Beranda Tutorial Cara Upload Video Ke Youtube Dengan Mudah Menggunakan Komputer/HP

Cara Upload Video Ke Youtube Dengan Mudah Menggunakan Komputer/HP

Cara Upload Video Ke Youtube
Image: Pixabay

Apakah kamu lagi belajar cara upload video ke youtube?, Karena kamu baru di dunia youtube lalu bingung bagaimana caranya.

Pada kenyataannya tidak semua orang paham cara upload video, alasannya karena mereka baru pertama kali membuat channel youtube.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan kepada kamu secara detail bagaimana cara upload video, saya berharap setelah kamu mempraktekkan tutorial ini maka sudah paham dengan benar langkah-langkahnya.

Agar dalam mengikuti tutorial ini tidak ada hambatan maka kamu harus mempersiapkan jaringan, komputer/hp, sudah mempunyai channel youtube dan kalau belum punya channel silakan baca artikel berikut, kemudian yang terahir kamu sudah punya satu video yang akan di upload.

Yuk langsung saja simak tutorial berikut ini.

#Cara upload video lewat komputer

1Login ke youtube. Tahap awal yang harus kamu lakukan adalah login ke youtube menggunakan email channel kamu, setelah itu kamu akan dibawa ke halaman home youtube.

2Upload Video. Setelah kamu login kemudian sila klik pada icon kamera plush lalu klik Upload video kemudian akan muncul form popup Upload videos langsung saja klik tombol SELECT FILES selanjutnya silakan pilih video yang mau kamu upload lalu klik tombol Open.

Upload video

3Mengisi semua informasi (Detail). Di sini kamu diminta untuk mengisi semua textfield dimulai dari judul video, deskripsi, memilih thumbnail, memilih playlists.

Kemudian sila tentukan jenis penonton apakah untuk anak-anak atau bukan untuk anak-anak, lalu kamu juga bisa membatasi usia berapa tahun yang bisa menonton video kamu.

Setelah itu tentukan apakah video kamu Paid promotion or not, selanjutnya silakan isi Tags, setelah itu pilih jenis bahasa konten kamu, tanggal dan lokasi rekaman, pilih kategori.

Dan terahir silakan klik tombol NEXT. Note: dari semua textfield tersebut silakan isi yang menurut kamu penting, tapi kalau memang tidak biarkan default.

Baca juga:  6 Langkah Memilih Nama Channel Youtube!

Mengisi semua informasi (Detail).

4Video elements. Di sini kamu bole menambahkan elemen untuk mempromosikan video kamu, terdapat dua elemen yaitu Add an end screen atau memunculkan video terkait di akhir video kamu, berikut contohnya seperti dalam persegi hitam.

Video elements

Dan satu elemen lagi adalah Add cards atau tambah kartu biasanya berisi info bole jadi dalam bentuk pertanyaan, berikut contohnya perhatikan dalam lingkaran merah.

add card youtube

Setelah video elements di tambah silakan klik tombol NEXT, oya untuk video elements optional ya, bole dibuat boleh tidak.

5Tentukan publish dan siapa yang bisa melihat. Pada tahap ini kamu sudah hampir final, sila tentukan siapa yang bisa melihat video kamu, apakah video tersebut hanya kamu yang dapat melihat (privat) atau yang dapat melihat video orang-orang yang dapat link dari kamu (unlisted), atau semua orang bisa melihat.

Disini kamu juga dapat membuat schedule kapan video tersebut akan terpublish secara otomatis (Set as Premiere), setelah itu klik tombol SAVE dan selamat video kamu sudah berhasil terupload.

Video youtube telah terbit

#Cara upload video lewat hp

1Login ke youtube. Tahap awal yang harus kamu lakukan adalah login ke youtube menggunakan email channel kamu, setelah itu kamu akan dibawa ke halaman home youtube.

2Upload video. Setelah kamu login kemudian sila klik pada icon kamera kemudian akan muncul form Create langsung saja klik Video kemudian pilih video yang akan di upload lalu klik tombol NEXT.

Upload video mobile

3Mengisi semua informasi (Add Details). Silakan isi semua textfield yang ada, dimulai dari judul, Deskripsi, kemudian pilih siapa yang bisa melihat video kamu (Privacy), lalu tentukan Lokasi dan setelah itu klik tombol UPLOAD dan selamat proses upload video menggunakan hp berhasil.

Baca juga:  Cara Membuat Channel Youtube Dengan Mudah Bagi Pemula

Mengisi semua textfield mobile

Kesimpulan

Sebenarnya upload video ke youtube sangat mudah, karena kamu bisa menggunakan hp atau komputer.

Tapi saran dari saya kalau mau upload video akan lebih baik menggunakan komputer, karena saya lihat banyak fitur yang ada di versi desktop tapi tidak ada di versi hp.

Itu dia Cara Upload Video Ke Youtube Dengan Mudah Menggunakan Komputer/HP, semoga artiklenya bermanfaat ya geng. Jangan lupa baca juga cara membuat channel youtube.

Mau kenal sama kami lebih jauh Anda bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar