Beranda Tutorial Cara Membuat Ketupat Lebaran Enak, Cantik dan Tahan Lama

Cara Membuat Ketupat Lebaran Enak, Cantik dan Tahan Lama

Image: Shutter Stock

Apakah kamu sedang mencari resep cara membuat ketupat?, Makanan yang wajib disajikan saat lebaran. Sebenarnya jika dibandingkan dengan lontong bisa dibilang mirip, hanya saja ketupat memiliki wangi yang berbeda dan juga design bungkusnya yang unik.

Seperti yang kamu tahu memang ketupat itu mempunyai tampilan yang khas, artinya bungkusan ketupat itu memang identik dengan lebaran, walaupun mempunyai tampilan khas tapi sayangnya tidak dibarengi dengan kualitas yang bagus, buktinya banyak ketupat yang benyek, tentu saja hal itu membuat selera nafsu makan berkurang.

Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan memberikan tips cara membuat ketupat lebaran yang enak, cantik, dan tahan lama. Yuk simak terus tutorial berikut ini.

Adapun untuk mengikut tutorial ini, berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan:

  • 15 Anyaman Ketupat (Daun Kelapa Muda).
  • 1 Kilogram Beras Kualitas Bagus (Rojo Lele, Pandan Wangi, Mentik Spesial).
  • 0,5 Sendok Teh Garam.
  • 3 Lembar Daun Pandan.
  • Air untuk merebus secukupnya.

Berikut Cara Membuat Ketupat Lebaran Enak, Cantik dan Tahan Lama

1Siapkan wadah lalu masukan Beras. Lalu cuci dan rendam berasnya kira-kira selama 1 – 2 jam.

Masukkan Beras
Image: Pixabay

2 Buang air cucian beras. Sama seperti langkah pertama, setelah beras direndam kemudian airnya dibuang lalu ganti dengan yang baru. Cuci dan rendam kembali selama 1 – 2 jam.

Baung air cucian beras
Image: Shutter Stock via caramembuat.id

3 Masukkan Garam. Setelah itu masukan Garam ke dalam beras. Aduk-aduk dan pastikan garam tercampur merata ke seluruh bagian beras.

Sila Masukkan Garam
Image: Shutter Stock

4Masukan Beras ke Anyaman Ketupat. Isi anyaman dengan beras kira-kira 2/3 dari ukuran anyaman tersebut. Jangan terlalu penuh atau kurang.

Image: Abit Block Steem via caramembuat.id

5 Rebus Ketupat. Siapkan panci, lalu rebus ketupat selama kurang lebih 2 – 3 jam. Selesai, ketupat cantik siap disajikan!

Merebus Ketupat
Image: Marwasito.com

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Ketupat Awet

Kenapa ya Ketupat buatan saya tidak sebagus di gambar-gambar?

Kenapa ya Ketupat buatan saya benyek?

Pertanyaan seperti itu mungkin sering terlintas dibenak kamu, namun kamu cuek karena tidak tahu harus melakukan apa. Padahal ada beberapa penyebab yang membuat ketupat kamu tidak sesuai ekspektasi. Ingin tahu? Silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Gunakan Beras Berkualitas Bagus

Untuk hasil yang bagus dan tahan lama dibutuhkan Beras Pulen. Karena kalau kamu menggunakan beras berkualitas rendah (Beras Pera) umumnya ketupat tigak bagus dan juga tidak awet.

2. Mengisinya pas, tidak kurang tidak lebih

Silakan isi susuai anyaman tersebut, karena kalau kamu isinya lebih ataupun kurang pastinya akan mempengaruhi bentuk dari ketupat.

Apabila diisi terlalu banyak, anyaman bisa pecah dan ketupat akan keras. Apabila diisi terlalu sedikit. Anyaman bisa kempis dan akan lemberk.

3. Gunakan garam

Sering membuat ketupat tanpa menambahkan garam? Ini dia akar masalahnya. Jangankan ketupat, bahkan lontongpun baiknya memakai garam.

Apa sih manfaat garam dalam pembuatan ketupat? Yaitu agar beras menjadi kenyal. Jika sudah kenyal, tentu bentuk cantik jauh lebih mudah terjaga.

Itu dia tutorial Cara Membuat Ketupat Lebaran Enak, Cantik dan Tahan Lama. Semoga artikelnya bermanfaat ya. Oya jangan lupa baca juga Ucapan Hari Raya ‘Idul Fitri.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

SUMBERCara Membuat
Artikel sebelumnyaBegini Cara Mudah Menambahkan Akun Email ke Aplikasi Gmail – Android
Artikel selanjutnya14 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Menyentuh Hati, Cocok Dibagikan ke keluarga dan Jadi Status Sosmed
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar