Beranda Bisnis Cara Memulai Bisnis Dengan 5 Tahap Agar Memudahkan

Cara Memulai Bisnis Dengan 5 Tahap Agar Memudahkan

Cara Memulai Bisnis Dengan 5 Tahapan di Tahun 2019
Image: Pixabay

Dalam memulai bisnis pasti ada rencana atau tahapan yang harus Kamu terapkan agar bisnis berjalan sesuai rencana, kalau tidak maka Kamu harus siap-siap dengan kegagalan.

Orang idiot dengan rencana bisa mengalahkan orang jenius tanpa rencana. -Warren Buffet

Bisnis adalah kegiatan yang cukup membuat seseorang mempunyai pengalaman yang lebih di dalamnya. Mengapa? Karena didalam menjalankan sebuah bisnis pastinya mempunyai banyak prosedur yang harus kamu lakukan apabila ingin sukses dalam berbisnis.

Berbagai tahapan yang ada saat membangun sebuah bisnis pastinya harus dihadapi seorang pebisnis di dunia ini bahkan orang pebisnis yang sukses pun juga akan melewati tahapan tersebut. Jadi, kamu harus sudah faham betul mengenai tahapannya.

Keuntungan dari mengetahui tahapan pastinya akan mempermudah bisnismu untuk melesat menuju kesuksesannya. Nah, apakah kamu sudah mengetahui beberapa tahapan inti yang harus kamu lakukan dalam membangun bisnis? Jika belum, kamu bisa mendapatkan informasinya dibawah ini.

Beberapa Tahapan yang Harus Kamu Lakukan Saat Membangun Bisnis

Tahapan-tahapan yang harus dijalankan oleh seorang pebisnis yang ingin membangun bisnis terkadang sedikit berbeda-beda setiap individu. Namun, diantara perbedaan tersebut, ada juga tahapan yang bisa dikatakan intinya.

Nah, tahapan inti itu harus sebisa mungkin kamu lakukan supaya kamu lebih mudah dalam menjalankan bisnismu. Adapun tahapan tersebut, bisa kamu ketahui dibawah ini.

1. Mencari ide bisnis dengan cara analisis

Sebelum kamu membangun bisnismu dan meluncurkannya kepada masyarakat pastinya kamu harus mencari sebuah ide terlebih dahulu yang bisa didapatkan dengan cara melakukan analisis keadaan masyarakat.

Baca juga:  Dapatkan Suntikan Dana Usaha Dari Investor Dengan 5 Jurus Berikut Ini

Ada banyak cara dalam melakukan analisis masyarakat, namun kamu bisa secara simpel melakukannya dengan cara melihat keadaan di lingkungan sekitarmu terlebih dahulu.

Caranya kamu harus melihat apa saja kebutuhan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat umum, persoalan apa yang belum mempunyai solusi, dan lain sebagainya yang mampu memunculkan berbagai ide di dalam kepalamu.

2. Melakukan perancangan usaha

Setelah kamu sudah mendapatkan ide usaha yang akan kamu kembangkan dan bangun kedalam masyarakat, kamu harus bisa melakukan perancangan usahanya. Kamu harus mengembangkan berbagai persoalan tadi menjadi sebuah produk yang bersifat solutif.

Misalkan saja banyak masyarakat yang mempersoalkan mengenai sulitnya menghilangkan kotoran sekaligus membersihkan permukaan kaca yang kotor. Nah, kamu bisa melakukan rancangan produkmu menjadi pembersih kaca terbaik yang bisa memberikan solusi bagi masyarakat.

Dengan melakukan perancangan usaha, kamu akan lebih siap dalam menentukan tujuan berdirinya bisnismu tersebut. Seperti contoh tersebut yang berhubungan dengan alat rumah tangga, maka kamu bisa merancang usahamu menjadi bisnis untuk menyediakan alat rumah tangga.

3. Memilih jenis bisnis

Setelah semua konsep mengenai bisnis yang akan kamu kembangkan, kamu harus memilih jenis bisnis yang akan kamu bangun. Apakah dalam bentuk perseorangan, kemitraan kah, atau juga bisa dengan langsung perseroan terbatas.

Namun, jika kamu masih pemula dan ingin membangun sebuah bisnis kamu direkomendasikan untuk memilih jenis perseorangan terlebih dahulu. Sehingga kamu benar-benar belajar dari bawah, sehingga kamu tidak kesulitan dalam menyesuaikan diri dalam berbisnis.

Baru setelah kamu merasa matang dan menguasai bisnis perseorangan, kamu bisa mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar lagi hingga menjadi perseroan terbatas yang pastinya membutuhkan kemampuan dalam mengelolanya.

Baca juga:  Cara Memulai Usaha yang Banyak Diminati

4. Merancang sistem keuangan

Didalam dunia bisnis, uang adalah salah satu bagian yang sangat penting supaya usaha bisa berjalan dengan lancar sesuai yang kamu kehendaki. Supaya dalam bagian keuangan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu harus melakukan perancangan sistem keuangannya terlebih dahulu.

Kamu bisa merancang mengenai hal apapun yang berhubungan dengan uang, seperti seberapa banyak karyawan yang akan kamu rekrut, seberapa besar biaya produksi atau jika kamu mengambil barang dari orang lain maka kamu harus menghitung biaya pembelian, dan lainnya.

Hal tersebut mampu mengurangi resiko ketidakstabilan keuangan dalam menjalankan sebuah bisnis.

5. Melakukan branding bisnis

Mungkin kamu dulunya masih perseorangan dan membuat produknya secara kecil-kecilan untuk memenuhi orderan, namun jika kamu sudah serius dalam berbisnis kamu harus menentukan nama dari bisnismu tersebut.

Tujuan dari pemilihan nama bisnis pastinya untuk bisa melakukan branding terhadap bisnismu, sehingga akan jauh lebih mudah dikenal oleh masyarakat dan pastinya kesuksesan bisnismu akan jauh lebih mudah.

Nama bisnis yang unik dan related terhadap yang kamu bangun mempunyai nilai lebih di dalam masyarakat. Jadi, tentukan nama bisnismu dengan benar dan pastinya jangan sembarangan alias punya makna didalamnya.

Itulah artikel mengenai beberapa tahapan yang harus dilakukan saat membangun sebuah bisnis. Semoga artikel ini dapat memberikan kamu inspirasi dan wawasan mengenai pembangunan bisnis yang bisa kamu terapkan nantinya. Jangan lupa baca juga cara menjalankan bisnis online.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya10 Peluang Usaha Kreatif Untuk Pemula Yang Bisa Anda Rintis
Artikel selanjutnyaCara Sukses Ternak Kambing yang Untung Besar
An ordinary people who love to write something that's i love.

Komentar