Beranda Umum 6 Cara Penting Mencegah Virus Corona (COVID19) Agar Tidak Terinfeksi

6 Cara Penting Mencegah Virus Corona (COVID19) Agar Tidak Terinfeksi

6 Cara Penting Mencegah Virus Corona (COVID19) Agar Tidak Terinfeksi
Image: theolivepress.es

Apakah Anda sedang mencari referensi cara mencegah virus corona atau dikenal dengan COVID19 ?, Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mencegah virus corona.

Sebelum kita masuk ke bagian cara mencegah virus corona, sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu virus corona. Virus ini berasal dari keluarga Virus Corona lainnya seperti MERS dan SARS serta yang lebih ringan yang menyebabkan flu.

Hasil penelitian medis pada saat ini menyatakan bahwa virus corona yang baru lebih mudah menular tapi tidak sematikan SARS. Bukti menyiratkan bahwa rasio atas penularan dari manusia ke manusia atas virus ini tampaknya lebih tinggi daripada SARS.

Untuk sekarang, bukti juga menyiratkan penularan kebanyakan terjadi melalui tetesan. Yang berarti bahwa virus ini terkandung di dalam tetesan yang dikeluarkan oleh orang yang terinveksi dari jarak yang dekat. Seperti ketika seseorang batuk atau bersin.

Apabila tetasan ini mengenai mata, hidung atau mulut dari seseorang baik secara langsung maupun tidak langsung, atau melalui tangan yang telah bersentuhan langsung dengan tetesan ini, orang tersebut dapat saja tertular.

Untuk klarifikasi, sekarang ini tidak ada bukti yang mengindikasikan bahwa virus ini menular lewat udara. Ada virus-virus lainnya seperti virus cacar air yang sangat mudah tertular via udara dan tidak memerlukan tetesan untuk mengenai mata maupun hidung. Jenis virus corona yang baru ini tidak berada dalam kategori ini.

Virus corona yang baru ini menular melalui kontak dengan permukaan. Sebagai contoh ketika seseorang bersin atau batuk, tetesannya jatuh ke permukaan meja-meja dan kursi-kursi dan virusnya mungkin tetap hidup untuk beberapa hari. Ketika orang lain menyentuh permukaan tersebut virusnya dapat berpindah melalui tangannya dan apabila dia mengucek matanya atau hidungnya tanpa mencuci tangan orang itu bisa saja tertular.

Baca juga:  Tips Mendapatkan Uang 100 Juta Dengan Instagram

Terus bagaimana mencegah virus tersebut agar tidak tertular, berikut ini saya akan uraikan 6 cara mencegah terinfeksi virus corona.

1. Mencuci Tangan Secara Berkala

Bersihkan tangan Anda sejam sekali dengan menggunakan sabun dan air atau cairan sanitizer. Mengapa mencuci tangan begitu penting?, karena virus menyebar melalui percikan (bersin/batuk).

Pada satu video yang saya tonton di akun instagram cordova mereka mengatakan bahwa virus corona tidak bertahan di udara dalam waktu yang lama, percikan akan jatuh ke permukaan lalu tangan Anda bisa saja menyentuh percikan tersebut. Oleh karena itu dengan rutin mencuci tangan menjadi sangat penting.

Pada satu penelitian mengatakan tangan kita selalu menyentuh wajah setidaknya 15-30 kali dalam satu jam, dan belum lagi ketika menyentuh mulut sebelum makan.

2. Menjaga Kebersihan

Jagalah kebersihan, dimulai dari rumah Anda, bersihkan bagian-bagian di dapur yang sering tersentuh minimal dua atau tiga kali dalam sehari, bukan apa, mungkin saja diarea tersebut terdapat tetesan virus corona, dengan kita sering membersihkannya maka virus tersebut akan mati dan hilang.

3. Hindari Tempat Keramaian

Kalau Anda adalah seorang MC yang sering di undang di ditempat keramaian atau Anda diundang dalam acara pesta ulang tahun dan lainnya usahakan untuk menghindarinya atau kalaupun tidak bisa menghindarinya jagalah kesersihan semaksimal mungkin, karena ditempat keramaian sangat rentan virus menyebar, karena kita tidak tahu siapa yang terinveksi virus corona.

4. Hindari Bersentuhan

Untuk sementara hindarilah bersentuhan secara langsung dengan orang-orang diluaran sana, untuk menjaga-jaga agar virus ini tidak terjangkit ke Anda, yang perlu Anda tahu bahwa orang yang mungkin Anda sentuh bisa saja terjangkit virus atau baru saja menyentuh permukaan yang terkena percikan virus corona kemudian bersalaman dengan Anda dan bisa saja terjangkit ke Anda.

Baca juga:  5 Universitas Terbaik di Amerika 2021, Berikut Penjelasannya

5. Kurangi Bepergian ke Luar Negeri

Apakah Anda seorang Business Man dan mungkin sering bepergian keluar negeri untuk urusan bisnis, kalau bisa kurangilah demi untuk kesehatan Anda, apalagi negara yang akan Anda kunjungi adalah zona merah virus corona seperti negara china, maka hati-hatilah karena virus corona menyebar sangatlah cepat dibandingkan virus lain dan tetap jaga kebersihan.

6. Menggunakan Masker

Banyak di video dan artikel yang saya baca mereka menyarankan untuk menggunakan masker bagi mereka yang sudah terjangkit, but come on guys, bagi kamu yang sehat saya sarankan untuk menggunakan masker juga, bukan apa, banyak mungkin diluaran sana orang-orang asing yang Anda jumpai di kendaraan umum bersin atau batuk tapi tidak menggunakan masker, nah dengan Anda menggunakan masker maka Anda bisa terhindar dari terkena percikan virus tersebut.

Itu dia 6 Cara Penting Mencegah Virus Corona (COVID19) Agar Tidak Terinfeksi, semoga artikelnya bermanfaat ya guys. Jangan lupa baca juga hidup senang tanpa memikirkan hutang.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaKenali 12 Jenis Kain yang Cocok Untuk Dijadikan Kerudung Hijab
Artikel selanjutnya6 Langkah Memilih Nama Channel Youtube!
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar