Beranda Keuangan Cara Kelola Keuangan Agar Hidup Lebih Bahagia

Cara Kelola Keuangan Agar Hidup Lebih Bahagia

Cara Kelola Keuangan Agar Hidup Lebih Bahagia
Image: Pixabay

Pola hidup bahagia maksudnya adalah dimana anda harus mengelola uang dengan rasa bahagia dan bersyukur setiap saat. Lakukan segala usaha anda dengan mengawali dengan rasa syukur, ikhlas dan tawakal.

Jika anda ingin agar uang anda terkelola dengan baik maka anda harus lebih belajar dari pengalaman seseorang ataupun pengalaman pribadi. Contohnya bila anda pernah gagal dalam mengelola uang maka cara yang pernah anda lakukan harus dihindari atau buang jauh-jauh. Berarti cara yang pernah anda lakukan itu bukanlah cara yang tepat untuk mengelola uang.

Terlebih lagi bila anda memiliki seorang teman atau kerabat yang memiliki pengamalan buruk atau justru sebaliknya, misalnya teman anda telah sukses mengeloa uang dan memiliki sumber penghasilan yang cukup menjanjikan maka anda perlu banyak belajar dari kerabat anda tersebut

Selain belajar dari pengalaman anda juga dapat memulai bisnis mandiri dengan modal secukupnya atau jangan terlalu memaksakan diri untuk memenuhinya dengan hutang sana sini.

Berbisnislah dengan bahagia, dalam artian jangan buat usaha atau bisnis anda ini menjadi beban baru bagi anda dan keluarga. Jika anda masih merasa bingung bagaimana cara mengelola uang yang baik maka anda dapat membaca ulasan dibawah ini:

1. Kurangi hutang piutang

Jika anda merasa kekurangan atau butuh dana yang lebih jangan langsung tertuju pada satu titik yaitu behutang pada orang lain atau bank. Anda harus berusaha terlebih dahulu sampai pada akhirnya memang tidak ada jalan lain selain berhutang.

Perlu saya tegaskan bahwa anda sudah pernah berhutang maka anda akan terus melakukan hal yang sama ketika anda dalam posisi  yang sama.

Baca juga:  8 Tips Menghemat Uang Untuk Para Pelajar

Hutang tidak akan membuat anda semakin maju tapi akan membuat Anda terpuruk kerena usaha dan kerja keras anda seperti tidak memiliki makna, yaitu bekerja hanya untuk melunasi hutang bukan bekerja untuk menambah uang.

2. Berbisnis Bahagia

Apapun bisnis atau usaha yang sedang anda jalani akan menjadi lebih baik jika anda melakukannya dengan bahagia. Sebab dengan anda menebar kebahagiaan pada setiap orang anda akan menebarkan aura postif yang niscaya nantinya akan bermanfaat pula dengan anda.

Apapun bisnisnya sisihkan uang anda untuk ditabung agar uang itu tidak terbuang sia-sia. Selain itu sisihkan pula uang anda untuk kebutuhan mendadak atau simpanan ketika anda mengalami sebuah musibah seperti contohnya sakit.

3. Buatlah target pencapaian

Apapun yang hendak anda capai atau hendak anda lakukan semuanya harus terstruktur dan terencana dengan matang, agar semuanya menjadi lancar dan tidak kacau balau.

Jika anda sudah melakukannya sejak dini maka dijamin bahwa hidup anda nantinya akan lebih mudah dan terencana segala sesuatunya. Sedikit kemungkinan untuk mengalami sebuah masalah atau kegagalan karena semuanya sudah dipikirkan dengan sangat matang dan hati-hati.

Tetapi tetap perlu anda ingat bahwa semua telah diatur oleh sang pencipta, walaupun semua sudah anda rencanakan dengan matang terkadang juga masih belum dapat berjalan dengan sempurna tapi setidaknya dengan Anda merencanakan dan membuat target sebelumnya anda sudah dapat mengantisipasi itu.

4. Buka tabungan berjangka

Jika anda memiliki uang yang cukup banyak atau setidaknya anda sudah memiliki gaji tetap anda bisa membuka tabungan berjangka agar uang anda tidak di otak atik dan tetap aman dalam tabungan.

Tabungan berjangka itu dapat membuat anda lebih hemat, namun kembali lagi pada diri anda jika memang anda tidak dapat menjalani semua itu dengan bahagia maka anda akan terus merasa terbebani dan selalu kekurangan.

Baca juga:  5 Nasehat Keuangan Mark Cuban yang Patut Ditiru

Itu dia artikel tentang Cara Kelola Keuangan Agar Hidup Lebih Bahagia, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga 7 daftar aplikasi pengelola keuangan.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar