Beranda Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Komputer/Laptop)

Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Komputer/Laptop)

Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Mobile/Android)
Image: Dropbox.com

Apakah kamu sedang mencari referensi cara menggunakan Dropbox?, selamat kamu sedang berada pada artikel yang tepat, pada tulisan ini saya akan memberikan tutorial lengkap bagaimana cara menggunakan dropbox, manfaat, dan pengenalan fitur-fitur yang ada pada dropbox. Oya kalau kamu ingin mencari referensi tempat penyimpanan online terbaik lainnya bisa baca di artikel ini ya.

Kamu tahu gak sih kalau sekarang penyimpanan online menjadi faforit kebanyakan orang, alasan mereka menggunakan penyimpanan online karena kamu dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun selama kamu terkoneksi dengan jaringan, terus tidak ada alasan juga bagi kamu untuk tidak memanfaatkan aplikasi secanggih ini. Oya jangan lupa juga baca Lengkap cara menggunakan OneDrive.

Okay langsung saja kita masuk pada tutorialnya.

1 Mengakses Dropbox. Awalnya kamu harus mengakses dropbox terlebih dahulu menggunakan aplikasi google chrome atau boleh juga menggunakan aplikasi lainnya. Lalu ketikkan kata kunci pada Google pencarian dengan kata kunci dropbox kemudian klik pada link tersebut atau boleh juga melalui link berikut ini setelah itu klik Daftar dengan Google (kalau belum mempunyai akun Gmail silakan baca artikel berikut ini)  perhatikan gambar berikut ini

Mengakses Dropbox

Setelah itu akan muncul form popup Login kemudian masukkan Email atau Ponsel kamu kemudian klik tombol Berikutnya setelah itu Masukkan sandi Anda lalu klik

tombol Berikutnya setelah itu klik tombol Allow dan kamu sudah berada pada halaman Buat akun seperti gambar berikut.

Mengakses Dropbox

Sila isikan Nama depan dan Nama belakang kemudian centang Saya setuju dengan Ketentuan Dropbox setelah itu klik Daftar kemudian akan muncul form popup teka teki Dropbox silakan jawab sampai dengan selesai setelah itu klik Lanjutkan dengan paket Dropbox Basic 2 GB, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Mengakses Dropbox

Selamat kamu sudah berhasil mendaftar di Dropbox, selanjutnya silakan klik tombol Unduh Dropbox kalau ingin mengunduh aplikasinya atau bisa juga kalau ingin mengakses via web langsung dengan cara mengubah URL dari dropbox.com/install menjadi dropbox.com/ lalu tekan Enter pada keyboard dan selamat kamu sudah berhasil mengakses halaman dropbox.

Mengakses Dropbox

2 Pengenalan menu utama pada Dropbox. Pada poin nomor dua ini saya akan menjelaskan menu-menu utama yang sering digunakan pada dropbox, namun nantinya saya akan menjelaskan juga lebih detail menu/fitur-fitur lainnya, untuk lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut. Oya sebelumnya saya mau bilang kalau dropbox ini terlalu memaksa kita untuk menginstall aplikasi di Komputer atau di HP, agak mengganggu sih.

Pengenalan menu utama pada Dropbox

  • Unggah file. Kalau kamu ingin menyimpan file kedalam dropbox maka bisa menggunakan fitur ini, caranya klik pada Unggah file kemudian pilih file yang akan dimasukkan kemudian klik open setelah itu akan muncul form popup Unggah ke… lalu klik tombol Buat folder baru kalau belum ada folder atau bisa juga langsung klik tombol Unggah.
  • Unggah folder. Sama seperti penggunaan menu Unggah file, namun bedanya kalau fitur yang ini bisa kamu gunakan jika ingin mengunggah folder. Caranya klik menu Unggah folder kemudian pilih folder yang akan di upload kemudian klik tombol Upload lalu klik lagi tombol Upload.
  • Folder baru. Kamu ingin membuat folder baru, silakan menggunakan fitur ini dengan cara klik Folder baru kemudian akan muncul form popup Buat Folder kemudian didalam textfield Nama folder ketikkan nama folder kamu lalu klik tombol Buat dan selamat kamu sudah berhasil membuat folder.
  • Folder bersama yang baru. Kamu ingin membuat folder kemudian ingin membagikan folder tersebut ke teman kamu maka kamu bisa menggunakan fitur ini. Cara membuatnya klik pada menu Folder bersama yang baru kemudian akan muncul form popup Bagikan folder dari Dropbox pribadi Anda kemudian pilih salah satu dari dua pilihan tersebut lalu klik tombol Berikutnya kemudian kamu akan dibawa kehalaman selanjutnya, lalu pada texfield Nama folder isikan nama folder tujuan kamu lalu pada textfield Hingga: isikan alamat email lalu ubah pengaturan hak akses apakah Dapat mengedit atau Dapat melihat kemudian tambahkan pesan kamu dibagian Tambahkan pesan (opsional bisa diisi atau tidak) lalu klik tombol Bagikan dan selamat proses pembuatan foldernya sudah selesai.

3 Pengenalan fitur detail Dropbox. Disini saya akan menjelaskan kepada kamu penggunaan fitur detail pada dropbox, adapun cara memunculkan menu ini sila klik tombol Buat kemudian akan muncul menu dropdown yang nantinya akan saya jelaskan satu persatu, lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Pengenalan fitur detail Dropbox

  • Dropbox Paper. Adapun fitur ini bisa kamu gunakan kalau ingin membuat Dropbox Paper yang fungsi dan fiturnya hampir-hampir sama seperti blog kebanyakan.
  • Templat Dropbox Paper. Adapun fitur ini sama persis seperti fitur Dopbox Paper, tapi yang membedakannya kalau fitur yang ini sudah memiliki berbagai design templat yang tidak perlu kamu design dari nol lagi.
  • Dokumen Word. Kamu ingin membuat surat atau skripsi?, tenang sekarang kamu bisa menggunakan fitur word online ini, menu dan fungsinya sama persis seperti Ms Word pada umumnya. Cara membuat file Dokumen Word klik pada Dokumen Word kemudian akan muncul form popup Buat file di… lalu klik tombol Buat kemudian kamu akan dibawa kehalaman kerja Word online dan selamat kamu sekarang sudah dapat membuat surat atau skripsi secara online.
  • Buku kerja Excel. Kamu ingin membuat laporan keuangan?, tenang kamu sekarang sudah dapat membuat laporan tersebut menggunakan Excel online, jadi sekalipun kamu tidak memiliki aplikasi di laptop kamu bisa memanfaatkan fitur ini. Cara membuatnya klik pada Buku kerja Excel kemudian akan muncul form popup Buat file di… lalu klik tombol Buat kemudian kamu akan dibawa kehalaman kerja Excel online dan selamat kamu sekarang sudah dapat membuat laporan keuangan secara online.
  • Presentasi PowerPoint. Kamu ingin membuat slide presentasi tapi di komputer/laptop belum ada aplikasi Ms Power Point, tenang kamu bisa menggunakan aplikasi ini kok. Cara membuatnya klik pada Presentasi PowerPoint kemudian akan muncul form popup Buat file di… lalu klik tombol Buat kemudian kamu akan dibawa kehalaman kerja Presentasi PowerPoint dan selamat kamu sekarang sudah dapat membuat slide presentasi secara online.
  • Google Dokumen. Fitur ini bisa kamu dapat tidak hanya di google drive saja tapi juga di dropbox, you know Google Dokumen sama saja kegunaanya sama Dokumen Word, mungkin perbedaannya dari segi design dan tools. Adapun cara memulainya klik pada Google Dokumen lalu akan muncul form popup Buat file di… kemudian klik tombol Buat lalu kamu akan dibawa kehalaman kerja Google Dokumen dan selamat kamu sekarang sudah bisa menggunakannya.
  • Google Spreadsheet. Sama seperti Buku kerja Excel, kamu bisa menggunakan fitur ini jika ingin membuat laporan atau pengolaan data jenis lainnya. Adapun cara memulainya klik pada Google Spreadsheet lalu akan muncul form popup Buat file di… kemudian klik tombol Buat lalu kamu akan dibawa kehalaman kerja Google Spreadsheet dan selamat kamu sekarang sudah bisa menggunakannya.
  • Google Slide. Kamu ingin membuat slide presentasi tapi di komputer/laptop belum ada aplikasi Ms Power Point, tenang kamu bisa menggunakan aplikasi ini kok. Cara membuatnya klik pada Google Slide kemudian akan muncul form popup Buat file di… lalu klik tombol Buat kemudian kamu akan dibawa kehalaman kerja Google Slide dan selamat kamu sekarang sudah dapat membuat slide presentasi secara online.

4 Pengenalan menu pada Folder. Pada poin ini saya tidak akan menjelaskan secara detail namun hanya akan menjelaskan secara garis besar, adapun cara memunculkan menu ini pastikan kamu berada pada halaman Awal lalu klik pada tombol titik tiga pada folder kemudian kamu akan melihat dropdown menu yang bisa kamu gunakan, perhatikan gambar berikut.

Pengenalan menu pada Folder

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, terdapat beberapa menu yang bisa digunakan, dimulai dari Bagikan yaitu menu yang bisa kamu gunakan untuk membagi folder tersebut kepada temanmun, lalu ada menu Unduh yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh folder tersebut, dan juga menu Hapus… yang bisa kamu gunakan untuk menghapus folder tersebut, dan yang terahir adalah menu Lihat di folder yang bisa kamu gunakan untuk melihat lebih detail yang nantinya ketika kamu klik akan dibawa kehalaman File, dan untuk memunculkan menu detail dari folder kamu dapat mengklik tombol titik tiga kemudian akan muncul menu dropdown seperti yang bisa kamu lihat pada gambar berikut ini.

Pengenalan menu pada Folder

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, banyak fitur-fitur yang bisa kamu gunakan, dimulai dari Bagikan, unduh, Kirim dengan Transfer yang mana menu ini hampir sama fungsinya seperti mengirim folder dari komputer ke flashdisk dan you can try it for detail, terus ada menu Minta file yang mana menu ini bisa kamu gunakan untuk meminta file kepada temanmu agar segera mengumpulkan file penting kedalam satu folder atau kamu seorang pengajar memberikan tugas ke students kemudian meminta mereka agar dapat mengumpulkan file tugas tersebut kedalam satu folder yang kamu buat ini and again mungkin ini salah satu kelebihan dari dropbox selain fitur-fitur lainnya juga, kemudian ada menu Bintangi yang bisa kamu gunakan untuk menanda folder, kemudian Putar ulang atau bisa juga disebut resfresh, lalu ada menu Ganti nama untuk mengubah nama folder, kemudian ada menu Pindahkan yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan folder kedalam folder lain, lalu ada Salin yang bisa kamu gunakan untuk mengcopy folder yang kemudian akan kamu paste ketempat lain, kemudian ada Hapus yaitu menu untuk menghapus folder, dan yang terahir menu Pin ke Dropbox yang mana menu ini sangat membantu kamu untuk fokus pada satu folder atau beberapa saja yang nanti foldernya akan muncul dipaling atas.

5 Pengenalan menu pada File. Pada poin ini saya tidak akan menjelaskan secara detail namun hanya akan menjelaskan secara garis besar, adapun cara memunculkan menu ini pastikan kamu berada pada halaman Awal lalu klik pada tombol titik tiga pada file kemudian kamu akan melihat dropdown menu yang bisa kamu gunakan, perhatikan gambar berikut.

Pengenalan menu pada File

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, terdapat beberapa menu yang bisa digunakan, dimulai dari Bagikan, Unduh, trus ada menu Komentar yang bisa kamu gunakan untuk menumpahkan ide kamu pada file tersebut agar pembuat file atau yang menerima file tersebut dapat melihat, kemudian ada menu Hapus… yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file kemudian ada menu Riwayat versi, dan Lihat di folder yang bisa kamu gunakan untuk melihat file secara detail, nanti sesudah kamu klik menu Lihat di folder kemudian akan dibawa kehalaman File lalu klik pada tombol titik tiga pada file tujuan kamu lalu kamu akan melihat tampilan menu dropdown yang bisa kamu gunakan, untuk lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut ini.

Pengenalan menu pada File

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar diatas, banyak fitur-fitur yang bisa kamu gunakan, namun disini saya tidak akan menjelaskan lagi dikarena sudah saya jelaskan pada bagian Pengenalan menu pada Folder dan menu-menunya sama persis adanya seperti menu Bagikan, Unduh, Kirim dengan Transfer, Tambahkan Komentar, Bintangi, Ganti Nama, Pindahkan, Salin, Hapus dan Pin ke Dropbox.

Itu dia tutorial tentang Lengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Komputer/Laptop), dan jangan lupa juga baca tutorial Lengkap cara menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox (Mobile/Android).

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaLengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive (Komputer/Laptop)
Artikel selanjutnyaTutorial Lengkap Cara Paling Mudah Membuat Google Form
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar