Beranda Bisnis Cara Sukses Ternak Kambing yang Untung Besar

Cara Sukses Ternak Kambing yang Untung Besar

Cara Sukses Ternak Kambing yang Untung Besar
Image: Pixabay

Kambing adalah hewan ternak yang banyak dibutuhkan baik sebagai kebutuhan rumah makan, maupun acara hajatan maupun perkawinan yang biasanya memerlukan hewan ternak kambing dalam prosesi adat. Oleh karena itu jangan heran jika budidaya kambing saat ini masih menjadi pilihan pekerjaan yang menjanjikan secara finansial.

Kamu yang membuka artikel ini pasti memiliki rasa penasaran atas judul diatas tadi tentang ‘Bagaimana sih cara ternak kambing yang menjanjikan?’. Nah untuk menjawab rasa penasaran kamu yuk langsung saja simak ulasan artikel berikut ini.

Cara Budidaya Kambing yang Menjanjikan

1. Buat Kandang Kambing

Ya jadilah peternak yang baik dengan salah satu contohnya membuatkan kandang hewan ternak agar tidak mengganggu dan membuat resah warga sekitar. Buat kandang kambing adalah cara yang pertama untuk budidaya kambing yang menguntungkan.

Sebelum membuat kandang kambing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yakni ukuran sesuai dengan jumlah banyak kambing, jauh dari pemukiman agar baunya tidak mengganggu warga sekitar, dan usahakan berada ditempat yang teduh agar kambing tidak kepananasan.

Untuk membuat kandang juga kamu tidak perlu keluar banyak modal karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kayu maupun bambu, tapi jika kamu memiliki modal lebih mungkin bisa dengan menggunakan jasa tukang kayu dalam pembuatan kandang kambing.

2. Pilih Jenis Kambing

Bagi orang awam atau masih pemula dalam usaha ternak/budidaya kambing mungkin beranggapan bahwa kambing hanya memiliki satu jenis saja. Tapi nyatanya khususnya di Indonesia sendiri sudah ada banyak jenis kambing seperti kambing kacang, kambing peranakan etawa dan masih banyak kambing lainnya.

Baca juga:  Memulai Bisnis, Ketahui 8 Hal Berikut Ini Agar Usaha Anda Sukses

Jadi pilihlah jenis kambing yang akan kamu budidayakan berdasarkan harga jual, dan berapa banyak peminatnya didaerahmu untuk mendapatkan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

3. Pilih Bibit Kambing yang Berkualitas

Tahap selanjutnya adalah dengan memilih bibit kambing yang unggul yang dapat kita lihat dari bentuk fisik kambing tersebut. Bibit kambing yang berkualitas bisa dilihat secara fisik mulai dari memiliki jumlah gigi yang lengkap, bertumit tinggi, dada lebar, kaki lurus, jinak, serta ukuran badan yang proporsial.

Dalam membeli bibit kambing diwajibkan untuk membeli indukan betina serta pejantan agar bisa berkembang biak, karena tidak mungkin bisa berkembang biak jika tidak ada proses kawin kedua jenis kambing tersebut.

4. Tahap Perawatan

Perawatan kambing juga tidak perlu yang rumit, cukup diberi pakan 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore. Untuk pakan kambing sendiri sangat mudah didapatkan yakni hanya rumput yang bisa kamu ambil dikebun tanpa harus membelinya.

5. Penjualan

Tahap terakhir adalah penjualan tahap ini yang sangat ditunggu-tunggu oleh orang yang memiliki usaha ternak kambing. Lalu berapa perkiraan keuntungan budidaya kambing?, anggap saja kamu memiliki 10 ekor hewan ternak kambing dengan harga jual kini Rp 1,3 juta/ekor, jadi kamu bisa memiliki pendapatan Rp 13 juta/bulan jika rutin memiliki 10 ekor hewan ternak kambing siap jual tiap bulannya.

Selain itu dengan budidaya kambing kamu tak hanya mendapat keuntungan dari hewan yang dijual saja, tapi juga kotorannya kamu bisa jadikan duit. Kotoran kambing banyak dibeli untuk dijadikan sebagai pupuk tanaman.

Nah itulah cara budidaya kambing yang menjanjikan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melakukannya?.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, khususnya kamu yang sedang ingin mencoba mendapatkan keuntungan dari usaha budidaya kambing. Jangan lupa juga baca bisnis budidaya ikan air tawar yang menguntungkan.

Baca juga:  7 Cara Mengelola Keuangan Perusahaan Supaya Tidak Mengalami Kebangkrutan

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar