Beranda Marketing Cara Promosi Online Yang Efektif Dan Dapat Mendongkrak Penjualan Produk Anda

Cara Promosi Online Yang Efektif Dan Dapat Mendongkrak Penjualan Produk Anda

Cara Promosi Online Yang Efektif Dan Dapat Mendongkrak Penjualan Produk Anda
Image: Pixabay

Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha secara online, terlebih bagi anda yang baru memulainya, maka perlu untuk mengetahui cara promosi online yang efektif agar bisnis anda dapat dikenal khalayak. Terlebih kemungkinan produk yang anda tawarkan memiliki pesaing dalam jumlah yang lumayan banyak. Maka dalam hal ini memang diperlukan trik dalam menyiasati penjualan online agar produk anda tetap memiliki tempat di pasaran inline.

Seperti yang dilakukan salah satu penjual pakaian online yang  jual baju online tanah abang hingga menembus pasar internasional. Dalam hal ini mereka melakukan beberapa cara agar penjualan dapat menjangkau pasar dan mendapatkan pembeli dari berbagai daerah. Yuk simak beberapa trik yang mungkin dapat menjadi salah satu cara yang bisa ditempuh:

1. Berikan diskon khusus

Banyak bisnis yang ujung-ujungnya harus ditutup karena tiada pembelian padahal produk yang ditawarkan bagus. Hal ini sangat disayangkan. Maka salah satu yang dapat dilakukan agar hal tersebut tidak terjadi adalah berikan diskon agar konsumen tertarik. Dipercaya diskon adalah cara lama yang masih jitu dalam merebut perhatian konsumen. Misalnya saja anda dapat memberikan diskon handuk kecil setiap pembelian produk bayi dalam jumlah tertentu.

Bahkan terkadang konsumen yang tadinya tidak berniat membeli, namun dengan diskon fantastis yang ditawarkan, bisa saja konsumen malah akan membelinya. Hal ini juga dilakukan seperti toko baju online tanah abang yang selain harga jual yang murah, juga diskon yang diberikan terkadang memang menarik bagi para konsumen.

2. Lakukan promosi lewat blog

Bisa dikatakan jika blog adalah salah satu tempat yang paling tepat untuk mempromosikan produk anda. Pada blog anda dapat leluasa menjelaskan spesifikasi produk atau jasa anda. Anda dapat menyediakan space chat dimana konsumen akan leluasa menanyakan perihal apa saja yang berhubungan dengan produk atau jasa sebagai bisnis yang anda jalankan.

Baca juga:  Apa Kelebihan Menggunakan Google Ads?

Hampir setiap bisnis yang dijalankan biasanya memiliki blog. Yang bisa dikatakan sebagai toko anda. Anda juga dapat menayangkan setiap pembaruan dari produk anda atau ada promosi tertentu. Hal ini sangat tepat dilakukan pada blog anda karena kebanyakan konsumen selalu mencari blog tertentu jika mereka akan mencari sebuah produk.

Maka dari itu disarankan agar anda memiliki blog yang aktif jika anda serius menjalankan suatu bisnis. Dalam blog tersebut yang layaknya sebuah toko, maka anda dapat menjelaskan detail akan sebuah produk baru anda misalnya memperkenalkan  model baju terbaru atasan wanita seperti ukuran, pilihan warna dan modelnya. Terlebih saat berkenaan dengan momen tertentu seperti hari raya dan tahun baru, maka akan banyak konsumen yang mencari toko online dan salah satunya adalah blog anda.

3. Gunakan pilihan kata yang memikat perhatian

Meski hanya beberapa kata, terkadang sebuah kalimat dapat mencuri perhatian orang yang melihatnya. Maka buatlah judul singkat namun padat dan menarik bagi tulisan anda dalam mempromosikan produk anda secara online. Misalnya anda dapat membuat headline ‘kado spesial bagi orang spesial anda”. atau kalimat lain yang senada seperti “banting harga di akhir tahun” dan kalimat lainnya yang singkat namun dapat mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya.

Setelah anda mendapatkan perhatian konsumen, tentu mereka akan mengunjungi toko online anda. Maka jangan berhenti sampai disitu. Paparkan semua hal yang menarik dari produk anda agar kesan takjub terus berlanjut, tidak hanya berhenti sampai headline anda saja. Sertakan gambar-gambar yang menarik dan lakukan terus pembaruan-pembaruan baik info apa saja maupun produk anda.

4. Gunakan bantuan situs lain

Tentu saja hal ini dapat anda tempuh dalam mempromosikan bisnis anda seperti grosir baju murah di bandung yang memang Bandung terkenal dengan inovasi dalam hal pakaian dan produk lainnya. Dengan menggunakan bantuan situs lain maka anda juga telah melebarkan sayap promosi anda ke jalur lain yaitu situs tertentu yang anda pilih. Bukan tidak mungkin anda justru mendapatkan konsumen dari situs lain tersebut yang banyak dikunjungi oleh target pasar anda.

Baca juga:  Teknik Marketing Menggunakan Whatsapp Untuk Meningkatkan Penjualan

Misalnya situs perlengkapan bayi maka tentu saja akan banyak ibu-ibu yang mengunjungi situs tersebut. Dan hal ini adalah peluang bagi anda dalam mempromosikan produk atau jasa anda pada situs lain tersebut. Sebut saja produk dari grosir baju anak tanah abang yang pasti akan banyak dilihat jika anda juga memasang iklan anda pada situs perlengkapan bayi tersebut. Sekali dayung maka dua tiga pulau akan tercapai, begitu tepatnya peribahasa jika anda juga memasang promosi anda pada situs lain.

Namun yang terpenting adalah lakukan hal ini hanya pada situs yang memiliki hubungan dengan produk yang anda tawarkan. Karena akan sia-sia anda mempromosikan produk anda seputar baju anak pada situs perlengkapan elektronik. Terlihat tidak relevan dengan produk anda tentunya. Dan disayangkan uang yang telah anda keluarkan dalam membayar situs tersebut akan sia-sia saja nantinya.

5. Daya tarik giveaway

Daya tarik lain yang dapat anda tempuh adalah dengan memberikan giveaway. Dimana tentu saja syarat dan ketentuan berlaku dalam hal ini. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan kontes dsb. Bisa juga dengan melakukan aturan bahwa konsumen harus subscribe atau berlangganan sebuah email atau menyebarnya ke akun sosial media lainnya.

Jika hadiah yang diberikan menarik tentu saja akan banyak yang akan mengikuti program give away tersebut. Seperti yang dilakukan oleh sebuah kursus bahasa online yang diajarkan oleh seorang native speaker terkenal, maka tentu saja kursus tersebut akan sangat menarik. Namun tentu harga kursus yang mahal menjadi kendala sehingga konsumen tidak berminat. Anda dapat mengadakan program giveaway dimana jika ingin mendapatkan diskon harga kursus 50% maka konsumen atau calon peserta kursus harus berlangganan email yang ditentukan. Sangat jitu bukan?

Baca juga:  Perusahaan Digital Marketing di Indonesia Sebagai Mitra Bisnis Andalan Anda!

Anda juga dapat memberlakukan aturan agar calon konsumen dapat mempromosikan produk anda pada akun sosial media mereka. Jika hadiah atau imbalan yang anda berikan menarik, tentu calon konsumen akan berlomba-lomba mengikutinya.

6. Libatkan Influencer

Kita semua pasti mengetahui jika influencer memiliki banyak follower. Baik dia youtuber atau selebgram. Anda dapat menjalin kerja sama dengan influencer dari media sosial dan dapat memilih influencer yang memiliki banyak pengikut di akun sosial media mereka. Model baju atasan wanita terbaru biasanya salah satu bisnis dengan produk menarik yang dijalankan dengan melibatkan influencer.

Menjalankan bisnis dengan cara online tentu susah-susah gampang. Namun yang terpenting setelah anda mencoba beberapa trik di atas tentu saja kesabaran dan kegigihan adalah modal utama. Anda dapat belajar dari kesalahan atau dari mereka yang sudah sukses namun mengalami jatuh bangun sebelumnya dalam menjalankan bisnisnya. Optimis bahwa semua kerja keras akan membuahkan hasil yang baik selain menempuh cara promosi online yang efektif yang banyak didapat di media online saat ini.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar