Beranda Bisnis 8 Cara Menemukan Peluang Usaha di Sekitar Anda

8 Cara Menemukan Peluang Usaha di Sekitar Anda

Cara Menemukan Peluang Usaha

Bagi sebagi orang menemukan peluang usaha itu sangat mudah. Namun bagi sebagian orang hampir tidak mungkin menemukan peluang usaha.

Kita banyak melihat pengusaha-pengusaha sukses di luar sana dengan ide bisnis mereka yang membuat kita berpikir, owh semudah itu menemukan peluang usaha. Usaha kreatif bermunculan terus dan kita yang ingin memulai usaha stuck karena belum mendapatkan peluang usaha yang berpontensi.

Menemukan peluang usaha memang susah-susah gampang, Banyak hal yang membuat kita susah menemukan ide usaha. Apalagi dijaman sekarang semua jenis usaha sudah ada, sehingga peluang usaha buat kita jalani semakin kecil.

Tapi tenang, walaupun sudah banyak usaha yang ada kamu tetap bisa kok menemukan peluang usaha yang bagus dan bernilai dengan menerapkan cara menemukan peluang usaha berikut ini.

1. Banyak membaca buku

Membaca adalah jendela dunia, begitu juga jika Anda ingin menemukan peluang usaha. Bacalah buku tentang bisnis sebanyak mungkin, terus baca juga buku-buku tentang pengusaha sukses, saya yakin jika Anda banyak membaca maka semakin mudah pula Anda untuk menemukan peluang usaha.

2. Pahami kemampuan diri

If you don’t understand the details of your business you are going to fail. – Jeff Bezos

Seperti kata Jeff Bezos, Jika Anda tidak memahami secari detail bisnis Anda maka Anda akan gagal. Dari quote di atas sudah jelas, Anda tidak bisa memulai usaha kalau tidak menguasai tentang produk atau jasa yang mau Anda jual.

Baca juga:  7 Cara Mengelola Keuangan Perusahaan Supaya Tidak Mengalami Kebangkrutan

Pada beberapa kasus pebisnis memulai usaha karena lagi ngetrend, contohnya, sekarang lagi merebaknya virus corona, maka banyak bermunculan pebisnis masker dimana-mana, tidak ada masalah sih kalau Anda ikutan nimbrung berjualan masker, lagian kalau Anda tidak terlalu paham bisa belajar di internet.

Namun pernah tidak Anda terpikir kalau bisnis tersebut rumit, tentu Anda harus belajar hingga betul-betul memahami bisnis yang mau Anda jalani tersebut, karena kalau tidak sama saja Anda masuk ke dalam kandang singa.

3. Memulai dari hobi

Kalau Anda punya hobi sila manfaatkan untuk ide usaha, lakukan riset terlebih dahulu disekitar tempat Anda tinggal, apakah sudah ada usaha tersebut, kalau sudah ada tidak masalah, Anda bisa memberikan nilai lebih, dan selamat kalau belum ada, Anda bisa manfaatkan untuk peluang usaha.

Bisnis yang berhasil itu adalah bisnis yang dilakukan dengan pemahaman yang detail, senang dan cinta, biasanya hobi akan selalu disertai hal-hal seperti itu. Sehingga peluang sukses akan lebih besar jika Anda memulai bisnis dari hobi.

4. Mencari hal yang lagi ngetrend

Anda bisa menemukan peluang usaha dengan memanfaatkan hal-hal yang lagi ngetrend. Sebagai contoh, sekarang lagi ngetrend bersepeda, dimana-mana orang bersepeda, nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual sepeda. Karena bisnis itu dimulai dari banyaknya permintaan dan penawaran.

5. Kenali usaha paling berpotensi

Anda bisa juga memulai usaha dengan melihat potensi pasar, biasanya potensi ini berbeda-beda tiap daerah. Adapun cara menemukan potensi usaha, Anda bisa melakukan riset di internet menggunakan google trend, atau menggunakan marketplace seperti Tokopedia dengan mencari barang paling laku.

Setelah dapat silakan kepasar terdekat dan datangi toko-toko yang perpotensi menjual produk tersebut, kemudian tanyakan produk tersebut tapi tidak harus membeli, serta tanyakan juga permintaan pasar mengenai produk tersebut.

Baca juga:  Merubah Sampah Menjadi Ladang Bisnis Yang Menguntungkan

Contoh pertanyaannya: Pak, ada jual produk ini?, Kalau belum ada mereka akan menjawab tidak ada, dan biasanya diikuti dengan kata-kata, banyak yang tanyak produk ini, kalau responnya cuma tidak ada Anda bisa menanyakan, memang ada yang tanyak produk ini selain saya pak?.

6. Amati kebutuhan masyarakat

Cara menemukan peluang usaha selanjutnya dengan cara mengamati kebutuhan masyarakat sekitar. Sebagai contoh, Anda tinggal di komplek perumahan, biasanya yang tinggal di komplek perumahan orang kantoran. Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan membuka laundry, biasanya ibu-ibu kantoran tidak sempat nyuci.

7. Belajar dari kesuksesan bisnis orang

Cara selanjutnya adalah, Anda bisa belajar dari kesuksesan orang kemudian amati, tiru, lalu modifikasi agar usaha Anda tidak sama persis seperti mereka.

Sebenarnya cara ini paling mudah, dan banyak kok pebisnis sukses mempunyai kesamaan usaha. Sebagai contoh usaha travel seperti Traveloka dan Tiket, mereka mempunyai kesamaan bisnis dan buktinya tetap bisa survive dan banyak customer yang membeli tiket di tempat mereka.

8. Belajar dari kekurangan pesaing

Anda ingin membuka usaha dan mempunyai satu bidang usaha yang menurut Anda sangat berpontensi, tapi sayang usaha tersebut sudah ada beberapa di daerah Anda. Apakah usaha tersebut masih bisa saya buka?, tentu bisa, yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan nilai lebih.

Anda bisa memberikan pelayanan yang maksimal, harga yang sedikit murah tapi bersaing, dan berikan kemudahan kepada calon customer, dengan cara menyediakan pemesanan via online. Jadi customer tidak harus ke toko jika ingin membeli produk atau jasa Anda.

Kesimpulan

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menemukan peluang usaha, seperti mengamati kebutuhan masyarakat, belajar dari kekurangan pesaing dan banyak lagi lainnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah peka terhadap kebutuhan masyarakat sekitar, terkadang banyak ide usaha yang bisa kita lakukan, namun  karena tidak peka sehingga duluan orang yang action.

Baca juga:  7 Ide Peluang Usaha Setelah Menikah yang Menjanjikan

Itu dia artikel tentang Cara Menemukan Peluang Usaha di Sekitar Anda, semoga artikelnya bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga tips sukses memulai bisnis bagi pemula.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar