Beranda Bisnis Cara Memulai Bisnis, Ikuti 7 Langkah Berikut Tanpa Modal dan Pengalaman

Cara Memulai Bisnis, Ikuti 7 Langkah Berikut Tanpa Modal dan Pengalaman

cara memulai bisnis
Image: Pixabay

Sekarang ini sangat banyak orang ingin memulai bisnis untuk mencari uang tambahan disamping juga bekerja. Namun banyak dari mereka salah cara memulai bisnis.

Sukses dalam menjalankan bisnis adalah mimpi setiap orang, tapi tidak semua orang bisa sukses Ketika menjalankan bisnis, ada banyak hal yang bisa membuat bisnis seseorang orang gagal, beberapa hal Anda bisa baca pada artikel berikut.

Saking banyaknya orang yang gagal ketika memulai bisnis sehingga banyak dari mereka hanya menjadi wacana saja namun tidak pernah terlaksana karena dihantui rasa takut.

Namun tenang, pada artikel ini saya akan memberikan Langkah cara memulai bisnis yang di kemukakan oleh Tai Lopez. Berikut ini artikelnya.

1. Ambil sebuah ide yang bisa Anda kerjakan

Untuk memulai bisnis tidak boleh sembarangan, Anda harus betul-betul serius dalam memilih ide bisnis agar tidak bangkrut.

Ide bisnis yang tepat sangat berperan penting dalam menyukseskan usaha Anda. Nah, sebelum Anda memulai bisnis maka pikir dan ambillah satu ide yang betul-betul Anda kuasai.

2. Ikuti trend

Sebagian orang mengabaikan poin ini, karena mereka menganggap bisnis itu harus sesuai passion, jadi kalaupun lagi trending satu bisnis maka jangan ambil resiko untuk menjalankan bisnis tersebut karena tidak sesuai passion.

Mulai sekarang Anda harus buang jauh-jauh sikap egois kalau mau sukses di dunia bisnis. Anda harus menjual barang-barang yang lagi ngetrend karena banyak permintaan. Sebagai contoh, sekarang lagi banyaknya ibu-ibu suka menanam bunga, nah, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk menjual bunga.

Baca juga:  Punya Uang 10 Juta? Usaha Ini Saja yang Lebih Menguntungkan

3. Launching bisnis Anda segera

Jika Anda sudah memutuskan bisnis apa yang akan dijalankan, segera luncurkan jangan menunda-nunda, karena bisnis yang bagus itu yang dijalankan bukan yang di bicarakan.

4. Lakukan survey apa yang pelanggan ingin

Jika Anda ingin menjalankan bisnis jangan lupa lakukan survey terlebih dahulu. Banyak bisnis yang bangkrut di luar sana karena mereka tidak melakukan survey terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis.

Sila lakukan survey di sekitar tempat Anda ingin memulai bisnis. Nah, hasil survey ini nanti bisa Anda gunakan untuk bahan pertimbangan apakah bisnis tersebut cocok untuk dijalankan atau tidak, dan dengan melakukan survey peluang Anda untuk rugi lebih kecil.

5. Optimalkan harga

Anda tidak boleh memberikan harga asal-asal, karena harga sangat sensitif. Agar harga Anda bersaing ada baiknya melakukan survey telebih dahulu.

Jangan berikan harga yang terlalu murah ataupun terlalu tinggi. Karena kalau harga produk Anda terlalu murah orang akan berpikir produk yang Anda jual tidak berkualitas atau bisa juga membunuh pasar sekitar, dan jika harga terlalu mahal sudah pasti pelanggan akan lari ke tempat yang lebih murah.

6. Perluas pasar

Untuk memperluas pasar, Anda harus melakukan dua hal: Membuat video produk Anda viral atau menggunakan iklan berbayar. Agar kedua hal tersebut berjalan baik pastikan produk Anda berkualitas bagus dan sudah diterima oleh masyarakat.

Miliarder Charlie Munger mengatakan, “Anda tidak bisa memoles kotoran.” Sebagian orang mencoba untuk mengiklankan sebuah ide kotor. Tentu saja itu tidak bekerja.

Tapi anda bisa memoles ide bagus. “Jika ide Anda bagus, gunakan beberapa hal yang kontroversi, humor, dan drama di dalam ide pemasaran Anda untuk memviralkan video secara gratis.

Baca juga:  Menanam Bunga Matahari Selama Di Rumah Aja, Bisa Jadi Bisnis Sampingan Menjanjikan

Sekali video produk Anda viral, sila investasikan uang Anda untuk iklan berbayar agar bisnis Anda tambah banyak laku.

7. Belajar pada pelatih (mentor)

Agar bisnis Anda sukses gunakanlah jasa trainer atau mentor yang bisa membimbing Anda dalam menjalankan bisnis.

Banyak hal yang membantu Anda dengan menggunakan jasa mereka, pertama Anda menyingkat waktu untuk sukses. Bayangkan saja kalau Anda melakukan bisnis tanpa pelatih atau mentor mungkin butuh waktu hingga lima tahun, tapi dengan menggunakan jasa mereka Anda bisa memangkas waktu sukses menjadi 3 tahun.

Gunakanlah jasa pelatih atau mentor professional yang sudah mempunyai bisnis yang sukses, jadi mereka bisa membimbing Anda berdasarkan pengalaman mareka.

Ada tiga cara mendapatkan pelatih: Secara langsung (sangat bagus), online (dengan membaca kisah-kisah sukses di Quora atau media sosial lain), dan membaca buku kisah sukses.

Itu dia artikel tentang Cara Memulai Bisnis, Ikuti 7 Langkah  Berikut Tanpa Modal dan Pengalaman, semoga artikelnya bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga cara memulai usaha, berikut 7 tips yang harus Anda terapkan.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar