Beranda Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Mobile/Android)

Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Mobile/Android)

Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Mobile/Android)
Image: Dropbox.com

Apakah kamu sedang mencari referensi cara menggunakan Dropbox?, selamat kamu sedang berada pada artikel yang tepat, pada tulisan ini saya akan memberikan tutorial lengkap bagaimana cara menggunakan dropbox, manfaat, dan pengenalan fitur-fitur yang ada pada dropbox. Oya kalau kamu ingin mencari referensi tempat penyimpanan online terbaik lainnya bisa baca di artikel ini ya.

Kamu tahu gak sih kalau sekarang penyimpanan online menjadi faforit kebanyakan orang, alasan mereka menggunakan penyimpanan online karena kamu dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun selama kamu terkoneksi dengan jaringan, terus tidak ada alasan juga bagi kamu untuk tidak memanfaatkan aplikasi secanggih ini. Oya jangan lupa juga baca Lengkap cara menggunakan OneDrive.

Okay langsung saja kita masuk pada tutorialnya.

1 Mengakses Dropbox. Awalnya kamu harus mengakses dropbox terlebih dahulu menggunakan aplikasi dropbox, kalau belum ada silakan unduh di Playstore setelah itu buka aplikasinya kemudian kamu akan melihat tampilan login lalu silakan klik tombol SIGN IN WITH GOOGLE kemudian pilih alamat email yang akan kamu gunakan untuk login ke Dropbox lalu klik tombol Allow kemudian kamu akan dibawa kehalaman Create a Dropbox account kemudian pilih I agree to the Dropbox terms lalu klik tombol Create account kemudian kamu akan dibawa kehalaman Choose Your Dropbox Plan langsung saja klik tombol palang di sudut kiri atas setelah itu klik tombol SKIP lalu klik lagi SKIP dan selamat kamu sudah berhasil membuat akun dan akses ke dropbox, untuk lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut. Oya bagi kamu yang belum ada akun gmail silakan baca artikel berikut.

Mengakses Dropbox

Mengakses Dropbox

2 Fitur Quick Button. Pada poin ini saya akan menjelaskan beberapa fitur quick button, adapun untuk memunculkan fitur ini silakan klik tombol plus (+) di sudut kanan bawah kemudian kamu akan melihat tampilan beberapa fitur quick button, untuk lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Fitur Quick Button

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, berikut penjelasannya.

  • Take a photo. Kamu ingin mengambil photo setelah itu langsung disimpan kedalam dropbox, kenapa enggak menggunakan fitur Take a photo ini saja.
  • Scan document. Biasanya kalau mau scan document kamu harus menggunakan printer yang support untuk scan, tapi tenang kalaupun kamu tidak mempunyai printer yang support scan kamu bisa menggunakan fitur ini dan hasilnya akan disimpan kedalam dropbox dalam bentuk PDF/JPEG.
  • Upload photos or videos. Kalau Kamu ingin memasukkan foto atau vidio kedalam dropbox sila menggunakan fitur ini.
  • Create or upload file. Kamu ingin membuat dokument baru menggunakan Paper, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, atau Text file yap kamu bisa menggunakan fitur ini. Hmmm kamu rupanya sudah mempunyai file tersebut dan ingin memasukkan kedalam dropbox, kamu bisa menggunakan fitur Upload files ini.
  • Create new folder. Kalau kamu ingin membuat folder baru bisa menggunakan fitur ini.
  • Add file from a computer. Kamu mempunyai file dikomputer dan ingin memasukkan kedalam dropbox android, kamu bingung bagaimana caranya, tenang kamu bisa menggunakan fitur ini.

3 Pengenalan menu pada Folder. Pada poin ini saya tidak akan menjelaskan secara detail namun hanya akan menjelaskan secara garis besar, adapun cara memunculkan menu ini klik pada tombol titik tiga pada folder kemudian akan muncul satu form baru yang berisi menu-menu tersebut.

Pengenalan menu pada Folder

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, terdapat beberapa menu yang bisa digunakan, dimulai dari Share yaitu menu yang bisa kamu gunakan untuk membagi folder tersebut kepada temanmun, lalu ada menu Sort yang bisa kamu gunakan untuk mengurutkan folder berdasarkan nama atau tanggal, kemudian lagi ada menu Star untuk menandai folder dengan bintang, lalu ada menu Rename yang bisa kamu gunakan untuk mengganti nama folder kamu, terus ada menu Copy untuk menyalin folder tersebut yang nantinya akan dipastekan ketempat lain, dan ada juga menu Move yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan Folder tersebut ketempat lain, dan yang terahir ada menu Delete untuk menghapus folder tersebut.

4 Pengenalan menu pada File. Pada poin ini saya tidak akan menjelaskan secara detail namun hanya akan menjelaskan secara garis besar, adapun cara memunculkan menu ini klik pada tombol titik tiga pada file kemudian kamu akan melihat form menu yang bisa kamu gunakan, perhatikan gambar berikut.

Pengenalan menu pada File

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, terdapat beberapa menu yang bisa digunakan, dimulai dari menu Copy link yang bisa kamu gunakan untuk mengcopy link yang selanjutnya link tersebut kamu kirimkan ke temanmun via WA atau media lainnya, kemudian ada menu Share yang bisa kamu gunakan untuk berbagi file, lalu ada menu Manage access dimana menu ini bisa kamu gunakan untuk mengontrol link apakah nanti penerima link yang kamu bagikan dapat mengedit file tersebut atau hanya dapat melihat saja, tapi sayangnya fitur ini hanya bisa dinikmati oleh member premium, selanjutnya ada menu Star untuk menandai file, kemudian ada Rename untuk mengganti nama file kamu, lalu ada Copy untuk menyalin file, kemudian ada menu Move yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan file tersebut, lalu selanjutnya ada menu Open with… yang bisa kamu gunakan jika ingin membuka file tersebut menggunakan aplikasi lain selain bawaan dari dropbox, kemudian ada menu Export yang mana menu ini bisa kamu gunakan kalau ingin mengirim file tersebut kepada temanmu via WhatsAppa atau media lainnya, dan yang terahir ada menu Delete yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file tersebut.

Itu dia tutorial Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Mobile/Android), dan jangan lupa juga baca tutorial Lengkap cara menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox (Komputer/Laptop).

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaLengkap Cara Menggunakan One Drive – Manfaat dan Fitur pada One Drive
Artikel selanjutnyaLengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive (Komputer/Laptop)
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar