Beranda Tutorial Cara Mudah Menambahkan Hingga Ribuan Kontak dengan Sekali Klik ke HP Android...

Cara Mudah Menambahkan Hingga Ribuan Kontak dengan Sekali Klik ke HP Android (Google Contact)

Cara Mudah Menambahkan Hingga Ribuan Kontak dengan Sekali Klik ke HP Android (Google Contact)

Apakah kamu ingin menambahkan ratusan hingga ribuan kontak ke hp Android dengan mudah?, Mungkin banyak dari kalian yang berprofesi sebagai marketing selama ini mengeluh karena terlalu banyak kontak yang harus di tambahkan satu persatu ke hp.

Kamu kebayang gak sih kalau kontaknya hingga ribuan, mungkin kalau masih ratusan tidaklah terlalu capek walaupun jari-jari sampai kertiting untuk menambahkan kontak satu-satu, tapi kalau sampai ribuan saya pikir cukup melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tutorial cara menambahkan kontak ke hp Android menggunakan Google Contact dengan sekali klik.

Yuk simak terus artikel berikut ini.

1Mengakses Google Contact. Untuk menambahkan kontak via Google Contact pastikan kamu sudah mempunyai alamat email yang terhubung dengan HP Android kamu, kalau belum ada alamat email silakan baca artikel ini dan baca juga artikel berikut ini bagaimana cara menambahkan akun gmail ke hp Android.

Adapun sebelum menambahkan kontak pastikan kamu sudah masuk kehalaman google contact melalui link berikut atau dengan cara klik tombol menu di sudut kanan atas kemudian klik Contacts setelah itu kamu akan dibawa kehalaman login, sila lakukan login dulu kemudian kamu akan dibawa ke halaman Contacts.

Mengakses Google Kontak

2 Menyiapkan daftar kontak. Sebelum kita mulai menambahkan kontak dengan sekali klik pastikan kamu sudah menyiapkan file CSV yang berikan daftar kontak kamu.

Adapun cara membuat file daftar kontak kedalam bentuk CSV silakan buka aplikasi excel terlebih dahulu.

Menyiapkan daftar kontak

Setelah aplikasi excel kebuka sila buatkan daftar kontak seperti gambar berikut. Adapun seperti Name, Company, Email Address, dan Mobile Phone itu adalah header yang wajib ada dan tidak bisa diubah, yang bisa diubah hanya datanya saja.

Menyiapkan list kontak

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, data Mobile Phone pada dasarnya berformat +62 823 6789 1010 namun untuk kasus ini cukup diketik 6282367891010 kemudian jangan lupa data tersebut diubah menjadi text dengan cara select semua data  nomor hp kemudian pada group box Number klik combobox General lalu klik More Number Formats…

Menyiapkan list kontak

Setelah itu pada tab Number pilih Text kemudian klik Ok.

Menyiapkan kontak

Kemudian silakan save data excel tersebut kedalam format CSV, adapun caranya klik pada tombol office di sudut kiri atas kemudian klik Save As.

Menyiapkan daftar kontak

Lalu pada bagian Save as type pilih format CSV (Comma delimited) kemudian klik tombol Save.

Menyiapkan daftar kontak

3 Impor data kontak dengan sekali klik. Setelah data siap kemudian kita akan import fiel CSV tersebut ke google contact. Pada halaman google Contacts klik tombol Import kemudian akan muncul form popup Import contacts kemudian klik tombol Select file lalu pilih file CSV yang sudah kita buat tadi kemudian klik tombol open.

Impor data kontak dengan sekali klik

Setelah itu file yang telah kamu pilih akan muncul didekat tombol Select file kemudian klik tombol Import.

Setelah itu file yang telah kamu pilih akan muncul didekat tombol Select file kemudian klik tombol Import.

4 Membuat nama group. Setelah data kita import kemudian kita akan buatkan group berdasarkan data tersebut, sebagai contoh kita akan buatkan group BLINK. Cara membuatnya klik tombol pensil lalu akan muncul form popup Rename label kemudian ganti dengan nama BLINK setelah itu klik tombol Save.

Membuat nama group

Dan selamat data kontak sudah berhasil ditambahkan kedalam group BLINK, untuk melihat datanya di hp Android silakan ketuk aplikasi bergagang telepon kemudian klik pada tab Contacts setelah itu pilih Groups.

Membuat nama group

Dan  kamu akan melihat Group BLINK yang sudah kita buat tadi, untuk melihat data kontak silakan klik pada group BLINK tersebut.

Membuat nama group

Kalau data kontak kamu belum terbaca di hp pastikan email yang kamu gunakan untuk menambahkan kontak sudah terkonek dengan hp kamu, baca artikel berikut untuk menambahkan akun kamu ke hp Android.

Itu dia tutorial Cara Mudah Menambahkan Hingga Ribuan Kontak dengan Sekali Klik ke HP Android (Google Contact), semoga artikelnya bermanfaat.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar