Beranda Keuangan 6 Cara Mengatur Keuangan untuk Karyawan dengan Baik dan Benar

6 Cara Mengatur Keuangan untuk Karyawan dengan Baik dan Benar

cara mengatur keuangan

Sudah mempunyai gaji bulanan tapi belum tahu cara mengatur keuangan agar tidak boros dan habis begitu saja. Banyak kok anak muda yang suka foya-foya dan sekalinya sudah berumur baru sadar belum ada simpanan, investasi, dana pensiun dan lainnya.

Tidak semua kita tahu tentang manajemen kuangan, seperti saya pribadi, saya baru tahu tentang manajemen keuangan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan keuangan di umur 25 tahun. Kadang merasa menyesal karena telat sadar akan manajemen keuangan, tapi mau gimana lagi.

Karena pada kenyataannya, semenjak SD hingga selesai kuliah, kita tidak pernah diajarkan tentang keuangan. Baru cari tahu cara mengelola keuangan Ketika sadar belum ada simpanan sama sekali selama bekerja.

Oleh karena itu, di artikel ini saya akan memaparkan kepada Anda cara mengatur keuangan, berikut ini artikelnya.

1. Buatlah Budget Harian, Mingguan, dan Bulanan

Mungkin hal ini sangat mudah dilakukan, tapi pada kenyataannya sangat sulit untuk dilakukan, apalagi kalau penghasilannya pas-pasan. Oleh karena itu, kalau Anda ingin serius mengatur keuangan maka buatlah budgeting, sebagai contoh gaji Anda 3 juta, maka Anda  bisa breakdown keuangan seperti di bawah ini.

  • Kebutuhan sehari-hari, seperti sabun wajah, sabun mandi, pasta gigi, shampo, deodoran, perfume, dan air galon: Rp. 170.000
  • Biaya bulanan, seperti pangkas rambut, ganti oli dan service motor, paket data: Rp 205.000
  • Bensin motor: Rp 300.000
  • Biaya makan satu bulan: Rp 1 juta
  • Dana darurat: Rp 300.000
  • Uang untuk investasi: Rp. 1 Juta
Baca juga:  6 Tips Mengelola Keuangan Perusahaan

Untuk mudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan berikut ini.

2. Berhematlah Dalam Urusan Makanan

Sekarang ini sangat mudah untuk mengakses makanan, restoran di ujung jari tanpa harus keluar kantor untuk dapat menikmati berbagai jenis makanan. Karena itulah membuat kita susah untuk menahan diri.

Nah, kalau Anda ingin mengatur keuangan dengan bijak maka berhematlah dalam urusan makanan. Saran dari saya, buatlah anggaran jajan perharinya, sebagai contoh sehari 50.000, maka cukup bawa uang segitu jangan lebih.

3. Manfaatkan Setiap Diskon dan Promo

Agar belanjaan Anda bisa lebih hemat, sudah seharusnya Anda memanfaatkan diskon dan promo setiap kali berbelanja. Sering kok marketplace memberikan diskon atau promo hingga 70% lebih.

4. Hindari Berbelanja Secara Berlebihan

Kalau biasanya Anda boros dalam urusan berbelanja, sudah saatnya Anda berhemat, jangan belanja berlebihan. Apalagi sekarang berbagai marketplace sudah memberikan berbagai fitur untuk memudahkan kita berbelanja, seperti Shopee dengan fitur ShopeePayLater, Anda bisa belanja sekarang dan bayar di akhir bulan.

Untuk menghindari berbelanja secara berlebihan Anda harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sila utamakan kebutuhan disaat berbelanja, kalau keinginan tahan dulu, silakan penuhi keinginan disaat sudah ada uang lebih.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Kalau hidup hanya mengandalkan gaji ke gaji tentu tidak cukup, kecuali Anda bekerja sebagai manager, director, atau jabatan mewah lainnya. Namun bayangkan kalau Anda hanya seorang karyawan biasa dengan gaji cuma 3 juta, tentu tidak cukup, Anda harus mencari sumber penghasilan lain. Mudah kok untuk mencari sumber penghasilan lain, anda bisa baca artikel berikut sebagai referensi.

6. Hindari Hutang

Yap, kalau Anda ingin mengatur keuangan, mulai sekarang hindari hutang, apalagi hutang dengan bunga yang besar. Berhutang membuat Anda stres.

Baca juga:  Tagihan atau Cicilan Menumpuk? Berikut Ini 10 Tips Cerdas Cara Mengatasinya

Kalaupun Anda sangat butuh uang bisa menggunakan dana darurat, jika tidak ada, saran dari saya jual barang yang tidak terpakai atau pinjam uang sama teman Anda, karena pinjaman dari teman tidak memiliki bunga. Tetapi selama itu tidak penting maka hindari pinjaman dulu.

Kesimpulan

Mengatur keuangan bagi Sebagian orang gampang, namun bagi sebagian orang hampir tidak mungkin dikarenakan gaji kecil, tapi tidak masalah gaji kecil, mulai sekarang Anda harus punya inisiatif untuk mencari penghasilan tambahan.

Bagi Anda yang baru belajar mengatur keuangan mungkin di awal akan terasa berat, tapi percayalah, tiga minggu setelahnya Anda akan merasa gampang dan akan menjadi gaya hidup.

Itu dia artikel tentang cara mengatur keuangan, semoga artikelnya bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga 3 Cara Kelola Uang Agar Tidak Boros dan Tambah Banyak.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnya8 Cara Menemukan Peluang Usaha di Sekitar Anda
Artikel selanjutnyaPerbedaan Emas Asli dan Palsu, Berikut 8 Cara yang Bisa Anda Coba
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar