Beranda Investasi Hal yang Penting Saat Pilih Manajer Investasi Reksadana Syariah Terbaik

Hal yang Penting Saat Pilih Manajer Investasi Reksadana Syariah Terbaik

Hal yang Penting Saat Pilih Manajer Investasi Reksadana Syariah Terbaik
Image: Pixabay

Dalam keputusan memilih manajer investasi reksadana syariah terbaik, Ada beberapa hal penting yang tentunya harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Memilih manajer yang salah bisa membuat Anda kehilangan banyak kesempatan untung.

Memang dalam sistem syariah, jaminan lebih baik daripada sistem konvensional untuk reksadana. Tapi prinsip-nya tetap sama. Tanpa pengelola dana yang baik, Anda bisa saja malah kehilangan modal yang sudah diinvestasikan. Jika tidak mau salah pilih, mari bahas bersama hal – hal penting tersebut di bawah ini:

Surat – Surat dan Status Legal Manajer Investasi Reksadana Syariah

Walaupun merupakan investasi sistem syariah, pengaturan hal ini tetap ditangani oleh OJK. Jadi pastikan manajer yang Anda pilih memiliki surat – surat lengkap dan status legal dari organisasi tersebut. Manajer yang tidak mendapatkan izin biasanya lebih berpotensi melarikan dana Anda. Jadi walaupun Anda berhubungan baik dengan pihak manajer, selalu utamakan urusan legalitas ini sebelum menggunakan jasanya.

Biaya dan Potongan yang Disetujui

Menggunakan jasa manajer di reksadana memang akan mengeluarkan biaya. Potongan saat melakukan transaksi ataupun pengelolaan biasanya juga umum. Besaran untuk hal ini akan ditentukan dengan diskusi dan kontrak sebelum deal. Jika Anda merasa biaya dan potongan terlalu besar, lebih baik coba cari manajer yang lain.

Untuk manajer investasi reksadana syariah terbaik mereka biasanya mencoba mengatur biaya dan potongan ini tergantung kondisi Anda. Hal seperti ini tentu akan menguntungkan Anda yang ingin investasi tapi tidak memiliki uang besar saat mulai pertama kali.

Baca juga:  Belajar Investasi Untuk Pelajar dan Mahasiswa Sejak Dini

Jumlah Nasabah yang Ditangani Manajer Investasi Reksadana Syariah

Semakin banyak nasabah yang ditangani manajer, biasanya bisa jadi salah satu tolak ukur kemampuan dari manajer tersebut. Informasi seputar pihak manajer tersebut juga pastinya akan lebih mudah dicari. Hal seperti review nasabah dan keterangan seputarnya juga akan lebih mudah ditemukan.

Saat sudah banyak mendapatkan nasabah, tentu Anda tidak akan terlalu ragu lagi. Jika dibandingkan, manajer ini sama seperti pedagang yang tahu cara memasarkan produk baju buatan sendiri. Karena sudah ahli, dia jadi mendapatkan lebih banyak nasabah dan menjadi lebih terkenal. Anda lebih baik pilih manajer seperti ini daripada nama yang tidak jelas.

Kualitas Pelayanan yang Diberikan Pihak Manajer Investasi Reksadana Syariah

Saat memilih manajer untuk reksadana syariah, jangan lupa melihat bagaimana mereka melayani keperluan Anda. Hal ini bisa diukur dari respons saat dikontak, bagaimana nada bicara saat mengurusi masalah Anda dan bahkan bagaimana respons manajer saat berdiskusi dengan Anda.

Sekian bahasan tentang hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih manajer investasi reksadana. Mudah – mudahan dengan memanfaatkan penjelasan di atas, Anda bisa lebih mudah memilih manajer investasi reksadana syariah terbaik. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

Komentar