Beranda Bisnis Cara Mudah Usaha Bisnis Budidaya Magot

Cara Mudah Usaha Bisnis Budidaya Magot

Cara Mudah Usaha Bisnis Budidaya Magot
Image: pertanianku.com

Budidaya Magot?, ya mungkin kata yang masih asing ditelinga kita. Bagi kamu yang belum tahu apa itu magot, magot adalah tahap proses larva dari serangga yang masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah belatung.

Dari mana magot berasal? magot sendiri berasal dari telur lalat BSF (Black Soldier Fly) atau lebih dikenal dengan nama lalat tentara hitam.

Berbeda dengan lalat lainnya, lalat BSF ini hanya hinggap pada tempat atau bahan yang beraroma harus sehingga dapat menghasilkan magot yang juga memiliki kadar protein hingga 40% lebih.

Magot biasanya digunakan sebagai umpan untuk memancing ikan dan yang paling banyak digunakan untuk pakan ternak, karena ya itu tadi magot memiliki kadar protein yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan hewan ternak seperti ayam, ikan lele dan bebek.

Cara Budidaya Magot Untuk Pakan Ternak

Penjelasan tadi mungkin sudah bisa menjadi bahan dasar kamu dalam memulai Praktekan budidaya magot untuk pakan ternak. Yuk langsung saja simak tahap-tahap berikut untuk mendatangkan lalat BSF dengan media fermentasi.

1. Siapkan Bahan

-1 bungkus Royco (Penyedap Makanan)

-1 liter air

-Yakult 1 botol

-5 sendok makan gula pasir

-5 kg bekatul/dedak.

2. Siapkan Perlatan

-Daun pisang atau bisa digantikan dengan kertas nasi

-Tali rafia atau bisa juga karet

-1 ember besar

-1 ember kecil dan,

-Kantong plastik

3. Tahap Pembuatan

  • Buat Larutan Yang Pertama:

-Isi ember kecil tadi dengan jumlah 1 liter air

-Masukan 5 sendok makan gula kedalam ember

-Dan yang terakhir juga masukan 1 botol yakult sebelum diaduk hingga tercampur.

  • Buat Larutan Yang Kedua:
Baca juga:  Resiko Bisnis Yang Harus Anda Hadapi

-Siapkan ember besar dan masukan 5 kg dedak kedalamnya

-Lalu yang terakhir tambahkan royco sebelum diaduk hingga merata.

  • Campurkan keuda larutan tadi yakni larutan yang pertama dan kedua aduk hingga adonan terasa lembab tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.
  • Setelah itu masukan adonan tadi kedalam kantong plastik yang sudah disediakan sebelumnya, karena adonan ini mengandung gas jadi usahakan untuk tidak mengisihnya hingga penuh agar menyisahkan ruang udara untuk gas adonan ini.
  • Masukan kantong plastik tersebut kedalam kulkas atau lemari pendingan selama kurang lebih 5 hari.
  • Selanjutnya keluarkan adonan dari dalam kulkas dan masukan kedalam ember dan tutup dengan daun pisang atau kertas nasi, lalu masukan kedalam tempat berkawat ram.
  • Tunggu hingga kurang lebih 3 hari lalat BSF akan datang untuk menghasilkan magot disekitaran fermentasi atau adonan tadi.
  • Kurang lebih 2 hari telur-telur lalat BSF tadi akan menetas dan menjadi magot.

4. Tahap Panen

Nah setelah ketiga tahap tadi berhasil kamu lakukan maka selanjutnya seharusnya kamu bisa merasakan tahap panen. Jadi magot sendiri siap panen dan untuk menjadi pakan ternak saat usianya menginjak 2-3 minggu.

Selain untuk pakan ternak kamu sendiri kamu juga bisa menjual magot ini, karena harga magot saat ini juga cukup menjanjikan untuk peternak magot yakni puluhan ribu perkilonya.

Nah itulah tadi tentang bagaimana cara budidaya magot untuk pakan ternak, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya untuk kamu yang sedang ingin mencoba magot sebagai bahan pakan ternak.

Jangan lupa baca juga macam-macam budidaya ternak yang menguntungkan

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Baca juga:  Menanam Bunga Matahari Selama Di Rumah Aja, Bisa Jadi Bisnis Sampingan Menjanjikan

Komentar