Beranda Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive...

Lengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive (Komputer/Laptop)

Lengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive (MobileAndroid)
Image: review.bukalapak.com

Apakah kamu sedang mencari tutorial cara menggunakana Google Drive?, Kalau memang iya berarti kamu sekarang lagi berada pada artikel yang tepat, karena pada artikel kali ini saya akan menuliskan tutorial lengkap cara menggunakan Google Drive. Kamu tahu gak sih kalau Google Drive itu sekarang sudah menjadi salah satu tool favorit kebanyakan orang untuk menyimpan data secara online, bukan hanya itu saja, tapi juga gratis digunakan loh dengan maskimal penyimpanan  data hingga 15 Giga.

Yuk langsung saja kita masuk kedalam tutorialnya, oya saya ada juga menulis tentang tutorial Lengkap cara menggunakanan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox.

1 Mengakses Google Drive. Awalnya kamu harus mengakses google drive terlebih dahulu menggunakan google chrome dengan cara klik pada tombol menu dipojok kanan atas atau bisa juga via link ini dan kemudian pilih Drive.

Mengakses Google Drive

Setelah itu kamu akan dibawa kehalaman login, sila melakukan login hingga kamu berhasil masuk kehalaman Google Drive berikut ini. Belum punya akun Gmail? silakan baca artikel berikut ini.

Mengakses Google Drive

2Pengenalan Menu pada Google Drive. Pada poin kedua ini saya hanya akan menjelaskan menu-menu penting saja, namun untuk memunculkan menu tersebut terlebih dahulu kamu harus klik tombol New di pojok kiri setelah itu kamu akan melihat tampilan beberapa menu, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

Pengenalan Menu pada Google Drive

Pengenalan Menu pada Google Drive

Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas terdapat beberapa menu, berikut penjelasan dari menu-menu tersebut.

  • Folder. Jika kamu ingin membuat satu folder silakan klik pada menu tersebut lalu kamu akan melihat popup New Folder dan dibagian Untitled folder silakan ganti dengan nama folder kamu kemudian klik tombol Create.
  • File upload. Seperti yang sudah saya jelaskan pada paragraf pertama bahwa google drive digunakan untuk menyimpan data secara online, nah bagaimana cara menyimpan data tersebut?, sila menggunakan menu File upload untuk menyimpan data kamu yang di komputer ke google drive. Adapun caranya silakan klik menu File upload kemudian kamu akan melihat halaman popup lalu silakan pilih file yang ingin kamu simpan di google drive.
  • Folder upload. Pada bagian B mengupload file namun pada bagian C ini menu yang akan kita gunakan jikalau ingin mengupload folder, pada kebanyakan kasus hanya file yang bisa diupload dan kalaupun ingin mengupload folder kamu harus rar-kan dulu folder tersebut agar bisa diupload. Adapun cara mengupload folder silakan klik pada menu Folder upload kemudian kamu akan melihat halaman popup lalu silakan pilih folder yang ingin kamu simpan di google drive.
  • Google Docs. Sekarang kalau kamu ingin membuat surat tidak perlu harus menggunakan ms word namun kamu juga bisa menggunakan Google Docs, apasaja kelebihan yang diberikan Google Docs? Kalau fitur jelas masih unggul Ms Word namun kalau kamu ingin bekerja online tentu saja Google Docs mempunyai fitur ini yang tentu tidak dimiliki oleh Ms Word.
  • Google Sheets. Ingin membuat laporan, mengelola data, atau apasaja yang dalam bentuk angka mungkin biasanya kamu akan mengandalkan Ms Excel tapi tenang kamu bisa menggunakan Google Sheets juga, apasaja kelebihan yang diberikan Google Sheets? Kalau fitur jelas masih unggul Ms Excel namun kalau kamu ingin bekerja online tentu saja Google Sheets mempunyai fitur ini yang tentu tidak dimiliki oleh Ms Excel.
  • Google Slides. Saya butuh Ms PowerPoint nih untuk membuat slide presentasi tapi di laptop tidak ada aplikasi tersebut terus bagaimana solusinya?, Tenang kamu bisa menggunakan Google Slides,  apasaja kelebihan yang diberikan Google Slides? Kalau fitur jelas masih unggul Ms PowerPoint namun kalau kamu ingin bekerja online tentu saja Google Slides mempunyai fitur ini yang tentu tidak dimiliki oleh Ms PowerPoint.
  • More. Pada menu terahir ini kamu kamu akan mendapati beberapa tools seperti Google Forms, Google Drawings, Google My Maps, Google Sites, Google Apps Script, Google Jamboard, dan Connect More Apps. Namun dari kesemua tools tersebut saya hanya akan menjelaskan kepada kamu bagaimana cara penggunaan Google Forms.

3 Pengenalan Menu Pada Folder. Berikut ini saya akan menjelaskan fungsi menu-menu yang ada pada folder, adapun cara memunculkan menu berikut ini kamu harus klik kanan (klak) pada folder.

Pengenalan Menu Pada Folder

  • Open with. Menu bisa kamu gunakan jika ingin membuka folder tersebut menggunakan fitur pihak ketiga, jika kamu tahu lebih detailnya silakan klik saja pada + Connect more apps.
  • Share. Kamu ingin membagikan folder tersebut kepada orang lain agar mereka juga dapat mengakses folder tersebut, mudah saja. Kamu klik pada tombol Share lalu akan muncul form popup Share with people and groups lalu pada textfield Add people and groups ketikkan alamat email kemudian klik tombol Done. Oya kamu mungkin tidak ingin menggunakan fitur tersebut kamu hanya ingin mendapatkan link saja untuk kemudian dishare di groups WhatsApp, silakan menggunakan fitur Get link lalu klik tombol Copy link, oya kalau kamu ingin folder tersebut agar dapat diubah oleh orang yang menerima link yang kamu bagikan kamu dapat mengklik tombol Change lalu klik pada tombol Restricted pilih Anyone with the link kemudian kamu klik pada tombol Viewer sebelah kanan kemudian pilih Editor dan klik tombol Done.
  • Get shareable link. Ingin mendapatkan link folder tersebut untuk kemudian dibagikan kepada orang lain dengan cepat kamu bisa menggunakan fitur Get shareable link.
  • Add shortcut to Drive. Kamu ingin membuat folder tersebut menjadi dua biji, tiga, empat dan seterusnya kamu dapat menggunakan fitur ini. Cara penggunaannya silakan klik pada menu Add shortcut to Drive kemudian muncul form dropdown pada menu My Drive kemudian klik tombol ADD SHORTCUT dan selamat kamu sudah berhasil membuat folder lebih dari satu.
  • Move to. Kamu ingin memindahkan folder tersebut kedalam folder lain agar lebih aman, tenang kamu dapat menggunakan fitur ini untuk memindahkan folder tersebut. Caranya klik pada menu Move to lalu pilih folder tujuan kemudian klik tombol Move dan selamat kamu sudah berhasil memindahkan folder tersebut.
  • Add to Starred. Kamu pernah gak menggunakan fitur Likes pada aplikasi online shop seperti Shopee atau Tokopedia yang nanti hasil like kamu akan muncul didalam folder Favorit Saya, nah ternyata fitur tersebut tidak hanya terdapat pada online shop namun juga terdapat pada Google Drive dengan fitur Add to Starred. Aduh kamu mempunyai terlalu banyak folder di dalam google drive akan tetapi ada beberapa folder yang sering kamu akses, agar lebih mudah untuk mengkasesnya kenapa kamu tidak menggunakan fitur Add to Starred saja yang mana nantinya folder yang kamu Starred akan muncul di menu Starred sebelah kiri. Cara melakukannya cukup menekan menu Add to Starred dan selesai.
  • Rename. Ingin mengganti nama folder kamu cukup menekan menu Rename kemudian akan muncul form Popup Rename dan silakan ganti nama folder kamu.
  • Change color. Kamu tidak suka dengan warna bawaan folder, gampang kok, kamu tinggal sesuaikan warnanya menggunakan fitur Change color ini.
  • Download. Kamu ingin mendownload folder tersebut silakan klik menu Download dan nanti hasil download dalam bentuk WinRAR ZIP archive.
  • Remove. Apakah folder tersebut tidak kamu butuhkan lagi dan ingin menghapusnya, kamu bisa menggunakan menu Remove untuk menghapus folder tersebut.

4 Pengenalan Menu pada File. Berikut ini saya akan menjelaskan fungsi menu-menu yang ada pada file, adapun cara memunculkan menu berikut ini kamu harus klik kanan (klak) pada file. Oya tidak semua menu disini akan saya jelaskan karena sudah saya jelaskan pada Pengenalan Menu pada Folder.

Pengenalan Menu pada File Berikut ini saya akan menjelaskan fungsi menu-menu yang ada pada file, adapun cara memunculkan menu berikut ini kamu harus klik kanan (klak) pada file. Oya tidak semua menu disini akan saya jelaskan karena sudah saya jelaskan pada Pengenalan Menu pada Folder.

  • Preview. Menu ini digunakan untuk melihat file
  • Make a copy. Menu ini bisa kamu gunakan jika ingin mengcopy file tersebut, sama seperti fungsi pada computer umumnya dengan perintah Ctrl+C.

Itu dia penjelasan dari saya bagaimana cara penggunaan Google Drive dan manfaat serta fitur-fiturnya, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga Lengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive (Mobile/Android).

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar