Beranda Bisnis Cara Memulai Usaha, Berikut 7 Tips yang Harus Anda Terapkan

Cara Memulai Usaha, Berikut 7 Tips yang Harus Anda Terapkan

Cara Memulai Usaha
Image: Pixabay

Apakah Anda ingin memulai usaha?, Memulai usaha tentu perlu kesiapan yang matang, dimulai dari modal keuangan dan rencana usaha agar tidak menyesal ditengah jalan.

As you know, untuk memulai usaha dari nol hingga sukses perlu kerja keras dan membutuhkan sumber daya yang besar. Mulai dari sumber daya uang dan manusia.

Ada beberapa hal yang menyebabkan mereka ingin memulai usaha. Di antaranya karena tidak cukup penghasilan dari kerja kantor, sehingga perlu penghasilan dari sumber lainnya, salah satunya dari berwirausaha.

Namun untuk memulai usaha tentu tidak boleh begitu saja, ada cara-caranya agar usaha Anda tetap berjalan seperti rencana Anda dari awal, untuk mengetahui cara memulai usaha, berikut ini cara-caranya.

1. Menentukan usaha yang akan didirikan

Pertanyaan paling awal dan paling dasar, usaha apa yang akan Anda rintis? Jika sudah jelas usaha apakah itu maka poin selanjutnya akan lebih mudah dilakukan. Anda harus bisa memastikan usaha apa yang akan Anda jalankan.

Apakah itu usaha kuliner, pakaian, atau usaha lainnya.  Usaha yang akan Anda rintis ini tak melulu harus sesuai dengan bidang atau ilmu yang Anda tekuni. Akan lebih bagus jika sesuai dengan pengalaman dalam hidup Anda. Karena dengan begitu Anda lebih mengetahui apa yang harus Anda lakukan juga lebih bisa mencari solusi apabila ada kendala.

Penentuan akan usaha apa yang Anda jalankan ini bisa Anda sesuaikan dengan budget yang ada. Jika usaha kuliner lah yang Anda inginkan berarti Anda harus menyesuaikan modal.

Bisnis yang besar, membutuhkan lokasi, ruang bisnisnya harus besar, harus ada banyak pekerja, berarti modalnya harus besar. Begitu juga sebaliknya.

2. Susun rencana usaha sebaik mungkin

Memulai usaha dari nol berarti harus mempersiapkan perencanaan matang yang dituangkan dalam rencana usaha. Rencana usaha yang baik adalah kunci kesuksesan usaha yang Anda bangun.

Anda harus memetakan rencana Anda beberapa tahun ke depan. Tujuan apa yang ingin Anda raih, dan cara apa yang akan Anda gunakan untuk meraihnya.

Ada banyak alasan mengapa rencana usaha adalah faktor penting sebelum memulai usaha, antara lain untuk memudahkan Anda mendapatkan pinjaman modal, untuk menilai apakah usaha Anda memungkinan untuk dimulai, sekaligus sebagai salah satu cara untuk meyakinkan investor untuk bergabung bersama usaha Anda.

Baca juga Dapatkan Suntikan Dana Usaha Dari Investor Dengan 5 Jurus Berikut Ini

3. Melakukan survey

Sebelum merealisasikan bisnis yang Anda inginkan, jangan lupa untuk melakukan survey. Ada beberapa indikator survey yang harus Anda lakukan. Diantaranya ada survey lokasi, survey konsumen, dan survey harga.

Melakukan survey lokasi untuk menentukan di mana Anda menjalankan bisnis. Bisa berupa ruang usaha, show room, pabrik, dan sebagainya.

Melakukan survey harga agar Anda bisa mengetahui berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing Anda di produk atau jasa yang sama. Kemudian lakukan pertimbangan apakah Anda akan menawarkan produk Anda dengan harga yang sama, lebih murah, atau lebih mahal.

Survey konsumen dilakukan supaya Anda lebih paham siapa konsumen Anda dan apa keinginan mereka. Ini akan memberitahu Anda juga apakah pasar Anda adalah kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas.

4. Menyiapkan Modal

Tentu ketika Anda ingin memulai satu usaha harus menyiapkan modal terlebih dahulu agar bisnis Anda bisa jalan, adapun modal disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan.

Anda harus menyiapkan modal dengan sempurna, melakukan pengadaan uang fisik, menyiapkan uang yang siap untuk dilakukan  transaksi, dan lainnya.

5. Luncurkan usaha Anda

Setelah Anda melakukan segala perencanaan dan persiapan maka yang perlu Anda lakukan adalah mengeksekusinya. Ingat bahwa memulai usaha dari nol bukanlah sesuatu yang mustahil. Jangan menyerah ketika hal tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Itu adalah tantangan yang pasti dihadapi oleh setiap pengusaha sukses. Dari situ, Anda dapat belajar cara menyesuaikan diri dengan dunia usaha yang selalu berubah setiap waktu. Anda harus selalu ingin belajar agar tidak ketinggalan trend pasar dan bisa selalu bersaing dengan usaha orang lain.

6. Lakukan promosi secara tepat

Promosi adalah salah hal wajib yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk ke calon pelanggan. Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang Anda miliki.

Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang keluar, maka target promosi haruslah tepat. Anda dapat mencoba mempromosikan produk Anda melalui Facebook Ads atau Google Adwords, kedua platform tersebut dapat menentukan target sesuai apa yang Anda inginkan.

Baca juga Media sosial untuk melakukan promosi online

7. Catat semua pengeluaran dan pemasukan saat memulai dan Ketika usaha sudah berjalan

Dan hal yang sangat penting adalah mencatat semua pengeluaran dan pemasukan saat memulai usaha dan Ketika usaha sudah berjalan.

Jika kesulitan, Anda bisa menggunakan catatan sederhana untuk membuat laporan keuangan sederhana. Anda juga bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pembukuan, pencatatan transaksi dan stok, juga pembuatan laporan keuangan secara mudah dan cepat.

Kesimpulan

Jangan memulai usaha asal-asalan, tapi mulailah dengan persiapan yang matang agar usaha Anda tidak rugi pada kemudian hari. Agar usaha Anda berjalan dengan lancar mulailah dengan beberapa tahap yang sudah saya uraikan di atas untuk meminimalisir kesalahan.

Tapi yang perlu diingat adalah, ketika Anda mengikuti tahap di atas belum tentu usaha Anda akan sukses. Karena menurut Small Business Association (SBA) sebanyak 30% dari bisnis baru gagal mencapai tahun keduanya.

Itu dia artikel tentang Cara Memulai Usaha, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga 8 cara menemukan peluang usaha.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar