary charts and text responses yang bisa kamu aktifkan juga kalau ingin setiap responder bisa melihat statistik hasil dari semua reponder.
  • Presentation. Di bagian tab ini kamu bisa mengubah pesan yang keluar setiap kali responder selesai melakukan submit datanya, secara default pesannya Your response has been recorded.
  • Quizzes. Penulis sendiri belum pernah menggunakan fitur ini, sila aktifkan fitur ini jika dirasa perlu.

Setelah semua pengaturan sudah diatur jangan lupa klik tombol Save.

5 Membagikan link google form. Setelah google form selesai dibuat, baik design maupun pengaturan, selanjutnya form tersebut akan kita gunakan untuk recorded data. Adapun cara membagikan link form tersebut dengan cara klik tombol Send, kemudian akan muncul form popup.

Membagikan link google form

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, sila ketikkan alamat email penerima link google form tersebut pada text field Email To kemudian klik tombol Send dan nantinya penerima akan melihat notifikasi link google form yang kamu kirim.

Oya kamu tidak mau mengirim via email tapi kamu mau copy link saja yang nantinya bisa dikirim kemana saja. Adapun caranya silakan klik tab kedua kemudian jangan lupa checklist Shorten URL agar linknya menjadi pendek setelah itu klik tombol Copy dan selamat kamu sudah berhasil menyalin link tersebut. Oya kamu bingung! mau kirim link tersebut via WA tapi harus pakek hp sedangkan kamu aktif menggunakan Laptop, gak masalah kok kamu bisa mengirim link tersebut via WA menggunakan Laptop, silakan baca artikel cara mengakses WA menggunakan komputer.

Membagikan link google form

6 Melihat data hasil responder. Bagaimana saya melihat data hasil responder?, untuk melihat datanya kamu dapat masuk ke bagian tab Responses kemudian seperti yang dapat kamu lihat disitu baru ada satu data Responses. Kamu kabayang gak kalau datanya sampai ratusan bahkan ribuan, tidak mungkinkan data tersebut kamu kopi satu persatu kemudian dipindahkan ke excel, trus bagaimana cara mengambil datanya secara cepat, Caranya klik pada tombol Creat Spreadsheet kemudian akan muncul satu form popup lalu ganti nama dari Untitled form (Responses) ke nama file kamu, pada kasus ini saya ganti menjadi Data Pendafataran UI kemudian klik tombol Create setelah itu kamu akan dibawa kehalaman Spreadsheet, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Melihat data hasil responder Melihat data hasil responder

Cara mengunduh file Spreadsheet tersebut pastikan kamu sudah berada pada halaman kerja Spreadsheet kemudian klik menu File setelah itu pilih Download lalu pilih salah satu format file yang ingin kamu download, apakah dalam bentuk .xlsx, .dpf, dan format lainnya, lebih jelasnya herhatikan gambar berikut.

Melihat data hasil responder

7 Mengakses data hasil responder. Cara mengakses data hasil responder silakan masuk kehalaman Google Drive dengan cara klik tombol menu di sudut kanan atas kemudian pilih Drive atau bisa juga melalui link berikut,  setelah itu kamu akan dibawa kehalaman dashbor GDrive lalu double klik pada file Spreadsheet data responder tersebut dan selamat kamu sudah berhasil mengakses data tersebut.

Mengakses data hasil responder Mengakses data hasil responder

Itu dia Tutorial Lengkap Cara Paling Mudah Membuat Google Form, semoga artikelnya bermanfaat ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar