Beranda Tokoh Jack Ma Dari Bukan Siapa-Siapa Hingga Bisa Mendirikan Kerajaan Alibaba Group

Jack Ma Dari Bukan Siapa-Siapa Hingga Bisa Mendirikan Kerajaan Alibaba Group

Jack Ma Dari Bukan Siapa-Siapa Hingga Bisa Mendirikan Kerajaan Alibaba Group
Image: Fortune

Apakah kamu kenal Jack Ma?, sang pendiri perusahaan yang sangat bernilai di Dunia yaitu Alibaba. Perusahaan raksasa yang didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma dan teman-temannya ini menjadi sangat besar sehingga banyak melahirkan perusahaan-perusahaan lainnya juga.

Penasaran bagaimana perjalanan hidup Jack Ma hingga bisa sesukses sekarang, baca terus artikel ini ya. Oya jangan lupa juga baca artikel BOB SADINO Mengenal Lebih Jauh Pengusaha Nyentrik Nan Inspiratif.

Jack Ma, atau Ma Yun dilahirkan di Hangzhou, China pada tanggal 10 September 1964. Ma adalah Kiblatnya Bisnis di China, Investor, Politikus dan juga orang Dermawan. Ma adalah co-founder dan Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbsesar di Tiongkok.

Ma merupakan warga China Daratan pertama yang pernah muncul di majalah Forbes dan terdaftar sebagai biliuner dunia. Pada 2015, ia masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22.

The very important thing is PATIENCE. -Jack Ma

Masa Muda dan Pendidikan

Ma lahir di Hangzhou, Zhejiang, China pada tanggal 10 September 1964. Ma mulai belajar Bahasa inggris di usia yang sangat muda dengan penutur Bahasa inggris di Hotel Hangzhou Internasional.

Ma ketika muda berprofesi sebagai tour guide dan pernah mengendarai sepeda hingga 70 mil jauhnya untuk memandu wisatawan asing sambil belajar berbicara Bahasa Inggris dan terus berlangsung hingga Sembilan tahun. Ma ketika itu bersahabat dengan orang asing yang memberi nama Ma dengan sebutan “Jack”, karena sahabat Ma waktu itu sangat susah menyebut nama Ma dalam Bahasa china.

Selanjutnya dia mendaftar ke Universitas Keguruan Hangzhou, semacam institut keguruan dan ilmu pendidikan. Disini dia belajar menjadi guru sekolah menengah. Selulus dari Universitas, dengan gelar Sarjana di bidang bahasa Inggris, dia ditugaskan mengajar di universitas. Ketika itu gaji Ma sebulan sebesar 100-120 renminbi, setara dengan Rp 114.000-Rp 142.500 per bulan.

Karir Bisnis

Ma pernah melamar kerja sebanyak 30 kali namun semua perusahaan menolak. “I went for a job with the police; they said, you’re no good”, sebut Ma kepada jurnalis Charlie Rose. “Saya pernah melamar kerja Ketika KFC membuka cabang di Kota saya. Dari 24 orang yang melamar, 23 orang diterima dan satu orang tidak yaitu saya”.

Baca juga:  Mengenal Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

Tahun 1994, Ma mendengar tentang Internet dan memutuskan untuk memulai bisnis pertamanya yang bernama Hangzhou Haibo Translation Agency. pada awal tahun 1995, Ma pergi ke Amerika Bersama teman yang telah membantu mengenalkan Ma dengan Internet.

Melalui Internet Ma mencari informasi tentang Bir dan betapa shoknya Ma karena tidak ada satupun sumber yang berasal dari Negaranya China. Dia juga mencari informasi tentang China di Internet dan betapa Ma dibuat lebih shok lagi, karena tidak ada informasi tentang China di Internet.

Kemudian Ma dan kawannya membuat satu website “JELEK” yang memberikan informasi tentang China. Website tersebut launching jam 9:40 pagi, dan jam 12.30 Ma menerima email dari beberapa Investor China yang tertarik dengan Ma. Saat itulah Ma berpikir kalau Internet adalah salah satu bisnis yang sangat bagus.

Pada tahun 1995, Jack Ma dan He Yibing (guru komputer) membuka kantor pertama mereka untuk website China Pages dan Ma memulai untuk perusahaan keduanya. Pada tanggal 10 Mei 1995, mereka mendaftarkan domain chinapages.com di United States. Dalam kurun waktu 3 tahun perusahaan mereka sudah dapat mengantongi uang sebesar 5.000.000 Yuan China yang pada saat itu setara dengan $800.000.

Ma mulai membangun website untuk perusahaan China dengan tujuan membantu kawan di US. Ma bilang “Hari dimana kami dapat terhubung dengan web, saya mengundang kawan dan orang-orang TV ke rumah saya”, dengan koneksi jaringan yang sangat lambat, “kami menunggu hingga setengah jam dan hanya terbuka setengah dari seluruh halaman”. Sambil menunggu kami minum, nonton TV, dan main kartu.

Tapi saya sangat bangga. Karena saya bisa membuktikan kalau Internet itu ada. Pada konferensi pers tahun 2010, Ma mengungkapkan bahwa sama sekali tidak bisa menulis kode web satu barispun dan lebih parahnya lagi tidak melakukan penjualan satupun. Ma memiliki komputer pertama kali ketika berumur 33 tahun.

Dari tahun 1998 ke 1999, Ma mengepalai perusahaan teknologi informasi yang didirikan oleh Pusat Perdagangan Elektronik Internasional China, sebuah departemen dari Departemen Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Ekonomi.

Pada tahun 1999, Ma mengundurkan diri dan kembali ke Hangzhou dengan teamnya untuk mendirikan Alibaba, yaitu sebuah situs marketplace bersistem Business to Business (B2B) di apartemen Ma dengan 18 orang kawannya. Ma memulai usahanya dengan modal 500.000 yuan.

Baca juga:  Mengenal Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Mampu Mengubah Wajah Dunia Modern

Pada bulan Oktober tahun 1999 dan Januari 2000, Alibaba dua kali memenangkan investasi modal ventura asing sejumlah $25 Juta. Program yang diharapkan dapat meningkatkan pasar e-commerce domestik dan dapat menyempurnakan system platform e-commerce itu sendiri ditujukan khusus untuk perusahaan China sendiri, terutama untuk perusahaan kecil ataupun menengah, dengan tujuan untuk menghadapi Tantangan Organisasi Perdagangan Dunia.

Ma ingin mengembangkan system e-commerce global dan pada tahun 2003 Ma mendirikan Marketplace Taobao, Alipay, Ali Mama dan Lynx. Setelah Taobao berkembang dan maju, eBay menawarkan untuk membeli perusahaan tersebut. Bagaimanapun, Ma menolak tawaran mereka. Alih-alih untuk mendapatkan dukungan investasi dari co-founder Yahoo Jerry Yang sebesar $1 miliar.

Pada bulan September 2014 Alibaba berhasil mengumpulkan $25 Miliar dari IPO di New York Stock Exchange. Alibaba menjadi salah satu perusahaan teknologi yang sangat bernilai di Dunia setelah dapat mengumpulkan pendapatan $25 miliar, pendapatan IPO terbesar sepanjang sejarah keuangan di US.

Ma menjabat sebagai ketua eksekutif Alibaba Group. Yaitu sebuah perusahaan induk yang mempunyai Sembilan anak perusahaan yaitu: Alibaba.com, Taobao Marketplace, Tmall, eTao, Alibaba Cloud Computing, Juhuasuan, 1688.com, Aliexpress.com, dan Alipay. Bulan November 2012, transaksi online Alibaba mencapai satu triliun yuan. Pada 2016, Ma membeli perusahaan Château de Sours in Bordeaux.

Pada tanggal 10 September 2018 Ma mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif dari Alibaba Group tahun depan. Ma mengatakan ingin fokus pada filantropi melalui yayasannya.

Karir Perfileman

Tahun 2017, pertama kali Ma memerankan sebuah film pendek bergenre Kung fu dengan judul Gong Shou Dao. Ditahun yang sama, Ma juga berpatisipasi dalam festifal bernyanyi dan melakukan tarian untuk memperingati ulang tahun Alibaba ke 18 tahun.

Penghargaan dan Kehormatan

  • Tahun 2004, Ma mendapatkan penghormatan sebagai salah satu dari “Top 10 Economic Personalities of the Year” oleh China Central Television (CCTV).
  • Bulan September 2005, Forum Ekonomi Dunia memilih Ma sebagai “Young Global Leader”.
  • Fortune juga memilih Ma sebagai “Businessperson of the Year” tahun 2007.
  • Tahun 2008, Majalah Mingguan Amerika (Barron) menjuluki Ma sebagai salah satu dari 30 “CEO Terbaik Dunia”.
  • Pada bulan Mei 2009, Majalah Time menyebut Ma sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di dunia.
  • BusinessWeek memilih Ma sebagai salah satu orang China Yang Sangat Berpengaruh.
  • Forbes China juga memilih Ma sebagai salah satu orang dari 10 Entrepreneur yang sangat dihargai di china tahun 2009. Ma menerima penghargaan 2009 CCTV Economic Person of the Year: Leaders of the Decade Award.
  • Tahun 2010, Forbes Asia memilih Ma sebagai salah satu Pahlawan Asia yang paling Dermawan untuk kontribusinya dalam membantu korban bencana dan kemiskinan.
  • Ma dapat penghargaan Gelar Doktor Kehormatan dari Hong Kong University of Science and Technology pada bulan November 2013.
  • Tahun 2014, Ma menduduki peringkat ke 30 sebagai orang yang sangat berpengaruh di dunia oleh
  • Tahun 2015, Asian Award memberikan kehormatan kepada Ma sebagai Entrepreneur of the Year.
  • Tahun 2017, Ma mendapat peringkat kedua sebagai World’s 50 Greatest Leaders oleh Fortune.
  • Tahun 2017, Ma menduduki peringkat ketiga pada survey visioner inovasi teknologi global yang dilakukan KPMG.
  • Pada bulan Oktober 2017, Ma mendapat penghargaan untuk gelar Doctor of Science in Technopreneurship dari De La Salle University Manila, Philippines.
  • Bulan Mei 2018, Ma mendapat penghargaan untuk gelar Doctor of Social Sciences honoris causa dalam kontribusinya kepada teknologi, masyarakat dan dunia oleh University of Hong Kong.
Baca juga:  Kisah Sukses Mark Zuckerberg Dalam Membangun Facebook

Philanthropy

Jack Ma adalah pendiri dari Yayasan Jack Ma, sebuah Yayasan yang berfokus untuk meningkatkan Pendidikan, lingkungan hidup, dan kesehatan masyarakat.

Tahun 2008, Alibaba menyumbangkan $808.000 kepada korban gempa Sichuan. Tahun 2009 Jack Ma diangkat sebagai ketua Konserfasi Alam di China.

Tahun 2015, Alibaba launching organisasi non-profit, yang bernama Alibaba Hong Kong Young Entrepreneurs Foundation, yang mana Yayasan ini mendukung entrepreneur muda Hong Kong untuk berkembang. Dan ditahun yang sama, perusahaan Alibaba mendanai untuk pembangunan ulang 1000 rumah yang hancur akibat gempa di Nepal.

Itu dia ulasan tentang Jack Ma Dari Bukan Siapa-Siapa Hingga Bisa Mendirikan Kerajaan Alibaba Group, semoga tulisannya bermanfaat ya. Oya jangan lupa juga baca Bob Sadino, Mengenal Lebih Jauh Pengusaha Nyentrik Nan Inspiratif.

Mau kenal sama kami lebih jauh kamu bisa temukan kami di Twitter dan Facebook.

SUMBERWikipedia
Artikel sebelumnya10 Tips Efektif Menurunkan Pengeluaran Bulanan
Artikel selanjutnyaMengenal Steve Jobs, Pendiri Apple Yang Mampu Mengubah Wajah Dunia Modern
Saya pemilik dari situs ini dan juga aktif sebagai staff education pada salah satu college, Alasan saya membuat situs ini untuk mengisi waktu luang ;).

Komentar