Beranda Tutorial Lengkap Cara Menggunakan One Drive – Manfaat dan Fitur pada One Drive

Lengkap Cara Menggunakan One Drive – Manfaat dan Fitur pada One Drive

Lengkap Cara Menggunakan One Drive – Manfaat dan Fitur pada One Drive
Image: infokomputer.grid.id

Apakah kamu sedang mencari tutorial cara menggunakana One Drive?, Kalau memang iya berarti kamu sekarang lagi berada pada artikel yang tepat, karena pada artikel kali ini saya akan menuliskan tutorial lengkap cara menggunakan One Drive. Kamu tahu gak sih kalau One Drive itu sekarang sudah menjadi salah satu tool favorit kebanyakan orang untuk menyimpan data secara online, bukan hanya itu saja, tapi juga gratis digunakan loh dengan maksimal penyimpanan data hingga 5 Giga.

Yuk langsung saja kita masuk kedalam tutorialnya, oya saya ada juga menulis tentang tutorial Lengkap cara menggunakanan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive.

1 Mengakses One Drive. Awalnya kamu harus mengakses one drive terlebih dahulu menggunakan aplikasi one drive, kalau belum ada silakan unduh di Playstore setelah itu buka aplikasinya kemudian kamu akan melihat tampilan Welcome to OneDrive silakan klik tombol No account? Create one! Kemudian kamu akan dibawa kehalaman Create account, yang perlu kamu tahwa bahwa untuk mendaftar di One Drive kamu bisa menggunakan akun gmail kamu, kalau belum ada silakan baca artikel berikut, silakan isi alamat gmail kamu kemudian tekan tombol Next setelah itu kamu akan dibawa kehalaman Create a password silakan isi password gmail kamu kemudian klik tombol Next setelah itu kamu diminta untuk verify email dengan memasukkan kode yang sudah dikirim ke email kamu kemudian klik tombol Next lalu setelah itu kamu diminta untuk mengisi Characters setelah itu klik tombol Next, untuk selanjutnya ada muncul beberapa form pemberitahuan lagi langsung saja klik tombol NEXT lalu klik tombol ACCEPT kemudian kamu akan melihat halaman Save your memories langsung saja klik tombol TURN ON CAMERA UPLOAD dan selamat kamu sudah berhasil mengkases one drive.

2 Fitur Quick Button. Pada poin ini saya akan menjelaskan beberapa fitur quick button, adapun untuk memunculkan fitur ini silakan klik tombol plus (+) di sudut kanan atas kemudian kamu akan melihat tampilan beberapa fitur quick button, untuk lebih jelasnya sila perhatikan gambar berikut.

Fitur Quick Button

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, berikut penjelasannya.

  • Take a photo. Kamu ingin mengambil photo setelah itu langsung disimpan kedalam one drive, kenapa enggak menggunakan fitur Take a photo ini saja.
  • Scan. Biasanya kalau mau scan document kamu harus menggunakan printer yang support untuk scan, tapi tenang kalaupun kamu tidak mempunyai printer yang support scan kamu bisa menggunakan fitur ini dan hasilnya akan disimpan kedalam one drive kamu.
  • Create folder. Kalau kamu ingin membuat folder baru bisa menggunakan fitur ini.
  • Upload. Kalau Kamu ingin memasukkan foto kedalam one drive sila menggunakan fitur ini.
  • Create a Word Document. Sekarang kamu kalau ingin mengetik surat atau skripsi bisa menggunakan fitur ini. Fiturnya sama dengan Ms. Word biasa, Cuma yang membedakan kalau ini online.
  • Create a PowerPoint Presentation. Kamu sekarang kalau ingin membuat slide presentasi bisa menggunakan fitur ini kok, dimanapun dan kapanpun selama kamu terkoneksi dengan jaringan kamu bisa menggunakan aplikasi ini bahkan bisa diakses menggunakan smartphone atau tablet.
  • Create an Excel Spreadsheet. Kamu ingin membuat laporan keuangan atau ingin mengelola data tapi belum ada aplikasi di komputer atau kamu lupa bawa laptop namun kamu harus segera menyelesaikan laporan kamu, tenang sekalipun kamu belum ada aplikasi excel di laptop, namun kamu tetap bisa menggunakan aplikasi ini kok via one drive atau kamu bisa juga akses via tablet atau smartphone kamu.

3 Pengenalan menu pada Folder. Pada poin ini saya tidak akan menjelaskan secara detail namun hanya akan menjelaskan secara garis besar, adapun cara memunculkan menu ini sila klik pada tombol titik tiga pada folder kemudian kamu akan melihat form menu yang bisa kamu gunakan, perhatikan gambar berikut.

Pengenalan menu pada Folder

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, terdapat beberapa menu yang bisa digunakan, dimulai dari Share yaitu menu yang bisa kamu gunakan untuk berbagi folder tersebut kepada temanmun, lalu ada menu Move yang bisa kamu gunakan untuk memindah folder ketempat lain, trus ada menu Delete yang bisa kamu gunakan untuk menghapus folder, selanjutnya ada menu Rename yang bisa kamu gunakan untuk mengganti nama folder, dan yang terahir Keep offline yang mana menu ini bisa kamu gunakan untuk membuat folder tetap dapat diakses sekalipun kamu sedang tidak online, tapi sayangnya menu ini hanya bisa digunakan untuk member premium.

4 Pengenalan menu pada File. Pada poin ini saya tidak akan menjelaskan secara detail namun hanya akan menjelaskan secara garis besar, adapun cara memunculkan menu ini sila klik pada tombol titik tiga pada file kemudian kamu akan melihat form menu yang bisa kamu gunakan, perhatikan gambar berikut.

Pengenalan menu pada File

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, terdapat beberapa menu yang bisa digunakan, dimulai dari Share yaitu menu yang bisa kamu gunakan untuk berbagi file tersebut kepada temanmun, lalu ada menu Move yang bisa kamu gunakan untuk memindah file ketempat lain, trus ada menu Copy yang bisa kamu gunakan untuk menyalin file tersebut yang kemudian akan dipastekan ketempat lain, kemudian ada menu Save yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan file tersebut ke hp kamu, sebenarnya menu ini sama saja seperti menu Download cuma beda bahasa saja, selanjutnya ada menu Delete yang bisa kamu gunakan untuk menghapus file tersebut, lalu ada menu Rename yang bisa kamu gunakan untuk mengganti nama file tersebut, kemudian yang terahir ada menu Keep offline yang mana menu ini bisa kamu gunakan untuk membuat file tetap dapat diakses sekalipun kamu sedang tidak online, tapi sayangnya menu ini hanya bisa digunakan untuk member premium.

Itu dia tutorial Lengkap Cara Menggunakan One Drive – Manfaat dan Fitur pada One Drive (Mobile/Android, semoga bermanfaat ya.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Artikel sebelumnyaLengkap Cara Menggunakan Google Drive – Manfaat dan Fitur pada Google Drive (Mobile/Android)
Artikel selanjutnyaLengkap Cara Menggunakan Dropbox – Manfaat dan Fitur pada Dropbox(Mobile/Android)
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar